1 Tawarikh: Pahlawan-pahlawan Daud

Perikop ini berisikan informasi tentang orang-orang yang menjadi pahlawan, yang membantu Daud untuk menjadi raja dan sesudah ia menjadi raja bagi seluruh Israel. Tidak ada Yoab dalam daftar pahlawan ini, walaupun saudaranya termasuk, bahkan pembawa senjatanya.

Klik:

1 Chronicles 11:10-47


1Ch 11:10 Inilah kepala-kepala para pahlawan yang mengiringi Daud, yang telah memberi dukungan yang kuat kepadanya, bersama-sama seluruh Israel, dalam mencapai kedudukan raja dan yang mengangkat dia sebagai raja, seperti yang difirmankan TUHAN mengenai Israel.

1Ch 11:11 Inilah daftar para pahlawan yang mengiringi Daud: Yasobam bin Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan tiga ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.

1Ch 11:12 Dan sesudah dia, Eleazar anak Dodo, orang Ahohi itu; ia termasuk ketiga pahlawan itu.

1Ch 11:13 Ia ada bersama-sama Daud di Pas-Damim, ketika orang Filistin berkumpul di sana untuk berperang. Ada sebidang tanah ladang penuh jelai di sana; ketika tentara melarikan diri dari hadapan orang Filistin,

1Ch 11:14 maka berdirilah mereka di tengah-tengah ladang itu; mereka dapat mempertahankannya dan memukul kalah orang Filistin. Demikianlah diberikan TUHAN kemenangan yang besar.

1Ch 11:15 Sekali datanglah tiga orang dari ketiga puluh kepala ke gunung batu mendapatkan Daud dekat gua Adulam, sedang tentara orang Filistin berkemah di lembah Refaim.

1Ch 11:16 Pada waktu itu Daud ada di dalam kubu gunung dan pasukan pendudukan orang Filistin pada waktu itu ada di Betlehem.

1Ch 11:17 Lalu timbullah keinginan pada Daud, dan ia berkata: "Sekiranya ada orang yang memberi aku minum air dari perigi Betlehem yang ada dekat pintu gerbang!"

1Ch 11:18 Lalu ketiga orang itu menerobos perkemahan orang Filistin, mereka menimba air dari perigi Betlehem yang ada dekat pintu gerbang, mengangkatnya dan membawanya kepada Daud. Tetapi Daud tidak mau meminumnya, melainkan mempersembahkannya sebagai korban curahan kepada TUHAN,

1Ch 11:19 katanya: "Jauhlah dari padaku, ya Allah, untuk berbuat demikian! Patutkah aku meminum darah taruhan nyawa orang-orang ini? Sebab dengan mempertaruhkan nyawanya mereka membawanya." Dan tidak mau ia meminumnya. Itulah yang dilakukan ketiga pahlawan itu.

1Ch 11:20 Abisai, adik Yoab, dialah kepala ketiga puluh orang itu. Dan dialah yang mengayunkan tombaknya melawan tiga ratus orang yang mati ditikamnya; ia mendapat nama di antara ketiga puluh orang itu.

1Ch 11:21 Di antara ketiga puluh orang itu ia paling dihormati. Memang ia menjadi pemimpin mereka, tetapi ia tidak dapat menyamai triwira itu.

1Ch 11:22 Selanjutnya Benaya bin Yoyada, anak seorang yang gagah perkasa, yang besar jasanya, yang berasal dari Kabzeel; ia menewaskan kedua pahlawan besar dari Moab. Juga pernah ia turun ke dalam lobang dan membunuh seekor singa pada suatu hari bersalju.

1Ch 11:23 Pula ia membunuh seorang Mesir, seorang yang tinggi perawakannya lima hasta tingginya; di tangan orang Mesir itu ada tombak seperti pesa tukang tenun, tetapi ia mendatanginya dengan tongkat, merampas tombak itu dari tangan orang Mesir itu, lalu membunuh orang itu dengan tombaknya sendiri.

1Ch 11:24 Itulah yang diperbuat Benaya bin Yoyada; ia mendapat nama di antara ketiga puluh pahlawan itu.

1Ch 11:25 Sesungguhnya, di antara ketiga puluh orang itu ia paling dihormati, tetapi ia tidak dapat menyamai triwira. Dan Daud mengangkat dia mengepalai pengawalnya.

1Ch 11:26 Pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa ialah juga Asael, saudara Yoab, selanjutnya Elhanan bin Dodo, dari Betlehem;

1Ch 11:27 Samot, orang Harod; Heles, orang Peloni;

1Ch 11:28 Ira anak Ikesh orang Tekoa; Abiezer, orang Anatot;

1Ch 11:29 Sibkhai, orang Husa; Ilai, orang Ahohi;

1Ch 11:30 Maharai, orang Netofa; Heled bin Baana, orang Netofa;

1Ch 11:31 Itai bin ribai, dari Gibea orang Benyamin; Benaya, orang Piraton;

1Ch 11:32 Hurai dari lembah-lembah Gaas; Abiel, orang Bet-Araba;

1Ch 11:33 Azmawet, orang Bahurim; Elyahba, orang Saalbon;

1Ch 11:34 Hasyem orang Gizon; Yonatan bin Sage, orang Harari;

1Ch 11:35 Ahiam bin Sakhar, orang Harari; Elifal bin Ur;

1Ch 11:36 Hefer, orang Mekherati; Ahia, orang Peloni;

1Ch 11:37 Hezro, orang Karmel; Naarai bin Esbai;

1Ch 11:38 Yoel, saudara Natan; Mibhar bin Hagri;

1Ch 11:39 Zelek, orang Amon; Naharai, orang Beerot, pembawa senjata Yoab anak Zeruya;

1Ch 11:40 Ira, orang Yetri; Gareb, orang Yetri;

1Ch 11:41 Uria, orang Het; Zabad bin Ahlai;

1Ch 11:42 Adina anak Siza orang Ruben, kepala orang-orang Ruben dan beserta dia ada tiga puluh orang;

1Ch 11:43 Hanan bin Maakha; Yosafat, orang Mitni;

1Ch 11:44 Uzia, orang Asytarot; Syama dan Yeiel, anak-anak Hotam orang Aroer;

1Ch 11:45 Yediael bin Simri, dan Yoha, saudaranya, orang Tizi;

1Ch 11:46 Eliel, orang Mahawim; Yeribai dan Yosawya, anak-anak Elnaam; Yitma, orang Moab;

1Ch 11:47 Eliel, Obed dan Yaasiel, orang Mezobaya.


Tafsiran Wycliffe


10. Para pahlawan ikut dicantumkan di sini mengingat pengaruh mereka di dalam penobatan Daud sebagai raja.

Bagian dari daftar ini - sepanjang ayat 41a - juga dapat ditemukan dengan perbedaan ejaan dan sebagainya sebagai salah satu lampiran di II Samuel (23:8-39).

Dua belas dari para pahlawan ini juga dicantumkan dalam daftar panglima dari dua belas pasukan Daud (I Taw. 27).

11. Triwira. Naskah Ibrani bunyinya "ketiga puluh orang" yang mungkin merupakan jumlah semula dari pasukan kehormatan Daud ini.

Sesungguhnya yang disebutkan jumlahnya tiga puluh tujuh orang (II Sam. 23:39), termasuk tiga orang yang terkenal dan dua panglima, yang menonjol, ditambah enam belas orang lagi (11:41b-47) yang tampaknya merupakan tambahan-tambahan yang kemudian terhadap kelompok utama.

13. Naskah salinan I Tawarikh tampaknya memiliki cacat di sini.

Berdasarkan pada II Samuel 23:9-11 harus dibuat perbaikan sebagai berikut: orang Filistin ... berkumpul untuk berperang, "dan orang-orang Israel sedang tidak ada; dia muncul dan mengalahkan orang Filistin hingga lelah tangannya karena memegang pedang; dan Tuhan memberikan kemenangan yang besar pada hari itu. Dan penduduk itu kembali mengikut dia hanya untuk dimanja. Dan sesudah dia terdapat Syama putra Age orang Harar. Dan orang-orang Filistin dikumpulkan menjadi sebuah pasukan, di sebidang tanah penuh jelai ..."

Jadi, tiga orang paling terkenal itu adalah Yasobam, Eleazar dan Syama.

15. Orang Filistin berkemah di Lembah Refaim, di barat daya Yerusalem.

Peristiwa ini mengacu kepada serangan pertama mereka terhadap Daud (14:8, 9) bahkan sebelum Daud merebut kota itu.

Dengan demikian Daud kembali ke tempat perlindungan orang buangan di Adulam (bdg. I Sam. 22: 1; II Sam. 5:21).

20. Keponakan tiri Daud, yaitu Abisai telah menjadi panglima bersama dengan Yoab ketika berhadapan dengan Abner (II Sam. 2:24) dan kemudian memimpin pasukan ketika berperang melawan orang Amon (II Sam. 10:10), Absalom (II Sam. 18:2), dan Syeba (II Sam. 20:6).

Tindakan kepahlawanannya bersama Daud di kemah Saul tercatat dalam I Samuel 26:6-7.

21. Di antara ketiga puluh orang itu ia paling dihormati. Terjemahkan sebagai berikut, "Di antara tiga orang [mungkin maksudnya: ketiga puluh orang*] itu dia dihormati dua kali lipat" (KD) dengan menjadi panglima mereka sekalipun dia tidak melakukan hal-hal yang setara dengan tindakan kepahlawanan mereka.

22. Benaya diangkat sebagai panglima dari pasukan Kreta dan Filistin yang profesional yang menjadi pengawal Daud (18:17).

Dia menjadi panglima tertinggi di antara pasukan Salomo (I Raj. 4:4).

23. Seperti pesa tukang tenun mengacu kepada bagian yang berat dari sebuah perkakas tenun untuk menjaga agar benang yang ditenun tetap kencang.

26. Asael terbunuh ketika mengejar Abner waktu Daud berperang melawan Isyboset (II Sam. 2:18-23).

41. Uria, orang Het, suami Batsyeba, mati dibunuh atas perintah Daud yang berusaha menutupi perzinahannya dengan istri Uria tersebut (II Sam. 11).

*Kata-kata dalam [...] adalah tambahan admin blog.

Daud Mapan di Yerusalem; Pahlawan pahlawannya (11:1-12:40).

Sesudah ditahbiskan sebagai raja atas seluruh Israel (11:1-3), tindakan pertama yang dilakukan oleh Daud ialah membentengi Yerusalem (ay. 4-9).

Tindakan ini tidak hanya memberinya sebuah kota yang tidak dapat diserang, tetapi juga sebuah wilayah netral, di perbatasan antara Yehuda dan bagian utara, untuk ibu kota bangsanya yang kembali bersatu.

Penulis Tawarikh kemudian menyebutkan satu demi satu para pahlawan Daud, "Tiga Serangkai" (ay. 10-19), dua orang panglima (ay. 20-25), dan "kelompok 30" (26-47), yang dilanjutkan dengan sebuah gambaran tentang para komandan dan kesatuan-kesatuan yang telah setia kepadanya sepanjang masa pelariannya dan banyak berperan di dalam pengangkatannya sebagai raja (I Taw. 12).

Bagian yang terakhir ini hanya terdapat di dalam Kitab Tawarikh saja, sekalipun pasal 11 banyak persamaannya dengan II Samuel 5:1-10; 23:8-39.

Kenaikan Daud Menjadi Raja (11:1-20:8).

Sesudah kematian Saul pada tahun 1010 sM, maka Daud ditahbiskan sebagai raja atas suku Yehuda di Hebron (II Sam. 2:4).

Tetapi permintaannya untuk menjadi raja atas seluruh Israel (II Sam. 2:5, 6) ditolak sebab putra Saul, Isyboset telah dinobatkan menjadi raja atas suku-suku utara dan timur (II Sam. 2:8, 9).

Akan tetapi, penulis Tawarikh mengabaikan tujuh setengah tahun yang tidak menyenangkan ini (II Sam. 5:5) yang merupakan masa suksesi yang penuh perselisihan, perang saudara serta penindasan oleh orang Filistin (bdg. II Sam. 3:4), dan ia langsung melangkah kepada rangkaian peristiwa mengenai penobatan Daud sebagai raja atas seluruh Israel (dari tahun 1003 sM hingga tahun 995 sM).

I Tawarikh 11:1-20:3 dengan demikian sama dengan II Samuel 5-10 dan memperjelasnya (dengan menghilangkan II Samuel 9 yang mengisahkan kebaikan hati Daud terhadap Mefiboset).

Bagian ini melukiskan keberhasilan Daud menduduki Yerusalem, yang akan menjadi "kota Daud", yaitu ibu kota pemerintahan politiknya, bersama dengan para pendukungnya yang dari kalangan militer (ps. 11-12).

Dikisahkan pula keberhasilannya untuk melepaskan diri dari kekuasaan orang Filistin (ps. 14) serta tindakannya memusatkan ibadah dengan menempatkan Tabut Perjanjian di Yerusalem sehingga Yerusalem juga menjadi pusat ibadah bangsa Israel (ps. 13; 15; 16).

Juga dicatat tentang serangkaian kemenangan pasukan Daud di segala penjuru (ps. 18-20).

Puncak semuanya terletak di dalam nubuat Allah yang disampaikan melalui nabi Natan (ps. 17). "Aku telah menyertai engkau di segala tempat yang kaujalani dan ... Aku akan menundukkan segala musuhmu" (17:8, 10).

Karena pesan yang membawa harapan tersebut tidak hanya untuk Daud pribadi tetapi juga untuk "umat-Ku Israel ... dalam masa yang masih jauh" (17:9, 17); untuk masyarakat yang dalam pergumulan pada zaman Ezra; untuk jemaat Anak Daud yang lebih besar itu yang mengenai Dia, Allah mengatakan, "Ia akan menjadi anak-Ku" (17:13); dan untuk kerajaan Mesias yang masih akan diwujudkan, yaitu Mesias yang takhtaNya akan kokoh untuk selama-lamanya (17:14).

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel