1 Tawarikh: Puak-puak Orang Lewi

Klik:

1 Chronicles 24:20-31


1Ch 24:20 Golongan yang masih tinggal dari bani Lewi, dari anak-anak Amram ialah Subael, dari anak-anak Subael ialah Yehdeya;

1Ch 24:21 dari anak-anak Rehabya ialah Yisia, seorang kepala;

1Ch 24:22 dari orang Yizhar ialah Selomot; dari anak-anak Selomot ialah Yahat.

1Ch 24:23 Anak-anak Hebron ialah Yeria, seorang kepala, Amarya, anak yang kedua, Yahaziel, anak yang ketiga, dan Yekameam, anak yang keempat.

1Ch 24:24 Anak Uziel ialah Mikha; dari anak-anak Mikha ialah Samir.

1Ch 24:25 Saudara Mikha ialah Yisia; dari anak-anak Yisia ialah Zakharia.

1Ch 24:26 Keturunan Merari ialah Mahli dan Musi, juga anak-anak Yaazia, anaknya.

1Ch 24:27 Keturunan Merari dari pihak Yaazia, anaknya, ialah Syoham, Zakur dan Hibri.

1Ch 24:28 Dari Mahli ialah Eleazar; dia ini tidak mempunyai anak.

1Ch 24:29 Dari Kish: anak Kish, yakni Yerahmeel.

1Ch 24:30 Anak-anak Musi ialah Mahli, Eder dan Yerimot. Itulah bani Lewi menurut puak mereka.

1Ch 24:31 Mereka inipun, sama seperti saudara-saudara sesuku mereka, anak-anak Harun, membuang undi di depan raja Daud, di depan Zadok, Ahimelekh dan para kepala puak, para imam dan orang Lewi. Dalam hal ini seorang kepala puak sama dengan saudaranya yang terkecil.


Tafsiran Wycliffe


20. Golongan yang masih tinggal dari Bani Lewi. Rombongan-rombongan yang dikemukakan berikut (ay. 20-30) adalah rombongan dari bani Lewi yang membantu tugas di Bait Allah yang dapat disamakan dengan rombongan imam.

Sembilan rombongan yang pertama (ay. 20-25) sama dengan sembilan bagian keluarga (23:12-20) yang berasal dari empat putra Kohat, putra Harun: Amram, Yizhar, Hebron, dan Uziel.

Bagi masing-masing rombongan, misalnya Subael atau Sebuel (23:16) terdapat seorang pemimpin yang ditentukan Daud, misalnya Yehdeya, terkecuali nama dari para ketua rombongan Hebron yang mungkin sudah tidak ada lagi ketika Ezra menulis Kitab Tawarikh ini.

22. Selomot. Atau, Selomit (23:18).

26. Rombongan yang disusun dari keturunan Merari (ay. 26-30) mencakup empat rombongan yang sama dengan keempat bagian keluarga (23:21-23), sekalipun satu-satunya nama kepala rombongan yang dikemukakan adalah Yerahmeel (24:29) untuk rombongan gabungan Eleazar dan Kisy, anak-anak Mahli (23:22).

Anak-anak Yaazia. Yaazia ini menurut konteks dibedakan dengan Mahli dan Musi, putra-putra Merari, yang sesungguhnya, sehingga mungkin merupakan anggota kelompok Merari yang belakangan yang jumlah keturunannya sudah berkembang sampai pada tingkat bisa dikenal secara tersendiri sebagai rombongan yang ditetapkan oleh Daud.

31. Mereka inipun ... membuang undi di depan ... orang Lewi; maksudnya para kepala rombongan orang Lewi dari keturunan non-Harun yang disebutkan di atas.

Jika sembilan bagian dari keluarga Gerson sebagaimana disebutkan sebelumnya (23:7-11) dimasukkan sebagai rombongan dan jika putra-putra Yaazia Beno (atau Bani; bdg. LXX dan ICC) dan Syoham, Zakur dan Hibri (24:27) dianggap sebagai dua rombongan yang terpisah, beserta dengan kepala rombongan masing-masing, maka keseluruhan dua puluh dua bagian keluarga orang Lewi (tafsiran 23:22) akan merupakan dua puluh empat rombongan yang masing-masing terdiri dari sekitar seribu orang, sama dengan dua puluh empat rombongan imam.

Pengaturan orang Lewi (23:1-26:32).

Salah satu sumbangan penting yang paling abadi dari Daud bagi keturunannya adalah pengaturan pelayanan suku Lewi.

Kepiawaiannya yang tampak di dalam mengatur jadwal pelayanan suku Lewi membantu memelihara keteraturan pelayanan suku tersebut di bawah para penggantinya, memberikan tenaga administrasi untuk penghidupan kembali teokrasi Musa di bawah pimpinan Ezra (lih. ps. 6, pendahuluan), yang berfungsi terus sebagai dasar untuk organisasi keagamaan Israel hingga ke zaman Perjanjian Baru.

Kebijakan dasar Daud antara lain ialah membagi tiga puluh delapan ribu orang Lewi pada zamannya menjadi empat kelompok (23:3-5).

Sesudah sebuah uraian tentang berbagai kaum dan keluarga suku Lewi (ay. 7-23) dan sebuah ulasan singkat tentang tugas mereka (ay. 24-32), keempat kelompok tersebut disebutkan satu persatu: dua puluh empat ribu merupakan kelompok yang melanjutkan tugas-tugas di rumah Allah (ps. 24), keturunan Harun juga termasuk kelompok ini (24:1-19) maupun orang-orang Lewi lainnya yang membantu keluarga tersebut; empat ribu orang Lewi yang bertugas sebagai penyanyi (ps. 25); empat ribu orang Lewi yang bertugas sebagai penjaga pintu gerbang dan juga harta kekayaan Bait Allah (26:1-28); dan akhirnya para pejabat dan para hakim yang bertugas untuk mengatur urusan-urusan luar bangsa Israel (26:29-32).

Para imam, orang-orang Lewi di Bait Allah (?) serta para penyanyi kemudian diatur lebih lanjut ke dalam dua puluh empat kelompok yang pergantian tugasnya disesuaikan dengan masa-masa ibadah bulanan.

Masa Akhir Daud (21:1-29:30).

Dosa Daud dengan Batsyeba telah menimbulkan rantai kejahatan yang panjang (bdg. kejahatan yang dilakukan Amnon putra raja Daud, II Sam. 13:4), yang semuanya berkisar pada pangeran Absalom dan berlangsung sepanjang sebelas tahun penuh (II Sam. 13:23, 38; 14:28; 15:7), atau dari sekitar tahun 990-979 sM.

Akan tetapi, perilaku yang sangat tidak terpuji semacam itu tidak mendukung tujuan Ezra untuk mewujudkan manusia yang saleh pada zamannya sendiri yang mengikuti teladan Daud.

Sebagian besar peristiwa yang tercatat di II Samuel 11-19, dengan demikian, tidak dicantumkan di dalam kisah Tawarikh ini (bdg. Pendahuluan, Tujuan penulisan).

Yang juga tidak dikemukakan ialah pemberontakan Syeba (II Sam. 20); sehingga baru sesudah tahun 975 sM, yaitu tahun-tahun terakhir kehidupan Daud, analisis sejarah Kitab Tawarikh ini dilanjutkan.

Waktu itu, kitab ini menelusuri jalannya sensus yang dilakukan oleh Daud (ps. 21), yang menghasilkan penyataan Allah tentang tempat yang akan dipakai untuk mendirikan Bait Allah serta sejumlah persiapan pembangunannya (ps. 22).

Hasil dari kepiawaian Daud di dalam mengatur bidang kehidupan religius (ps. 23-26) maupun urusan kenegaraan (ps. 27) dikisahkan di bagian ini yang dilanjutkan dengan perintah terakhir kepada bangsa itu, agar mereka tetap setia kepada Allah mereka (28-29).

Hanya pasal 21 yang juga dikisahkan di kitab yang lain.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel