Mazmur 56: Kepercayaan Kepada Allah Dalam Kesusahan

Klik:

Psalms 56


Psa 56:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Merpati di pohon-pohon tarbantin yang jauh. Miktam dari Daud, ketika orang Filistin menangkap dia di Gat. (56-2) Kasihanilah aku, ya Allah, sebab orang-orang menginjak-injak aku, sepanjang hari orang memerangi dan mengimpit aku!

Psa 56:2 (56-3) Seteru-seteruku menginjak-injak aku sepanjang hari, bahkan banyak orang yang memerangi aku dengan sombong.

Psa 56:3 (56-4) Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu;

Psa 56:4 (56-5) kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Psa 56:5 (56-6) Sepanjang hari mereka mengacaukan perkaraku; mereka senantiasa bermaksud jahat terhadap aku.

Psa 56:6 (56-7) Mereka mau menyerbu, mereka mengintip, mengamat-amati langkahku, seperti orang-orang yang ingin mencabut nyawaku.

Psa 56:7 (56-8) Apakah mereka dapat luput dengan kejahatan mereka? Runtuhkanlah bangsa-bangsa dengan murka-Mu, ya Allah!

Psa 56:8 (56-9) Sengsaraku Engkaulah yang menghitung-hitung, air mataku Kautaruh ke dalam kirbat-Mu. Bukankah semuanya telah Kaudaftarkan?

Psa 56:9 (56-10) Maka musuhku akan mundur pada waktu aku berseru; aku yakin, bahwa Allah memihak kepadaku.

Psa 56:10 (56-11) Kepada Allah, firman-Nya kupuji, kepada TUHAN, firman-Nya kupuji,

Psa 56:11 (56-12) kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Psa 56:12 (56-13) Nazarku kepada-Mu, ya Allah, akan kulaksanakan, dan korban syukur akan kubayar kepada-Mu.

Psa 56:13 (56-14) Sebab Engkau telah meluputkan aku dari pada maut, bahkan menjaga kakiku, sehingga tidak tersandung; maka aku boleh berjalan di hadapan Allah dalam cahaya kehidupan.


Tafsiran Wycliffe


Mazmur 56. Kemenangan Iman.

Lagi-lagi di sini, seorang individu menyuarakan ratapannya tentang perlakuan para seteru terhadap dirinya.

Rencana-rencana jahat orang-orang licik membuat pemazmur merasa tertekan, sehingga tak terhindarkan menimbulkan rasa takut.

Tetapi, kepercayaannya kepada Allah mengalahkan semua ketakutan itu.

2-5. Doa Memohon Pertolongan.

Kasihanilah aku, ya Allah. Penyembah yang saleh di Israel sering mengulang-ulang permohonan ini.

Tampaknya musuh-musuh pemazmur adalah para prajurit, bukan orang-orang yang secara keagamaan menentang dia.

Mereka menginjak-injak dia.

Namun, semua perasaan takut ditaklukkan oleh kepercayaan kepada Allah.

6-12. Seruan Memohon Pembalasan.

Runtuhkanlah bangsa-bangsa dengan murka-Mu, ya Allah. Setelah menguraikan pengkhianatan musuh-musuhnya, pemazmur meminta bantuan ilahi.

Dia berhasil menaklukkan ketakutan, tetapi Allah harus membinasakan orang-orang yang menindasnya, sebab jika tidak, mereka akan luput dari hukuman.

Pemazmur yakin, bahwa Allah akan menjawab doa-doanya dan memberikan pembalasan.

Keyakinan ini membuat dia mengulang-ulang pernyataan kepercayaannya, semacam refrein, yang terdapat dalam ayat 5.

13, 14. Nazar Kemenangan.

Nazarku kepada-Mu, ya Allah. Karena kemenangan telah datang, atau dibayangkan sebagai pasti, maka pemazmur ingat akan kewajibannya untuk memuji dan bersyukur kepada Tuhan.

Barangkali dia mengucapkan suatu nazar ketika menghadapi penderitaan.

Karena Allah telah melaksanakan bagian-Nya melepaskan dia dari penindasan dan maut, selebihnya adalah giliran pemazmur untuk melakukan bagiannya.

JILID II. Mazmur 42-72.

Jilid kedua dari lima bagian Kitab Mazmur rupanya merupakan bagian dari koleksi yang lebih besar, yakni Mazmur 42-83, di mana Allah disebut dengan nama `Èlõhîm, bukan Yahweh, pada kebanyakan dari bagian tersebut.

Elohim digunakan sebanyak 164 kali, sedang Yahweh hanya 30 kali dalam Jilid II.

Dalam koleksi yang lebih besar itu, dapat ditemukan beberapa koleksi lebih kecil: satu berhubungan dengan kaum Lewi yang disebut Bani Korah; satu lagi dikaitkan dengan Daud; dan satu menyebut nama Asaf.

Di samping koleksi-koleksi ini, Jilid II juga mencakup satu mazmur tanpa nama pengarang, dan satu mazmur yang dikaitkan dengan Salomo.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel