1 Tawarikh: Keturunan Daud

Dalam 1 Tawarikh pasal 3 yang berisikan 24 ayat ini kita diberikan informasi mengenai anak cucu raja Daud yang merupakan keturunan Yehuda, baik yang pernah memerintah sebagai raja, maupun yang kembali dari pembuangan.

Klik:

1 Chronicles 3


1Ch 3:1 Inilah anak-anak Daud yang lahir bagi dia di Hebron; anak sulung ialah Amnon, dari Ahinoam, perempuan Yizreel; anak yang kedua ialah Daniel, dari Abigail, perempuan Karmel;

1Ch 3:2 anak yang ketiga ialah Absalom, anak Maakha, yakni anak perempuan Talmai, raja Gesur; anak yang keempat ialah Adonia, anak Hagit;

1Ch 3:3 anak yang kelima ialah Sefaca, dari Abital; anak yang keenam ialah Yitream, dari Egla, isterinya itu.

1Ch 3:4 Enam orang lahir bagi dia di Hebron, di mana ia memerintah tujuh tahun enam bulan lamanya; dan tiga puluh tiga tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem.

1Ch 3:5 Inilah yang lahir bagi dia di Yerusalem: Simea, Sobab, Natan dan Salomo, empat orang dari Batsyua binti Amiel,

1Ch 3:6 lalu Yibhar, Elisama, Elifelet,

1Ch 3:7 Nogah, Nefeg, Yafia,

1Ch 3:8 Elisama, Elyada dan Elifelet, sembilan orang.

1Ch 3:9 Semuanya itu anak-anak Daud, belum terhitung anak-anak dari gundik-gundik. Tamar ialah saudara perempuan mereka.

1Ch 3:10 Keturunan Salomo ialah Rehabeam; anak orang ini ialah Abia; anak orang ini ialah Asa; anak orang ini ialah Yosafat;

1Ch 3:11 anak orang ini ialah Yoram; anak orang ini ialah Ahazia; anak orang ini ialah Yoas;

1Ch 3:12 anak orang ini ialah Amazia; anak orang ini ialah Azarya; anak orang ini ialah Yotam;

1Ch 3:13 anak orang ini ialah Ahas; anak orang ini ialah Hizkia; anak orang ini ialah Manasye;

1Ch 3:14 anak orang ini ialah Amon; anak orang ini ialah Yosia.

1Ch 3:15 Anak-anak Yosia: anak sulung ialah Yohanan, anak yang kedua ialah Yoyakim, anak yang ketiga ialah Zedekia dan anak yang keempat ialah Salum.

1Ch 3:16 Keturunan Yoyakim ialah Yekhonya, anaknya itu, dan anak orang ini ialah Zedekia.

1Ch 3:17 Anak-anak Yekhonya, orang kurungan itu, ialah Sealtiel, anaknya,

1Ch 3:18 lalu Malkhiram, Pedaya, Syenasar, Yekamya, Hosama dan Nedabya.

1Ch 3:19 Anak-anak Pedaya ialah Zerubabel dan Simei, dan anak-anak Zerubabel ialah Mesulam dan Hananya; Selomit ialah saudara perempuan mereka;

1Ch 3:20 lalu Hasuba, Ohel, Berekhya, Hasaja dan Yusab-Hesed, lima orang.

1Ch 3:21 Anak-anak Hananya ialah Pelaca dan Yesaya; anak orang ini ialah Refaya; anak orang ini ialah Arnan; anak orang ini ialah Obaja, dan anak orang ini ialah Sekhanya.

1Ch 3:22 Anak-anak Sekhanya ialah Semaya, dan anak-anak Semaya ialah Hatus, Yigal, Bariah, Nearya dan Safat, enam orang.

1Ch 3:23 Anak-anak Nearya ialah Elyoenai, Hizkia, dan Azrikam, tiga orang.

1Ch 3:24 Anak-anak Elyoenai ialah Hodawya, Elyasib, Pelaya, Akub, Yohanan, Delaya dan Anani, tujuh orang.


Tafsiran Wycliffe


Keluarga Daud (3:1-24).


Pasal ini menelusuri keturunan kerajaan Yehuda yang berasal dari Daud, pendiri keturunan [mungkin maksudnya = pendiri kerajaan] tersebut, hingga sekitar tahun 500 sM.

Di bawah pemerintahan orang Persia, masyarakat Yahudi tidak diizinkan untuk memiliki seorang raja, dan memang telah dinubuatkan, bahwa tidak akan ada lagi keturunan yang murni dari Daud yang akan menduduki takhta Israel (Yer. 22:30).

Sekalipun demikian, perhatian masyarakat Yahudi pasca pembuangan tetap terpusat pada keluarga ini.

Sebab keturunan Daud bukan hanya melahirkan para pemimpin sipil (Za. 12:7, 8), termasuk Zerubabel gubernur masa pemulihan awal, tetapi melalui keluarga inilah akan muncul puncak harapan Israel.

Orang Yahudi menantikan Putra Daud yang lebih besar, seorang manusia, tetapi bukan sekadar manusia, "orang yang paling karib" kepada Allah (Za. 13:7).

Melalui Mesias ini, yaitu Tuhan yang mereka tikam (Za. 12:10), akan datang penebusan (Za. 13:1) dan kerajaan Allah di bumi (Za. 4:9).

1. Yang kedua ialah Daniel. Daniel anak kedua ini dikenal sebagai Kileab di II Samuel 3:3.

5. Batsyua di bagian lain juga disebut sebagai Batsyeba.

Daftar keturunan ini juga muncul dengan sedikit perbedaan di 14:4-7 dan di II Samuel 5:14-16.

Adalah Salomo yang telah dipilih Allah untuk menggantikan Daud (22:9) dan bukan salah satu putra Daud yang lebih tua, yang tiga di antaranya telah mati terbunuh dalam pertikaian keluarga.

6. Elisama . . . dan Elifelet. Lebih tepat lagi untuk menerjemahkan nama mereka sebagai Elisua dan Elpelet (seperti di 14:5); mereka tentu tidak akan mempunyai nama yang sama dengan saudara mereka yang disebutkan di ayat 8.

9. Tamar ... saudara perempuan mereka. Lihat II Samuel 13 tentang kisah pemerkosaan dirinya oleh Amnon yang kemudian dibalaskan oleh kakaknya, Absalom.

10. Abia. Di bagian lain namanya disebut Abiya.

15. Salum juga disebut Yoahas (II Raj. 23; II Taw. 36; bdg. Yer. 22:11). Sesungguhnya, dia lebih tua usianya daripada Zedekia (II Raj. 24:18), tetapi masa pemerintahannya lebih pendek.

16. Yekhonya juga dinamakan Konya (Yer. 22:24, 28; 37:1) dan Yoyakhin (II Raj. 24; II Taw. 36).

Zedekia adalah anaknya hanya dalam pemakaian kata anak untuk arti "pengganti" atau "kerabat". Sesungguhnya, Yekhonya adalah paman Zedekia [mungkin maksudnya: Zedekia adalah pamannya Yekhonya (2Ki 24:17 Kemudian raja Babel mengangkat Matanya, paman Yoyakhin, menjadi raja menggantikan dia dan menukar namanya menjadi Zedekia.)].

17. Orang kurungan (assir dalam KJV/AV). Yang lebih tepat ialah tawanan.

Sealtiel pastilah hanya seorang anak angkat atau adopsi saja, sebab menurut Lukas 3:27 ayahnya yang sesungguhnya adalah seorang yang bernama Neri.

19. Zerubabel sering kali dianggap sebagai putra saudara-saudara lelaki Pedaya, yakni Sealtiel (lih. Hag. 1:1, 12; Ezr. 3:2; Mat. 1:12; Luk. 3:27), mungkin melalui kebiasaan levirat jika diperkirakan, bahwa Sealtiel meninggal tanpa mempunyai keturunan (bdg. Ul. 25:5-10).

Zerubabel merupakan pemimpin orang-orang Yahudi waktu kembali ke Palestina sesudah pembuangan pada tahun 538 sM (Ezr. 2:2; 3:2).

21. Refaya ... Arnan ... Obaja ... Sekhanya. Hubungan yang sebenarnya dari keempat orang ini tidak jelas.

Jika mereka bersaudara, angkatan kelima akan membawa keturunan itu ke sekitar tahun 500 sM, beberapa saat sebelum Ezra dan penyusunan Kitab Tawarikh.

Keterangan yang lebih jelas lihat pendahuluan, tanggal penulisan dan penulisnya [Baca: 1 Tawarikh: Daftar Keturunan Adam Sampai Abraham].

Yehuda (2:1-4:23)

Negeri yang ditempati oleh orang-orang Yahudi yang kembali dari pembuangan sebagian besar merupakan wilayah Yehuda dan Benyamin.

Lagipula, orang Yahudi yang kembali pada zaman Ezra pada umumnya juga terdiri dari bekas penduduk kerajaan Yehuda (Ezr. 1:5; 10:9).

Oleh karena itu, dalam usahanya untuk mempertahankan kemurnian bangsa, penulis Tawarikh sangat menekankan Yehuda (sebagian besar ps. 2-4) dan Benyamin (sebagian besar ps. 7-9).

Yehudalah yang terutama penting (Ezr. 4:4, 6) yang darinya berasal nama "Yahudi".

Kata-kata yang dalam [ ... ] adalah tambahan admin blog ini.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel