Mazmur 62: Perasaan Tenang Dekat Allah

Klik:

Psalms 62


Psa 62:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut: Yedutun. Mazmur Daud. (62-2) Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.

Psa 62:2 (62-3) Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.

Psa 62:3 (62-4) Berapa lamakah kamu hendak menyerbu seseorang, hendak meremukkan dia, hai kamu sekalian, seperti terhadap dinding yang miring, terhadap tembok yang hendak roboh?

Psa 62:4 (62-5) Mereka hanya bermaksud menghempaskan dia dari kedudukannya yang tinggi; mereka suka kepada dusta; dengan mulutnya mereka memberkati, tetapi dalam hatinya mereka mengutuki. Sela

Psa 62:5 (62-6) Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku.

Psa 62:6 (62-7) Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.

Psa 62:7 (62-8) Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah.

Psa 62:8 (62-9) Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela

Psa 62:9 (62-10) Hanya angin saja orang-orang yang hina, suatu dusta saja orang-orang yang mulia. Pada neraca mereka naik ke atas, mereka sekalian lebih ringan dari pada angin.

Psa 62:10 (62-11) Janganlah percaya kepada pemerasan, janganlah menaruh harap yang sia-sia kepada perampasan; apabila harta makin bertambah, janganlah hatimu melekat padanya.

Psa 62:11 (62-12) Satu kali Allah berfirman, dua hal yang aku dengar: bahwa kuasa dari Allah asalnya,

Psa 62:12 (62-13) dan dari pada-Mu juga kasih setia, ya Tuhan; sebab Engkau membalas setiap orang menurut perbuatannya.


Tafsiran Wycliffe


Mazmur 62. Iman yang Tak Tergoyahkan.

Ayat-ayat pembukaan dari nyanyian berisi kepercayaan yang pasif ini mengandung unsur ratapan, sementara ayat-ayat penutupnya mengandung maksud mengajar.

Tetapi, di seluruh bagian mazmur ini menonjol nada kepercayaan dan keyakinan.

Pemazmur ini adalah orang yang memiliki kekuasaan, kendatipun kedudukannya terancam.

Walaupun lawan-lawannya adalah dari berbagai kalangan, dia memandang mereka semua sebagai sama sekali tidak berarti.

2-5. Keselamatan Satu-satunya.

Dari pada-Nyalah keselamatanku. Kunci untuk keyakinan yang mantap ini mungkin berhubungan dengan partikel Ibrani, 'ak, yang muncul enam kali dalam mazmur singkat ini, tiga kali sebagai kata pertama dari sebuah stanza/bait.

Partikel tersebut bisa diterjemahkan "tentulah," "tetapi," "saja," atau lebih baik, "hanya."

Hanya Allah yang dia nantikan, sementara hanya Allah gunung batunya, keselamatannya, dan kota bentengnya.

Musuh-musuhnya senantiasa merancang kejahatan terhadap dirinya.

6-9. Harapan Satu-satunya.

Dari pada-Nyalah harapanku. Kata-kata dalam ayat 2 dan 3 agak berubah menjadi pengantar bagi bait ini.

Pemazmur berusaha mengingat apa yang merupakan kunci damai sejahteranya.

Kembali hanya kepada Allah ia menanti dan kepada-Nya ia percaya.

Melalui kepasrahan yang mantap serta penuh kerendahan hati ini, dia semakin berharap akan kepastian keselamatan.

10-13. Kekuatan Satu-satunya.

Bahwa kuasa dari Allah asalnya. Walaupun dia mengawali bait itu dengan partikel Ibrani yang sama, 'ak, baru pada ayat 13 dia mengemukakan landasan dari ketenangan batinnya ini.

Musuh-musuhnya mengandalkan pemerasan, perampasan dan harta kekayaan, tetapi dia telah dua kali menerima sabda yang menggambarkan Allah sebagai satu-satunya kekuatan dan kasih setia, yang pantas dimiliki.

JILID II. Mazmur 42-72.

Jilid kedua dari lima bagian Kitab Mazmur rupanya merupakan bagian dari koleksi yang lebih besar, yakni Mazmur 42-83, di mana Allah disebut dengan nama `Èlõhîm, bukan Yahweh, pada kebanyakan dari bagian tersebut.

Elohim digunakan sebanyak 164 kali, sedang Yahweh hanya 30 kali dalam Jilid II.

Dalam koleksi yang lebih besar itu, dapat ditemukan beberapa koleksi lebih kecil: satu berhubungan dengan kaum Lewi yang disebut Bani Korah; satu lagi dikaitkan dengan Daud; dan satu menyebut nama Asaf.

Di samping koleksi-koleksi ini, Jilid II juga mencakup satu mazmur tanpa nama pengarang, dan satu mazmur yang dikaitkan dengan Salomo.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel