2 Tawarikh: Doa Salomo Memohon Hikmat

Klik:

2 Chronicles 1:1-13


2Ch 1:1 Salomo, anak Daud, menjadi kuat dalam kedudukannya sebagai raja; TUHAN, Allahnya, menyertai dia dan menjadikan kekuasaannya luar biasa besarnya.

2Ch 1:2 Salomo memberi perintah kepada seluruh Israel, kepada kepala-kepala pasukan seribu dan pasukan seratus, kepada para hakim dan kepada semua pemimpin di seluruh Israel, yakni para kepala puak.

2Ch 1:3 Lalu pergilah Salomo bersama-sama dengan segenap jemaah itu ke bukit pengorbanan yang di Gibeon, sebab di situlah Kemah Pertemuan Allah yang dibuat Musa, hamba TUHAN itu, di padang gurun.

2Ch 1:4 --Tetapi Daud telah mengangkut tabut Allah dari Kiryat-Yearim ke tempat yang disiapkannya bagi tabut itu, --sebab ia telah memasang kemah untuk tabut itu di Yerusalem.

2Ch 1:5 Namun mezbah tembaga yang dibuat Bezaleel bin Uri bin Hur masih ada di sana di depan Kemah Suci TUHAN. Maka ke sanalah Salomo dan jemaah itu meminta petunjuk TUHAN.

2Ch 1:6 Salomo mempersembahkan korban di sana di hadapan TUHAN di atas mezbah tembaga yang di depan Kemah Pertemuan itu; ia mempersembahkan seribu korban bakaran di atasnya.

2Ch 1:7 Pada malam itu juga Allah menampakkan diri kepada Salomo dan berfirman kepadanya: "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu."

2Ch 1:8 Berkatalah Salomo kepada Allah: "Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar kepada Daud, ayahku, dan telah mengangkat aku menjadi raja menggantikan dia.

2Ch 1:9 Maka sekarang, ya TUHAN Allah, tunjukkanlah keteguhan janji-Mu kepada Daud, ayahku, sebab Engkaulah yang telah mengangkat aku menjadi raja atas suatu bangsa yang banyaknya seperti debu tanah.

2Ch 1:10 Berilah sekarang kepadaku hikmat dan pengertian, supaya aku dapat keluar dan masuk sebagai pemimpin bangsa ini, sebab siapakah yang dapat menghakimi umat-Mu yang besar ini?"

2Ch 1:11 Berfirmanlah Allah kepada Salomo: "Oleh karena itu yang kauingini dan engkau tidak meminta kekayaan, harta benda, kemuliaan atau nyawa pembencimu, dan juga tidak meminta umur panjang, tetapi sebaliknya engkau meminta kebijaksanaan dan pengertian untuk dapat menghakimi umat-Ku yang atasnya Aku telah merajakan engkau,

2Ch 1:12 maka kebijaksanaan dan pengertian itu diberikan kepadamu; selain itu Aku berikan kepadamu kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sebagaimana belum pernah ada pada raja-raja sebelum engkau dan tidak akan ada pada raja-raja sesudah engkau."

2Ch 1:13 Lalu pulanglah Salomo dari bukit pengorbanan yang di Gibeon itu, dari depan Kemah Pertemuan, ke Yerusalem dan ia memerintah atas Israel.


Tafsiran Wycliffe


Penobatan Salomo (1:1-17)

Sesaat sebelum menemui ajalnya, raja Daud telah menobatkan putranya menjadi raja Israel dan memastikan, bahwa seluruh pemimpin "mengakui kekuasaan raja Salomo" (I Taw. 29:24).

Sekalipun demikian, penobatan Salomo yang sesungguhnya adalah dengan penampakan Allah kepadanya di Gibeon (1:1-13).

Peristiwa ini, lebih dari hal lain apa pun dalam sejarah, menegaskan apa yang diajarkan Alkitab, bahwa "Apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, ... maka hal itu akan diberikan kepadanya" (Yak. 1:5).

Dengan prinsip tersebut penulis Tawarikh membuka bagian kedua dari pengkajian akbarnya.

Dengan demikian sang penulis Tawarikh mengisahkan kembali I Raja-Raja 3:4-15 sekalipun dia menghilangkan pengesahan langsung dari Gibeon berupa keputusan Salomo atas pertikaian mengenai anak dua perempuan sundal (I Raj. 3:16-28) sebagai hal yang pribadi dan terbatas.

Sebagai gantinya penulis Tawarikh mengemukakan pengesahan ekonomisnya pada waktu kemudian, sebagaimana terlihat di dalam kemakmuran Israel secara nasional (II Taw. 1:14-17), sebuah nas yang mengisahkan hal yang sama dengan I Raja-Raja 10:26-29.

1. Allah ... menjadikan kekuasaannya luar biasa besarnya. Ini merangkum pemikiran I Tawarikh 29:25.

3. Ke bukit pengorbanan yang di Gibeon. Kota Gibeon terletak tujuh mil di sebelah barat laut Yerusalem.

Pada masa Salomo, Gibeon dengan Kemah Pertemuan Allah (I Taw. 16:39) dan Yerusalem dengan Tabut Perjanjian Allah (1:4) merupakan satu-satunya tempat yang sah untuk beribadah kepada Allah (lih. I Raj. 2; bdg. prinsip ibadah yang dipusatkan di mana Allah dinyatakan di Kel. 20:24; Ul. 12:5).

Bukit pengorbanan lainnya, sekalipun dipakai untuk menyembah Allah Israel, pasti sudah tercemar dengan penyembahan Baal sehingga dikutuk oleh Allah (Bil. 33:52; Ul. 12:2).

Dosa Salomo sesungguhnya berawal dengan pengakuannya pada sejumlah bukit pengorbanan (I Raj. 3:3).

4. Daud telah mengangkut Tabut Allah. Lihat I Tawarikh 13:15, 16.

7. Allah menampakkan diri kepada Salomo (I Raj. 3:5, 15; bdg. I Sam. 28:6) di dalam mimpi.

8. Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar. Kasih setia (hesed) yang dipakai di sini artinya "kesetiaan" (lih. taf. I Taw. 16:41).

9. Untuk janji Allah kepada Daud lihat I Tawarikh 17:11-14.

Janji tersebut mencakup penegakan keturunan Daud pada takhtanya serta pendirian Bait Allah di Yerusalem.

Bangsa yang banyaknya seperti debu tanah. Dengan demikian Allah menggenapi dengan tepat janji yang telah diucapkan-Nya kepada Abraham (Kej. 13:16).

10. Berilah sekarang kepadaku hikmat. Doa Salomo sesuai dengan apa yang diharapkan Daud, ayahnya bagi dirinya (I Taw. 22:12).

12. Maka kebijaksanaan dan pengertian itu diberikan kepadamu. Pengetahuan Salomo terbatas pada lingkungan budaya di sekitarnya; tetapi hikmat yang diterimanya, yaitu kemampuannya untuk menerapkan pengetahuan belum ada tandingannya (I Raj. 3:12).

Aku berikan kepadamu kekayaan, harta benda dan kemuliaan (I Taw. 29:25). "Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu" (Mat. 6:33).

Garis Besar 2 Tawarikh

I. Masa Pemerintahan Salomo (1:1-9:31)>
A. Penobatan Salomo (1:1-17)
B. Bait Suci Salomo (2:1-7:22)
1. Persiapan (2:1-18)
2. Pembangunan (3:1-4:22)
3. Penahbisan (5:1-7:22)
C. Kerajaan Salomo (8:1-9:31)
1. Keberhasilan-keberhasilannya (8:1-18)
2. Kemegahannya (9:1-31)
II. Kerajaan Yehuda (10:1-36:23)
A. Pembagian Kerajaan (10:1-11:19)
B. Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16)
1. Rehabeam (12:1-16)
2. Abia (13:1-22)
3. Asa (14:1-16:14)
4. Yosafat (17:1-20:37)
5. Yoram (21:1-20)
6. Ahazia (22:1-9)
7. Atalya (22:10-23:21)
8. Yoas (24:1-27)
9. Amazia (25:1-28)
10. Uzia (26:1-23)
11. Yotam (27:1-9)
12. Ahas (28:1-27)
13. Hizkia (29:1-32:33)
14. Manasye (33:1-20)
15. Amon (33:21-25)
16. Yosia (34:1-35:27)
17. Yoahas, Yoyakim, Yoyakhin, Zedekia (36:1-16)
C. Pembuangan (36:17-23)

Pendahuluan 2 Tawarikh


Pendahuluan 2 Tawarikh adalah sama dengan 1 Tawarikh, yang dapat kita baca di sini: Daftar Keturunan Adam Sampai Abraham.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel