1 Tawarikh: Daftar Penduduk Yerusalem

Perikop "Daftar Penduduk Yerusalem" dalam 1 Tawarikh 9:1-34 ini berisikan informasi mengenai orang-orang Israel dan Yehuda yang tinggal di kota Yerusalem.

Klik:

1 Chronicles 9:1-34


1Ch 9:1 Seluruh orang Israel telah terdaftar dalam silsilah; mereka tertulis dalam kitab raja-raja Israel, sedang orang Yehuda telah diangkut ke dalam pembuangan ke Babel oleh karena perbuatan mereka yang tidak setia.

1Ch 9:2 Dan orang-orang yang mula-mula menetap kembali di tanah-tanah milik mereka, di kota-kota mereka, ialah orang Israel awam, para imam, orang-orang Lewi dan para budak di bait Allah.

1Ch 9:3 Di Yerusalem tinggal orang-orang dari bani Yehuda, dari bani Benyamin, dari bani Efraim dan Manasye:

1Ch 9:4 Utai bin Amihud bin Omri bin Imri bin Bani, dari keturunan Peres bin Yehuda.

1Ch 9:5 Dan dari orang Syela ialah Asaya, anak yang sulung, dengan anak-anaknya.

1Ch 9:6 Dari keturunan Zerah ialah Yeuel dengan sanak saudaranya, enam ratus sembilan puluh orang.

1Ch 9:7 Dari bani Benyamin ialah Salu bin Mesulam bin Hodawya bin Hasenua,

1Ch 9:8 Yibnea bin Yeroham, Ela bin Uzi bin Mikhri dan Mesulam bin Sefaca bin Rehuel bin Yibnia

1Ch 9:9 dengan sanak saudara mereka menurut keturunan mereka, sembilan ratus lima puluh enam orang. Semua orang itu adalah kepala puak.

1Ch 9:10 Dari para imam ialah Yedaya, Yoyarib, Yakhin,

1Ch 9:11 Azarya bin Hilkia bin Mesulam bin Zadok bin Merayot bin Ahitub, pemuka rumah Allah,

1Ch 9:12 lalu Adaya bin Yeroham bin Pasyhur bin Malkia, dan Masai bin Adiel bin Yahzera bin Mesulam bin Mesilemit bin Imer,

1Ch 9:13 dengan sanak saudara mereka, kepala-kepala puak, seribu tujuh ratus enam puluh orang, orang-orang tangkas untuk menyelenggarakan ibadah di rumah Allah.

1Ch 9:14 Dari orang-orang Lewi ialah Semaya bin Hasub bin Azrikam bin Hasabya, dari keturunan Merari;

1Ch 9:15 lalu Bakbakar, Heresh, Galal dan Matanya bin Mikha bin Zikhri bin Asaf,

1Ch 9:16 serta Obaja bin Semaya bin Galal bin Yedutun dan Berekhya bin Asa bin Elkana yang diam di desa-desa orang Netofa.

1Ch 9:17 Penunggu-penunggu pintu gerbang ialah Salum, Akub, Talmon dan Ahiman, dengan sanak saudara mereka; Salum ialah kepala.

1Ch 9:18 Sampai sekarang mereka ada di pintu gerbang raja di sebelah timur. Merekalah penunggu-penunggu pintu gerbang perkemahan bani Lewi.

1Ch 9:19 Salum bin Kore bin Ebyasaf bin Korah dan saudara-saudara sepuaknya, yakni orang-orang Korah, mempunyai tugas jabatan sebagai penjaga-penjaga ambang pintu Kemah, seperti bapa-bapa mereka bertugas di perkemahan TUHAN sebagai penjaga-penjaga pintu masuk.

1Ch 9:20 Pinehas bin Eleazar mengepalai mereka sebelumnya. TUHAN kiranya menyertai dia.

1Ch 9:21 Zakharia bin Meselemya adalah penunggu pintu Kemah Pertemuan.

1Ch 9:22 Mereka semuanya yang terpilih menjadi penunggu ambang pintu ada dua ratus dua belas orang. Mereka telah terdaftar dalam silsilah di desa-desa mereka. Daud dan Samuel, pelihat itu, mengangkat mereka dalam jabatan itu.

1Ch 9:23 Mereka dan anak-anak mereka bertugas menjaga pintu-pintu gerbang rumah TUHAN, yakni Bait Kemah itu.

1Ch 9:24 Ke arah empat mata angin ditempatkan penunggu-penunggu pintu gerbang itu, yakni ke arah timur, barat, utara dan selatan.

1Ch 9:25 Dan saudara-saudara mereka yang tinggal di desa-desa mereka, pada waktu-waktu tertentu harus masuk selama tujuh hari untuk bekerja bersama-sama mereka,

1Ch 9:26 sedang keempat kepala penunggu pintu gerbang itu memegang jabatan tetap. Mereka adalah orang Lewi dan mengawasi bilik-bilik serta perbendaharaan rumah Allah.

1Ch 9:27 Mereka bermalam di sekitar rumah Allah itu sebab mereka bertanggung jawab atas penjagaan dan harus membuka pintu setiap pagi.

1Ch 9:28 Sebagian dari mereka mengurus perkakas ibadah: mereka menghitung perkakas itu pada waktu dimasukkan dan dikeluarkan.

1Ch 9:29 Sebagian dari mereka ditugaskan mengurus perabotan, yakni segala perabotan tempat kudus, dan mengurus tepung yang terbaik, anggur, minyak, kemenyan dan rempah-rempah,

1Ch 9:30 sedangkan beberapa orang imam menyediakan campuran rempah-rempah.

1Ch 9:31 Matica, salah seorang Lewi, anak sulung Salum, orang Korah itu, mendapat tugas tetap untuk mengolah roti.

1Ch 9:32 Dan sebagian dari anak-anak orang Kehat, yakni dari sanak saudara mereka, mengurus roti sajian untuk disediakan setiap hari Sabat.

1Ch 9:33 Dan inilah para penyanyi, kepala-kepala puak orang Lewi, yang diam di bilik-bilik dan bebas dari pekerjaan lain, sebab siang dan malam mereka sibuk dengan pekerjaannya.

1Ch 9:34 Itulah para kepala puak orang Lewi, para kepala, menurut keturunan mereka; mereka ini diam di Yerusalem.


Tafsiran Wycliffe


Penduduk Yerusalem (9:1-34).

Sesudah ayat peralihan (ay. 1) yang merupakan penutup dari daftar keturunan Israel (ps. 2-8), bagian ini beralih mengutarakan penduduk Yerusalem sebelum kota itu direbut dan dihancurkan pada tahun 586 sM.

Bagian ini terutama terdiri atas daftar sejumlah kepala kelompok atau kepala kaum keluarga besar tertentu yang pernah tinggal di ibu kota itu: kaum Yehuda (ay. 4-6), Benyamin (ay. 7-9), kelompok imam (ay. 10-13), kelompok orang Lewi pada umumnya (ay. 14-16) dan kelompok penjaga gerbang Bait Allah (ay. 17-19a).

Daftar ini dilanjutkan dengan gambaran mengenai tugas-tugas orang Lewi (ay. 19b-33).

Mengetahui unsur-unsur ini di kalangan penduduk Yerusalem pra-pembuangan sangat penting dalam rencana Ezra untuk memulihkan teokrasi di Yehuda.

Sekalipun demikian, sering kali diusahakan untuk menyamakan daftar ini dengan daftar yang dibuat kemudian di Nehemia 11:3-24 tentang kelompok-kelompok penduduk Yerusalem pasca-pembuangan.

Namun sekalipun terdapat kesamaan susunan secara keseluruhan, perbedaan-perbedaan yang khusus di antara kedua daftar ini mencolok sekali; dan hanya dengan penerjemahan I Tawarikh 9:2 secara kaku (seperti dalam RSV) barulah tanggal yang kemudian dari penulisan I Tawarikh 9 dapat dianggap masuk akal.

1. Tertulis dalam Kitab Raja-Raja. Acuan kepada sebuah catatan kerajaan yang kini sudah tidak ada lagi; lihat bagian Pendahuluan di depan, di bawah Tanggal penulisan dan Penulis.

2. Orang-orang yang mula-mula menetap kembali. Yang dimaksud ini pastilah penduduk Israel sebelum mereka diangkut dalam pembuangan pada tahun 586 sM yang baru saja disebutkan.

Mereka ini adalah para budak di Bait Allah seperti halnya orang-orang dari Midian (Bil. 31:47 di dalam konteks) dan dari Gibeon (Yos. 9:23 di dalam konteks) yang telah dijadikan satu kelompok tersendiri oleh Daud (Ezr. 8:20).

3. Semua orang dan keluarga dari suku Efraim dan Manasye yang berserakan tidak disebutkan di dalam daftar-daftar berikut yang hanya terbatas pada kepala kelompok atau kaum keluarga yang lebih besar.

5. Orang Syela. Maksudnya, orang yang berasal dari Syela. Mereka ini bersama dengan Peres dan Zerah merupakan tiga kaum suku Yehuda (Bil. 26:20).

10. Yedaya, Yoyarib, Yakhin rupanya merupakan nama dari imam yang kedua, pertama dan kedua puluh satu dari urutan imam yang telah ditentukan oleh Daud (24:7-18) dan bukan nama pribadi.

11. Azarya (IV) ... pemuka rumah Allah, adalah imam besar pada sekitar tahun 600 sM, sesaat sebelum pembuangan (6:13).

12. Adaya adalah putra Malkia, urutan kelima dari daftar imam yang ditentukan Daud; dan Masai ... bin Imer adalah imam yang keenam belas (24:14).

14. Merari adalah salah satu dari tiga putra Lewi yang mendirikan kaum.

15, 16. Asaf dan Yedutun adalah dua pemain musik utama Daud, tahun 1000 sM.

18. Penunggu-penunggu pintu gerbang perkemahan bani Lewi artinya "para penjaga pintu gerbang, menuju tempat pemukiman orang Lewi", karena mereka sebelumnya berkemah di sekitar Kemah Suci (Bil. 3:23, 29, 35, 38).

19. Salum, sang penjaga pintu, adalah putra Korah, sebab sekalipun Korah sendiri telah dibunuh, tetapi kaumnya berlanjut terus sebagai bagian penting dari keturunan Kohat dalam suku Lewi (lih. 6:22 dan tafsirannya).

Kemah adalah kemah Daud yang berupa rumah Allah (16:1) sebelum Bait Allah dibangun.

20. Jabatan penjaga pintu Kemah dengan demikian mengacu balik kepada Pinehas bin Eleazar yang adalah putra Harun dan yang menggantikan Harun sebagai imam besar ketika bangsa itu masih di padang gurun.

21. Zakharia adalah penjaga pintu gerbang pada masa pemerintahan Daud (26:2).

22. Minat Samuel diperjelas oleh pekerjaannya sebagai penjaga pintu Kemah pada masa mudanya (I Sam. 3:15).

Pada masa Daud tersusun pengaturan final dari para penunggu pintu gerbang.

31. Mendapat tugas tetap untuk mengolah roti. Kue-kue bulat dan tipis yang dipakai dalam upacara persembahan kurban sajian.

32. Roti sajian. Roti yang dijejer di atas sebuah meja yang terbuat dari emas, lambang dari persekutuan orang yang tertebus dengan Allah (Im. 24:5, 6).

33. Inilah para penyanyi mengacu kepada orang-orang yang disebutkan di ayat 15, 16; seperti halnya ayat 34 merangkum seluruh bagian ini.

Sisa pasal ini, 9:35-44, pada dasarnya sama dengan 8:29-38, terkecuali beberapa hal yang tidak penting seperti ejaan nama-nama.

Fungsinya ialah memasukkan catatan tentang akhir pemerintahan Saul (ps. 10 dan selanjutnya).

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel