Mazmur 34: Dalam Perlindungan TUHAN

Klik:

Psalms 34


Psa 34:1 Dari Daud, pada waktu ia pura-pura tidak waras pikirannya di depan Abimelekh, sehingga ia diusir, lalu pergi. (34-2) Aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu; puji-pujian kepada-Nya tetap di dalam mulutku.

Psa 34:2 (34-3) Karena TUHAN jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita.

Psa 34:3 (34-4) Muliakanlah TUHAN bersama-sama dengan aku, marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya!

Psa 34:4 (34-5) Aku telah mencari TUHAN, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku.

Psa 34:5 (34-6) Tujukanlah pandanganmu kepada-Nya, maka mukamu akan berseri-seri, dan tidak akan malu tersipu-sipu.

Psa 34:6 (34-7) Orang yang tertindas ini berseru, dan TUHAN mendengar; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.

Psa 34:7 (34-8) Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.

Psa 34:8 (34-9) Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!

Psa 34:9 (34-10) Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia!

Psa 34:10 (34-11) Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik.

Psa 34:11 (34-12) Marilah anak-anak, dengarkanlah aku, takut akan TUHAN akan kuajarkan kepadamu!

Psa 34:12 (34-13) Siapakah orang yang menyukai hidup, yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik?

Psa 34:13 (34-14) Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu;

Psa 34:14 (34-15) jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya!

Psa 34:15 (34-16) Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong;

Psa 34:16 (34-17) wajah TUHAN menentang orang-orang yang berbuat jahat untuk melenyapkan ingatan kepada mereka dari muka bumi.

Psa 34:17 (34-18) Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.

Psa 34:18 (34-19) TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Psa 34:19 (34-20) Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;

Psa 34:20 (34-21) Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah.

Psa 34:21 (34-22) Kemalangan akan mematikan orang fasik, dan siapa yang membenci orang benar akan menanggung hukuman.

Psa 34:22 (34-23) TUHAN membebaskan jiwa hamba-hamba-Nya, dan semua orang yang berlindung pada-Nya tidak akan menanggung hukuman.


Tafsiran Wycliffe


Mazmur 34. Kebaikan Tuhan.

Nyanyian pujian ini adalah sebuah akrostik, dengan struktur yang sama dengan Mazmur 25.

Sungguh luar biasa, bahwa kedua mazmur tersebut menghilangkan huruf Waw dan menambahkan huruf Pe pada bagian akhir.

Mengenai isinya, dua-duanya adalah nyanyian ucapan syukur, memiliki kesamaan gagasan dengan Kitab Amsal.

2-4. Ajakannya untuk memuji Tuhan.

Muliakanlah Tuhan bersama-sama dengan aku. Ketetapan hati untuk senantiasa memuji Allah merupakan dasar untuk meminta orang lain memuliakan dan memasyhurkan Tuhan.

Ajakan ini ditujukan bagi orang-orang yang rendah hati dan mau diajar.

5-7. Kesaksiannya mengenai Kelepasan.

Aku telah mencari ... Ia menjawab ... dan melepaskan. Dari pengalamannya sendiri, pemazmur menjelaskan dasar dari pujian tulus ini.

Mengikuti Septuaginta (LXX) dan berbagai naskah serta versi, ayat 6 memang sebaiknya diterjemahkan: Tujukanlah pandanganmu kepada-Nya, maka mukamu akan berseri-seri dan tidak akan malu tersipu-sipu.

8-11. Jaminan berkat-Nya.

Pertolongan sejati hanya turun kepada orang-orang yang berlindung, takut dan mencari Tuhan.

12-23. Pengajarannya bagi murid-murid.

Marilah anak-anak ... akan kuajarkan kepadamu. Pengetahuan melalui pengalaman langsung memberinya otoritas untuk mengajar orang lain.

Orang-orang yang disapa sebagai anak-anak, adalah murid-murid yang rendah hati dan mau diajar, berapapun umur mereka.

Gaya yang digunakan adalah metode tanya jawab didaktis dari orang-orang bijak.

Temanya adalah imbalan jasa sebagaimana ditafsirkan menurut kepercayaan Yudaisme ortodoks.

JILID I. Mazmur 1-41.

Kitab pertama di dalam pembagian kitab ini menjadi lima tampaknya pernah merupakan kumpulan mazmur Daud tersendiri.

Nama untuk Tuhan, dalam bahasa Ibrani Yahweh dipakai 272 kali, sedangkan Elohim hanya dipakai 15 kali saja.

Setiap mazmur beragam isinya, namun ajaran moralnya sederhana dan langsung.

Di sepanjang bagian ini, tampak jelas suatu iman yang positif kepada keadilan Allah.

Mazmur 1 merupakan pengantar kepada seluruh Kitab Mazmur, sedangkan Mazmur 2 merupakan pengantar untuk kumpulan Kitab I.

Kenyataan, bahwa sejumlah naskah mencantumkan Mazmur 3 sebagai mazmur pertama menjadikan sifat pengantar dari Mazmur 1 dan 2 makin jelas.

Selanjutnya ada kemungkinan, bahwa Mazmur 1 dan 2 pada mulanya merupakan satu mazmur saja, yaitu mazmur yang diawali dan diakhiri dengan "Berbahagialah".

Semua mazmur kecuali 1, 2, 10 dan 33 terkait dengan Daud di dalam catatan judulnya.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel