Isaiah 57:6-13: Penyembahan Berhala Sebagai Perzinahan

Klik:

Isaiah 57:6-13


Isa 57:6 Padamu hanya ada batu-batu licin dari sungai, dan hanya itu sajalah yang ditentukan bagimu; kepada mereka juga engkau mengunjukkan korban curahan, dan mempersembahkan korban sajian. Masakan Aku sabar akan hal itu?

Isa 57:7 Engkau menaruh petiduranmu di atas gunung yang tinggi dan menjulang dan ke atas gunung itu juga engkau naik untuk mempersembahkan korban sembelihan.

Isa 57:8 Engkau telah menaruh lambang berhalamu di ambang pintu masuk rumahmu, ya, engkau telah meninggalkan Aku dan menelanjangi dirimu, engkau telah menaiki petiduranmu dan telah melebarkannya; engkau telah mengadakan janji dengan beberapa orang yang kauingini untuk tidur bersama-sama mereka dan engkau memandangi lingga.

Isa 57:9 Engkau datang menghadap Molokh dengan membawa minyak dan banyak-banyak wangi-wangian; engkau menyuruh duta-dutamu pergi sampai jauh, dan sampai ke bawah di dunia orang mati.

Isa 57:10 Oleh perjalananmu yang jauh engkau sudah letih lesu, tetapi engkau tidak berkata: "Tidak ada harapan!" Engkau mendapat kekuatan yang baru, dan sebab itu engkau tidak menjadi lemah.

Isa 57:11 Kepada siapa gerangan engkau gentar dan takut, sehingga engkau berdusta dan tidak mengingat Aku atau memberi perhatian kepada-Ku? Bukankah karena Aku membisu dan menutup mata, maka engkau tidak takut kepada-Ku!

Isa 57:12 Aku akan menyebutkan kesalehanmu dan segala perbuatanmu, tetapi semuanya itu tidak akan berguna bagimu:

Isa 57:13 apabila engkau berteriak, biarlah berhala-berhalamu melepaskan engkau! Mereka semua akan ditiup angin, akan diterbangkan hembusan nafas. Tetapi orang yang berlindung kepada-Ku akan mewarisi negeri dan akan memiliki gunung-Ku yang kudus.


Tafsiran Wycliffe


Ayat 3-10 menguraikan kekejian penyembahan berhala oleh rakyat Yehuda.

6. Sungai, lebih baik diterjemahkan lembah, seperti ASV. Di sana mereka mengunjukkan kurban curahan kepada berhala-berhala mereka.

7. Di tempat-tempat tinggi atau bukit pengurbanan terdapat kuil-kuil berhala mereka, di mana mereka melakukan perzinahan rohani.

8. Telah melebarkannya. Ini menerangkan bagaimana mereka menyembah beberapa allah kafir sekaligus.

9. Molokh, mungkin adalah raja dewa (bukan raja manusia).

10. Kendati mengalami kepahitan dan perbudakan karena kehidupan mereka yang fasik, bangsa Yehuda terlalu tergila-gila untuk meninggalkannya (meninggalkan kehidupan mereka yang fasik).

11-13. Mereka melakukan kompromi-kompromi teologis ini di bawah tekanan kuasa-kuasa kafir - meskipun kuasa-kuasa seperti itu adalah makhluk fana yang tidak berdaya - dan bersamaan dengan itu mereka telah mengabaikan Allah mereka yang panjang sabar.

Melalui serangan-serangan yang akan datang, mereka akan melihat, bahwa berhala-berhala mereka tidak berdaya menyelamatkan mereka.

Hanya orang beriman sejati yang akan mewarisi Kerajaan Allah.

Raja Damai (49:1-57:21).

Sementara Bagian I secara khusus berbicara tentang Doktrin mengenai Allah, Bagian II membicarakan Doktrin Keselamatan.

Keselamatan hanya datang dari Allah, dan melalui pelayanan Sang Hamba TUHAN.

Keselamatan mencakup pembebasan dari hukuman dosa, dan suatu kehidupan baru yang penuh perlindungan, sukacita, dan damai sejahtera.

Lingkupnya mencakup seluruh dunia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel