2 Tawarikh: Salomo Mati

Klik:

2 Chronicles 9:29-31


2Ch 9:29 Selebihnya dari riwayat Salomo dari awal sampai akhir, bukankah semuanya itu tertulis dalam riwayat nabi Natan dan dalam nubuat Ahia, orang Silo itu, dan dalam penglihatan-penglihatan Ido, pelihat itu, tentang Yerobeam bin Nebat?

2Ch 9:30 Salomo memerintah di Yerusalem atas seluruh Israel empat puluh tahun lamanya.

2Ch 9:31 Kemudian Salomo mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud, ayahnya. Maka Rehabeam, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.


Tafsiran Wycliffe


29. Tertulis dalam riwayat ... dalam nubuat ... dalam penglihatan-penglihatan. Lihat Pendahuluan, Kepenulisan. I Raja-Raja 11:41 mengacu kepada sumber lain: "Kitab riwayat Salomo".

Kemegahannya (9:1-31).

Tuhan kita, Yesus Kristus pernah berbicara tentang Salomo dalam segala kemegahannya (Mat. 6:29); pasal 9 ini (kisahnya sama dengan I Raj. 10) mengemukakan aneka ragam data sejarah yang menggambarkan kemegahan Salomo: kunjungan ratu Syeba (ay. 1-12); harta yang ia kumpulkan, perisai, takhta dan perlengkapan yang dihasilkan (ay. 13-21) dan jangkauan dari ketenaran dan kekuasaannya (ay. 22-28).

Kemudian disajikan sebuah rangkuman penutup tentang masa pemerintahan Salomo secara keseluruhan (ay. 19-31).

Kerajaan Salomo (8:1-9:31).

Sama seperti penghargaan penulis Tawarikh atas kerajaan Daud memberikan semangat kepada masyarakat Israel pasca pembuangan sebab kuasa Allah tampak demikian nyata, demikian pula uraiannya tentang kerajaan Salomo memberikan peragaan yang efektif tentang kemuliaan yang mengikuti pekerjaan melayani Allah.

Secara khusus penulis Tawarikh mengakhiri catatannya tentang masa pemerintahan Salomo dengan garis besar prestasi dalam masa pemerintahannya (ps. 8) dan dengan sejumlah ilustrasi tentang segenap kecemerlangan yang mengelilingi takhtanya (ps. 9).

Bahan ini cukup sesuai dengan yang dikemukakan oleh penulis Raja-raja, terkecuali karena dianggap kurang membangun, atau bahkan mengganggu tujuan teokratis Ezra, maka rincian staf pegawai otokratis Salomo (I Raj. 4), segenap pemborosan yang dilakukan oleh istananya (I Raj. 7:1-12), penyembahan berhala yang disebabkan oleh poligami yang dilakukan olehnya (I Raj. 11:1-8), dan sejumlah akibat kemerosotan politik yang kemudian merupakan ciri-ciri dari akhir pemerintahannya (11:9-40) sengaja dihapus.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel