Jeremiah 3:6-13: Israel dan Yehuda Diajak Kembali Kepada TUHAN

Klik:

Jeremiah 3:6-13


Jer 3:6 TUHAN berfirman kepadaku dalam zaman raja Yosia: "Sudahkah engkau melihat apa yang dilakukan Israel, perempuan murtad itu, bagaimana dia naik ke atas setiap bukit yang menjulang dan pergi ke bawah setiap pohon yang rimbun untuk bersundal di sana?

Jer 3:7 Pikir-Ku: Sesudah melakukan semuanya ini, ia akan kembali kepada-Ku, tetapi ia tidak kembali. Hal itu telah dilihat oleh Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia.

Jer 3:8 Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya Aku telah menceraikan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal.

Jer 3:9 Dengan sundalnya yang sembrono itu maka ia mencemarkan negeri dan berzinah dengan menyembah batu dan kayu.

Jer 3:10 Juga dengan semuanya ini Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu, tidak kembali kepada-Ku dengan tulus hatinya, tetapi dengan pura-pura, demikianlah firman TUHAN."

Jer 3:11 Dan TUHAN berfirman kepadaku: "Israel, perempuan murtad itu, membuktikan dirinya lebih benar dari pada Yehuda, perempuan yang tidak setia itu.

Jer 3:12 Pergilah menyerukan perkataan-perkataan ini ke utara, katakanlah: Kembalilah, hai Israel, perempuan murtad, demikianlah firman TUHAN. Muka-Ku tidak akan muram terhadap kamu, sebab Aku ini murah hati, demikianlah firman TUHAN, tidak akan murka untuk selama-lamanya.

Jer 3:13 Hanya akuilah kesalahanmu, bahwa engkau telah mendurhaka terhadap TUHAN, Allahmu, telah melampiaskan cinta berahimu kepada orang-orang asing di bawah setiap pohon yang rimbun, dan tidak mendengarkan suara-Ku, demikianlah firman TUHAN."


Tafsiran Wycliffe


3:6-10. Kemurtadan Israel dan hukuman atas mereka adalah peringatan bagi Yehuda, namun ia tidak mau bertobat.

Israel yang dimaksud di sini ialah sepuluh suku di utara, yang hampir seratus tahun sebelumnya telah dibuang (721 SM).

Ketidaksetiaannya mengakibatkan pembuangan, disebutkan di sini dengan "cerai" (ay. 8; bdg. Hos. 2:2-13).

Pertobatan Yehuda yang cuma pura-pura (ay. 10) ditunjukkan oleh kebangunan rohani zaman Yosia (II Raj. 23; II Taw. 34; 35), yang rupanya dibuat peraturannya oleh sang raja, dan tidak sampai merasuk dalam kehidupan bangsa itu.

6. Bukit yang menjulang ... pohon yang rimbun. Itu adalah tempat-tempat tinggi atau bukit-bukit pengurbanan tempat orang-orang Kanaan menyembah Baal.

3:11-18. Allah memanggil Israel untuk bertobat dan menjanjikan pengampunan serta pemulihan.

Nabi-nabi Perjanjian Lama tidak mau mengakui, bahwa perpecahan kerajaan Daud adalah final. Mereka sering memberitakan penyatuan kembali serta pemuliaan seluruh bangsa itu, yaitu melalui kerajaan Kristus.

11. Membuktikan dirinya lebih benar. Yehuda menikmati hak istimewa lebih besar (jabatan raja yang ditetapkan secara ilahi, dan pelayanan keimaman), dan melihat sendiri contoh tentang Israel yang dibuang, karena itu Yehuda lebih bersalah (Yeh. 16:44-63; 23:1-49; Luk. 12:48).

12. Pergilah menyerukan perkataan-perkataan ini ke utara, yaitu kepada Asyur, ke mana Israel telah dibuang, karena Israel tidak sepenuhnya dibuang oleh Allah.

Muka-Ku tidak akan muram terhadap kamu. (bdg. Kej. 4:5; bedakan dengan Bil. 6:26).

13. Telah melampiaskan cinta berahimu kepada orang-orang asing di bawah setiap pohon yang rimbun. Mereka bebas mengumbar cinta mereka kepada dewa-dewa atau allah-allah asing di bukit-bukit pengurbanan.

I.B. TEGURAN-TEGURAN DAN PERINGATAN-PERINGATAN, SEBAGIAN BESAR DARI ZAMAN YOSIA (2:1-20:18).

Enam bagian ini, yang bersifat umum dan berulang, kelihatannya berasal dari zaman awal-awal pelayanan nabi. Mungkin itu semua adalah ciri khas dari khotbah lisan sang nabi.

I.B.2. Yehuda Diperingatkan melalui Hukuman atas Kerajaan Utara (3:6-6:30).

Yeremia melanjutkan celaannya terhadap Yehuda yang dimulai dari bagian sebelumnya (2:1-3:5). Di samping itu, di ini dia memegang janji pengampunan dari Allah jika bangsa itu benar-benar mau bertobat. Di sini Israel yang dibuang disebutkan sebagai peringatan kepada Yehuda, dan pemulihannya dinubuatkan.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel