2 Tawarikh: Raja Yoas

Klik:

2 Chronicles 24


2Ch 24:1 Yoas berumur tujuh tahun pada waktu ia menjadi raja, dan empat puluh tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Zibya, dari Bersyeba.

2Ch 24:2 Yoas melakukan apa yang benar di mata TUHAN selama hidup imam Yoyada.

2Ch 24:3 Yoyada mengambil dua orang isteri bagi dia; dari mereka ia mendapat anak laki-laki dan anak perempuan.

2Ch 24:4 Kemudian Yoas bermaksud untuk membaharui rumah TUHAN.

2Ch 24:5 Ia mengumpulkan para imam dan orang Lewi dan berkata kepada mereka: "Pergilah kamu ke kota-kota Yehuda dan kumpulkanlah uang dari seluruh orang Israel untuk memperbaiki rumah Allahmu setiap tahun. Lakukanlah hal itu dengan segera!" Tetapi orang Lewi itu tidak melakukannya dengan segera.

2Ch 24:6 Lalu raja memanggil imam kepala Yoyada dan bertanya kepadanya: "Mengapa engkau tidak menuntut kepada orang-orang Lewi untuk membawa dari Yehuda dan dari Yerusalem pajak yang dikenakan Musa, hamba Allah itu, kepada jemaah Israel untuk Kemah tempat hukum Allah?

2Ch 24:7 Sebab anak-anak Atalya, perempuan fasik itu, telah membongkar rumah Allah, bahkan memakai barang-barang kudus rumah TUHAN untuk para Baal."

2Ch 24:8 Sesudah itu raja memerintahkan supaya dibuat sebuah peti dan ditempatkan di depan pintu gerbang rumah TUHAN,

2Ch 24:9 lalu menyuruh mengumumkan di Yehuda dan di Yerusalem, bahwa orang harus membawa bagi TUHAN pajak yang dikenakan Musa, hamba Allah itu, kepada orang Israel di padang gurun.

2Ch 24:10 Maka bersukacitalah semua pemimpin dan seluruh rakyat; mereka datang membawa pajaknya dan memasukkannya ke dalam peti itu sampai penuh.

2Ch 24:11 Setiap kali peti itu dibawa masuk untuk diperiksa oleh orang-orang Lewi atas nama raja, dan apabila mereka melihat bahwa sudah banyak uang di dalamnya, maka datanglah panitera raja dan kuasa usaha imam kepala mengeluarkan isi peti itu; kemudian mereka mengangkat peti itu, lalu menaruhnya pula di tempatnya. Demikianlah mereka lakukan setiap kali, dan banyaklah uang yang dikumpulkan.

2Ch 24:12 Raja dan Yoyada menyerahkan uang itu kepada mereka yang memanduri pekerjaan pada rumah TUHAN. Mereka ini mengupah tukang-tukang pahat dan tukang-tukang kayu untuk membaharui rumah TUHAN; juga tukang-tukang besi dan tembaga untuk memperbaiki rumah TUHAN.

2Ch 24:13 Setelah itu mulailah tukang-tukang itu bekerja; pekerjaan perbaikan maju di bawah tangan mereka. Mereka membangun kembali rumah Allah menurut keadaannya semula dan mengokohkannya.

2Ch 24:14 Setelah mereka selesai, mereka membawa uang yang kelebihan kepada raja dan Yoyada. Uang itu dipakai untuk membuat perkakas-perkakas rumah TUHAN, yakni: perkakas-perkakas untuk penyelenggaraan kebaktian, perkakas-perkakas untuk korban bakaran, juga cawan-cawan dan perkakas-perkakas emas dan perak. Sepanjang umur Yoyada korban bakaran tetap dipersembahkan dalam rumah TUHAN.

2Ch 24:15 Yoyada menjadi tua, dan lanjut umur, lalu matilah ia. Seratus tiga puluh tahun umurnya ketika ia mati.

2Ch 24:16 Ia dikuburkan di kota Daud di samping raja-raja, karena perbuatan-perbuatannya yang baik di Israel terhadap Allah dan rumah-Nya.

2Ch 24:17 Sesudah Yoyada mati, pemimpin-pemimpin Yehuda datang menyembah kepada raja. Sejak itu raja mendengarkan mereka.

2Ch 24:18 Mereka meninggalkan rumah TUHAN, Allah nenek moyang mereka, lalu beribadah kepada tiang-tiang berhala dan patung-patung berhala. Oleh karena kesalahan itu Yehuda dan Yerusalem tertimpa murka.

2Ch 24:19 Namun TUHAN mengutus nabi-nabi kepada mereka, supaya mereka berbalik kepada-Nya. Nabi-nabi itu sungguh-sungguh memperingatkan mereka, tetapi mereka tidak mau mendengarkannya.

2Ch 24:20 Lalu Roh Allah menguasai Zakharia, anak imam Yoyada. Ia tampil di depan rakyat, dan berkata kepada mereka: "Beginilah firman Allah: Mengapa kamu melanggar perintah-perintah TUHAN, sehingga kamu tidak beruntung? Oleh karena kamu meninggalkan TUHAN, Iapun meninggalkan kamu!"

2Ch 24:21 Tetapi mereka mengadakan persepakatan terhadap dia, dan atas perintah raja mereka melontari dia dengan batu di pelataran rumah TUHAN.

2Ch 24:22 Raja Yoas tidak mengingat kesetiaan yang ditunjukkan Yoyada, ayah Zakharia itu, terhadap dirinya. Ia membunuh anak Yoyada itu, yang pada saat kematiannya berseru: "Semoga TUHAN melihatnya dan menuntut balas!"

2Ch 24:23 Pada pergantian tahun tentara Aram maju menyerang Yoas dan masuk ke Yehuda dan Yerusalem. Dari bangsa itu semua pemimpin habis dibunuh mereka dan segala jarahan dikirim mereka kepada raja negeri Damsyik.

2Ch 24:24 Walaupun tentara Aram itu datang dengan sedikit orang, namun TUHAN menyerahkan tentara yang sangat besar kepada mereka, karena orang Yehuda telah meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyang mereka. Demikianlah orang Aram melakukan penghukuman kepada Yoas.

2Ch 24:25 Ketika mereka pergi dari padanya, --mereka meninggalkannya dengan luka-luka berat--pegawai-pegawainya mengadakan persepakatan terhadap dia karena darah anak imam Yoyada itu, lalu membunuhnya di atas tempat tidurnya. Ia mati dan dikuburkan di kota Daud, tetapi tidak di pekuburan raja-raja.

2Ch 24:26 Mereka yang mengadakan persepakatan terhadap dia ialah: Zabad, anak Simeat perempuan Amon, dan Yozabad, anak Simrit perempuan Moab.

2Ch 24:27 Tentang anak-anaknya dan ucapan-ucapan ilahi yang banyak terhadap dia, serta tentang perbaikan rumah Allah, semua itu tertulis dalam tafsiran kitab raja-raja. Maka Amazia, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.


Tafsiran Wycliffe


Yoas (835-796 sM; 24:1-27).

Masa pemerintahan Yoas merupakan semacam rangkuman dari seluruh sejarah kerajaan Yehuda.

Di awal masa pemerintahannya, Yoas hidup dengan benar, mengutamakan Tuhan dan memperhatikan Bait Allah yang mencerminkan rencana keselamatan Allah yang abadi melalui upacara-upacaranya (24:1-14).

Namun pada bagian akhir pemerintahannya, dia meninggalkan Tuhan dan Bait-Nya (ay. 15-19), membunuh nabi yang menegurnya, yaitu putra dari imam besar yang telah mengangkatnya menjadi raja serta menuntunnya (ay. 20-22), menderita penghinaan berat dari Hazael raja Damsyik (ay. 23, 24) dan mati karena diperlemah oleh luka-lukanya serta dibunuh karena kejahatannya (ay. 25-27).

Pasal ini merupakan kisah yang sama dengan II Raja-Raja 12.

2. Yoas melakukan apa yang benar di mata Tuhan, terkecuali dia tidak menyingkirkan bukit-bukit pengorbanan (taf. 14:3; II Raj. 12:3).

Selama hidup imam Yoyada; maksudnya, hingga beberapa tahun sesudah 813 sM (ay. 14; bdg. II Raj. 12:6).

Namun sesudah kematian pelindung besarnya ini, Yoas terjerumus ke dalam dosa (ay. 17, 18).

4. Sesudah Bait Allah dijarah oleh putra-putra Atalya (ay. 7), Bait Allah dengan sendirinya harus dibaharui.

5. Mengumpulkan ... uang. Bahasa Ibrani, perak. Mata uang pada saat itu belum ada, mata uang baru ada pada masa pembuangan.

Tetapi orang Lewi itu tidak melakukannya dengan segera bukan karena mereka sudah terlalu biasa dengan keadaan itu tetapi karena para imam terlalu cepat menghabiskan dana yang ada pada mereka (II Raj. 12:7; Bil. 18:19).

6. Pajak yang dikenakan Musa.

II Raja-Raja 12:4 menyebutkan cara-cara uang tersebut dikumpulkan:

(1) hal-hal yang dipersembahkan dari setiap orang yang terdaftar, maksudnya setengah syikal (Kel. 30:14; Mat. 17:24);

(2) nilai dari setiap orang di dalam rangka menebus kesalahannya yaitu sejumlah tiga setengah syikal (Im. 22:1-8; Bil. 18:15, 16);

(3) semua persembahan sukarela sesuai dengan keadaan hati seseorang.

8. Supaya dibuat sebuah peti, dengan lobang untuk memasukkan persembahan (II Raj. 12:8).

Para imam telah setuju untuk merelakan pekerjaan menarik persembahan dan membangun ulang Bait Allah (II Raj. 12:8), sehingga kebutuhan sehari-hari mereka diperoleh dari uang pembayaran penghapus kesalahan (Im. 5:16).

Ditempatkan di depan pintu gerbang rumah Tuhan, maksudnya, pada sisi kanan mezbah (II Raj. 12;9).

9. Mengumumkan. Untuk penerimaan tambahan (bdg. taf. ay. 5).

13. Mereka membangun kembali rumah Allah menurut keadaannya, sebab seluruh persembahan itu tidak dipakai untuk perabot-perabot yang kudus (II Raj. 12:13) sebelum pekerjaan pembangunan utama selesai (II Taw. 24:14).

II Raja-Raja 12:15 juga menekankan kejujuran dan kesetiaan tukang-tukang.

16. Ia dikuburkan ... di samping raja-raja, sebuah kehormatan dibandingkan dengan nasib Yoas (ay. 25). Yoyada adalah menantu raja Yoram (22:11).

17. Pemimpin-pemimpin Yehuda ... raja mendengarkan mereka. Mereka merupakan kelompok yang paling tertarik pada materialisme dari penyembahan kepada Baal (ay. 18; bdg. Zef. 1:8) sehingga mereka kemudian juga termasuk kelompok yang dihukum paling berat (ay. 23).

18. Tiang-tiang berhala. Tiang-tiang yang dipakai untuk menyembah Asyera (lih. taf. 14:3).

19. Tuhan mengutus nabi-nabi kepada mereka, supaya mereka berbalik kepada-Nya. Sejumlah nabi yang telah diutus sebelumnya, misalnya Semaya dan Yehu, didengar pesannya (11:2; 12:5; 19:2); tetapi, nabi-nabi yang diutus kemudian seperti Hanani, Mikha dan kini Zakharia (ay. 20; 16:7; 18:16) makin tidak digubris.

20. Roh Allah menguasai, secara harfiah "menyelimuti dirinya dengan" Zakharia (bdg. taf. I Taw. 12:18).

22. Yoas tidak mengingat kesetiaan ... Yoyada (Ibr., hesed, bdg. taf. I Taw. 16:41). Yoas sebenarnya bisa menduduki takhta karena jasa-jasa imam Yoyada yang setia mendukungnya (ps. 23).

Kematian Zakharia sebagai martir dikutip oleh Kristus sebagai contoh terakhir di dalam kanon Perjanjian Lama tentang kemurtadan hebat Israel (Luk. 11:51).

Semoga Tuhan melihatnya dan menuntut balas. Doa yang memohon pembalasan dan bukan pengampunan (bdg. Luk. 23:34; Kis. 7:60) ini dibenarkan oleh kedudukan resmi dari pembunuh maupun yang dibunuh.

Yang dipertaruhkan adalah Nama Allah, sehingga pembalasanpun terlaksana (24:24, 25).

23. Tentara Aram menyerahkan segala jarahan ... mereka kepada raja negeri Damsyik, bersama dengan upeti yang telah diambil Yoas dari harta kekayaan Bait Allah.

Kekayaan tersebut mencakup juga segala kekayaan yang dapat dikumpulkan sejak zaman raja Asa (bdg. taf. 16:2; II Raj. 18:18) yang dosa-dosanya kini sedang dituai (bdg. taf. 16:9).

24. Sebuah pasukan besar Yehuda jatuh ke tangan tentara Aram yang sedikit, sebagaimana telah dinubuatkan oleh Musa (Im. 26:17; lawan dari ay. 8).

25. Tentara Aram tersebut meninggalkannya dengan luka-luka berat dan kemudian pegawai-pegawainya sendiri membunuhnya di atas tempat tidurnya di dalam istana kerajaan di Milo (II Taw. 12:20; mungkin yang dimaksudkan adalah sama dengan yang dikemukakan di I Taw. 11:8, lih. tafsirannya).

II Raja-Raja 12:21 melukiskan penguburan Yoas dengan mengatakan "bersama dengan moyangnya di kota Daud" yang dibenarkan di sini dengan perincian, tetapi tidak di pekuburan raja-raja.

26. Bentuk lain dari Zabad, dan seterusnya terdapat dalam II Raja-Raja 12:21.

27. Ucapan-ucapan ilahi yang dimaksudkan mungkin adalah sejumlah ancaman yang disampaikan oleh para nabi ketika bernubuat (ay. 19).

Tafsiran Kitab Raja-Raja. Ibrani, midrash, menunjukkan suatu tafsiran dari sumber yang lebih utama ini (bdg. taf. 13:22; lih. Pendahuluan, Kepenulisan).

Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16).

Sembilan belas laki-laki dan satu orang perempuan yang menduduki takhta Daud dari tahun 930 sM hingga 586 sM sangat beragam wataknya mulai dari yang kokoh dan baik hingga yang lemah dan jahat.

Nasib setiap bangsa sebagian besar ditentukan oleh kaliber kepemimpinannya, dan hal ini sangat nyata di dalam kehidupan bangsa Israel di mana tangan Allah sering kali ikut campur tangan secara lebih nyata daripada di tempat lainnya.

Penulis Tawarikh dengan demikian memberikan dorongan kepada manusia sezamannya untuk menyerahkan diri kepada Allah dengan cara menunjukkan berdasarkan berbagai kelepasan Yehuda secara mukjizat oleh Allah pada masa lalu betapa "iman adalah kemenangan" yang dapat mengalahkan dunia (II Taw. 20:20).

Namun pada saat yang bersamaan, dan dari data sejarah yang sama pula, penulis Tawarikh mengingatkan mereka akan bahayanya berkompromi dengan dunia, bersikap acuh terhadap Hukum Taurat dan bertindak menyimpang dari Tuhan.

Sebab pola dasar dari sejarah Yehuda adalah kemerosotan religius.

Dosa demikian mengakar di dalam kehidupan mereka sehingga seorang Yosia sekalipun tidak mampu membalik arus: "Oleh sebab itu murka Tuhan bangkit terhadap umat-Nya, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan" (36;16).

Allah bisa menghukum umat yang telah dipilih-Nya!

Di dalam hal tertentu 12:1-36:16 sangat sama dengan I Raja-Raja 14:22; II Raja-Raja 24:20.

Akan tetapi, sebagian besar dari Kitab Raja-Raja dihilangkan, misalnya: kehidupan para nabi dan, tentu saja, juga seluruh sejarah kerajaan Israel di utara (bdg. Pendahuluan, Tujuan Penulisan).

Namun tentang Yehuda, penulis Tawarikh memberikan sejumlah teladan mengesankan tentang iman dan tentang kelepasan yang tidak ada paralelnya di dalam Kitab Raja-Raja.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel