2 Samuel 16:15-23: Husai dan Ahitofel Menghadap Absalom

Husai dan Ahitofel Menghadap Absalom
Husai dan Ahitofel Menghadap Absalom.

Setelah belajar perikop Simei Mengutuki Daud dari Kitab 2 Samuel, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Husai dan Ahitofel Menghadap Absalom.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 2 Samuel (2Sa 16:15-23 dengan judul perikop Husai dan Ahitofel Menghadap Absalom).

Kita belajar perikop Husai dan Ahitofel Menghadap Absalom ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Husai dan Ahitofel Menghadap Absalom (Kitab 2 Samuel 16:15-23)


2Sa 16:15 Maka Absalom dan seluruh rakyat, orang-orang Israel, sampailah ke Yerusalem, dan Ahitofel ada bersama-sama dengan dia.

2Sa 16:16 Ketika Husai, orang Arki, sahabat Daud itu, sampai kepada Absalom, berkatalah Husai kepada Absalom: "Hiduplah raja! Hiduplah raja!"

2Sa 16:17 Berkatalah Absalom kepada Husai: "Inikah kesetiaanmu kepada sahabatmu? Mengapa engkau tidak pergi menyertai sahabatmu itu?"

2Sa 16:18 Lalu berkatalah Husai kepada Absalom: "Tidak, tetapi dia yang dipilih oleh TUHAN dan oleh rakyat ini dan oleh setiap orang Israel, dialah yang memiliki aku dan bersama-sama dengan dialah aku akan tinggal.

2Sa 16:19 Lagipula, kepada siapakah aku memperhambakan diri? Bukankah kepada anaknya? Sebagaimana aku memperhambakan diri kepada ayahmu, demikianlah aku memperhambakan diri kepadamu."

2Sa 16:20 Kemudian berkatalah Absalom kepada Ahitofel: "Berilah nasihat; apakah yang harus kita perbuat?"

2Sa 16:21 Lalu jawab Ahitofel kepada Absalom: "Hampirilah gundik-gundik ayahmu yang ditinggalkannya untuk menunggui istana. Apabila seluruh Israel mendengar, bahwa engkau telah membuat dirimu dibenci oleh ayahmu, maka segala orang yang menyertai engkau, akan dikuatkan hatinya."

2Sa 16:22 Maka dibentangkanlah kemah bagi Absalom di atas sotoh, lalu Absalom menghampiri gundik-gundik ayahnya di depan mata seluruh Israel.

2Sa 16:23 Pada waktu itu nasihat yang diberikan Ahitofel adalah sama dengan petunjuk yang dimintakan dari pada Allah; demikianlah dinilai setiap nasihat Ahitofel, baik oleh Daud maupun oleh Absalom.


16. Hiduplah raja merupakan seruan kehormatan bagi raja. Pada umumnya arti dari seruan tersebut ialah: Semoga raja panjang umur.

Pengulangan ucapan ini oleh Husai mengungkapkan semangat pura-pura terhadap rezim yang baru itu.

21. Hampirilah gundik-gundik ayahmu. Ahitofel mengusulkan kepada Absalom untuk merampas takhta dengan merampas gundik-gundik raja.

Cara tersebut merupakan kebiasaan kuno untuk mendemonstrasikan siapa yang duduk di takhta.

Tindakan tersebut tidak sungguh-sungguh dibenci oleh orang Israel, sebab nurani mereka telah ditumpulkan oleh poligami.

Mengikuti nasihat tersebut akan mengakibatkan putusnya hubungan di antara ayah dengan anak secara menetap.

Nasihat Ahitofel akan menghadapi semua risiko di dalam usaha itu.

Perikop Selanjutnya: Nasihat Ahitofel Digagalkan Oleh Nasihat Husai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel