Isaiah 49:8-50:3: Sion Dipulihkan

Klik:

Isaiah 49:8-50:3


Isa 49:8 Beginilah firman TUHAN: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan menjawab engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau; Aku telah membentuk dan memberi engkau, menjadi perjanjian bagi umat manusia, untuk membangunkan bumi kembali dan untuk membagi-bagikan tanah pusaka yang sudah sunyi sepi,

Isa 49:9 untuk mengatakan kepada orang-orang yang terkurung: Keluarlah! kepada orang-orang yang ada di dalam gelap: Tampillah! Di sepanjang jalan mereka seperti domba yang tidak pernah kekurangan rumput, dan di segala bukit gundulpun tersedia rumput bagi mereka.

Isa 49:10 Mereka tidak menjadi lapar atau haus; angin hangat dan terik matahari tidak akan menimpa mereka, sebab Penyayang mereka akan memimpin mereka dan akan menuntun mereka ke dekat sumber-sumber air.

Isa 49:11 Aku akan membuat segala gunung-Ku menjadi jalan dan segala jalan raya-Ku akan Kuratakan.

Isa 49:12 Lihat, ada orang yang datang dari jauh, ada dari utara dan dari barat, dan ada dari tanah Sinim."

Isa 49:13 Bersorak-sorailah, hai langit, bersorak-soraklah, hai bumi, dan bergembiralah dengan sorak-sorai, hai gunung-gunung! Sebab TUHAN menghibur umat-Nya dan menyayangi orang-orang-Nya yang tertindas.

Isa 49:14 Sion berkata: "TUHAN telah meninggalkan aku dan Tuhanku telah melupakan aku."

Isa 49:15 Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.

Isa 49:16 Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.

Isa 49:17 Orang-orang yang membangun engkau datang bersegera, tetapi orang-orang yang merombak dan merusak engkau meninggalkan engkau.

Isa 49:18 Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua berhimpun datang kepadamu. Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, sungguh, mereka semua akan kaupakai sebagai perhiasan, dan mereka akan kaulilitkan, seperti yang dilakukan pengantin perempuan.

Isa 49:19 Sebab tempat-tempatmu yang tandus dan sunyi sepi dan negerimu yang dirombak, sungguh, sekarang terlalu sempit untuk sekian banyak pendudukmu dan orang-orang yang mau menelan engkau akan menjauh.

Isa 49:20 Malahan, anak-anakmu yang kausangka hilang akan berkata kepadamu: "Tempat itu terlalu sempit bagiku, menyisihlah, supaya aku dapat diam di situ!"

Isa 49:21 Maka engkau akan berkata dalam hatimu: "Siapakah yang telah melahirkan sekaliannya ini bagiku? Bukankah aku bulus dan mandul, diangkut ke dalam pembuangan dan disingkirkan? Tetapi anak-anak ini, siapakah yang membesarkan mereka? Sesungguhnya, aku tertinggal seorang diri, tetapi mereka ini, dari manakah datangnya?"

Isa 49:22 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Lihat, Aku akan mengangkat tangan-Ku sebagai tanda untuk bangsa-bangsa dan memasang panji-panji-Ku untuk suku-suku bangsa, maka mereka akan menggendong anak-anakmu laki-laki dan anak-anakmu perempuan akan didukung di atas bahunya.

Isa 49:23 Maka raja-raja akan menjadi pengasuhmu dan permaisuri-permaisuri mereka menjadi inangmu. Mereka akan sujud kepadamu dengan mukanya sampai ke tanah dan akan menjilat debu kakimu. Maka engkau akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, dan bahwa orang-orang yang menanti-nantikan Aku tidak akan mendapat malu."

Isa 49:24 Dapatkah direbut kembali jarahan dari pahlawan atau dapatkah lolos tawanan orang gagah?

Isa 49:25 Sungguh, beginilah firman TUHAN: "Tawanan pahlawanpun dapat direbut kembali, dan jarahan orang gagah dapat lolos, sebab Aku sendiri akan melawan orang yang melawan engkau dan Aku sendiri akan menyelamatkan anak-anakmu.

Isa 49:26 Aku akan memaksa orang-orang yang menindas engkau memakan dagingnya sendiri, dan mereka akan mabuk minum darahnya sendiri, seperti orang mabuk minum anggur baru, supaya seluruh umat manusia mengetahui, bahwa Aku, TUHAN, adalah Juruselamatmu dan Penebusmu, Yang Mahakuat, Allah Yakub."

Isa 50:1 Beginilah firman TUHAN: "Di manakah gerangan surat cerai ibumu tanda Aku telah mengusir dia? Atau kepada siapakah di antara penagih hutang-Ku Aku pernah menjual engkau? Sesungguhnya, oleh karena kesalahanmu sendiri kamu terjual dan oleh karena pelanggaranmu sendiri ibumu diusir.

Isa 50:2 Mengapa ketika Aku datang tidak ada orang, dan ketika Aku memanggil tidak ada yang menjawab? Mungkinkah tangan-Ku terlalu pendek untuk membebaskan atau tidak adakah kekuatan pada-Ku untuk melepaskan? Sesungguhnya, dengan hardik-Ku Aku mengeringkan laut, Aku membuat sungai-sungai menjadi padang gurun; ikan-ikannya berbau amis karena tidak ada air dan mati kehausan.

Isa 50:3 Aku mengenakan pakaian kelam kepada langit dan menyelimutinya dengan kain kabung."


Tafsiran Wycliffe


8-13. Sang nabi menggambarkan sukacita orang-orang yang akan diselamatkan Kristus.

8. Pada waktu Aku berkenan. Keterangan antisipatif mengenai "kegenapan waktu" ketika Kristus yang ber-inkarnasi itu mempersembahkan diri-Nya kepada Sang Bapa, dan dilepaskan dari kedengkian Iblis dan manusia.

Pada saat pendamaian di Kalvari, Dia menggenapi perjanjian anugerah kepada Abraham dan keturunan-Nya.

Dengan kekuatan pendamaian yang akan datang tersebut, Allah secara fisik akan memulihkan umat yang dibuang itu ke tanah leluhur mereka yang sunyi di Yehuda, dan secara rohani akan mendiami kembali tanah pusaka Israel yang hilang dengan mempercayakannya kepada suatu "bangsa yang akan menghasilkan buah."

Mulai ayat 9 dan seterusnya, keterangannya terutama bersifat rohani dan mengenai penyelamatan manusia dari perbudakan dosa oleh kuasa Injil, persediaan makanan dan minuman bagi jiwa mereka, perlindungan bagi mereka terhadap penindasan dan panasnya godaan serta terhadap perlawanan dunia yang memusuhi mereka.

Bahkan, di segala bukit gundulpun tersedia rumput (ay. 9), artinya: Allah akan menyediakan makanan yang berlimpah bagi mereka.

Maksudnya, Dia akan memakai masa-masa kesukaran untuk memperkaya rohani mereka.

Berbagai penghalang sebesar gunung-gunung (ay. 11) yang akan Allah berikan dalam perjalanan mereka, bila berhasil dikalahkan dengan iman, akan ternyata merupakan batu-batu loncatan menuju kemuliaan.

Kepada orang-orang Kristen Yahudi di Palestina yang merupakan kelompok inti yang kuat, akan ditambahkan orang-orang bertobat dari semua bangsa; bahkan dari wilayah yang jauh seperti Tiongkok.

(Yang paling mungkin dari Tiongkok adalah Sinim dalam ay. 12, walaupun Elam dan Syene juga diindikasikan demikian).

Ayat 13 menunjukkan, bahwa lingkup tindakan ini ialah seluruh dunia, dan bahwa yang dimaksud di sini adalah Zaman Gereja.

14-26. Tuhan memberikan jaminan kepada Israel karena Israel putus asa.

Aib dan sengsara akibat Pembuangan menjadi alasan kuat Israel untuk merasa ditinggalkan oleh Allah.

Karenanya, pernyataan yang membangkitkan semangat (ay. 15, 16), ialah bahwa kasih Allah melebihi kasih dari ibu yang mana pun.

Para perusak dari Kasdim pasti lenyap dilupakan, dan pada masanya orang-orang kafir yang telah bertobat akan datang kepada Israel untuk menyembah Allahnya dan mengakui Kristus sebagai Juruselamat dan Raja mereka.

Jadi, banyak sekali warga baru akan mengisi kesenjangan-kesenjangan yang ditinggalkan bangsa Yahudi, yang dibunuh secara besar-besaran dalam peperangan melawan Kasdim, zaman Makabe dan Roma.

Israel rohani, yang sesudah kedatangan Kristus akan merupakan Israel Kristen, akan dipenuhi keraguan dan juga gembira melihat gelombang luar biasa dari bangsa-bangsa lain yang dilahirkan kembali ini.

Sangat mungkin, orang-orang bertobat dari bangsa-bangsa lain yang disebut pada ayat 22 sedang berkumpul di bawah panji-panji salib.

Mereka dengan penuh kasih dan kesabaran menunjukkan kepeduliannya kepada bangsa Yahudi sebagai sesama umat seagama mereka.

Bahkan, para raja bangsa-bangsa lain akan datang oleh karena kuasa Mesias, dan menunjukkan kepedulian yang penuh hormat terhadap Negeri Kudus itu dan bangsanya, dan bangga mengabdi sebagai pelindung dan penjaga Gereja Kristus.

24. Tawanan orang gagah. Orang-orang yang ditawan oleh "orang yang berkuasa" dalam pertempuran yang adil.

25. Pahlawan dan orang gagah sebelumnya adalah bangsa Kasdim, tetapi kemudian juga bangsa Yunani Seleukia, yang akan sering terlibat dalam perang saudara, di mana dinasti-dinasti saling berebut supremasi.

26. Para penindas ini akan mabuk minum darahnya sendiri. Lagi-lagi, di sini penggenapan nubuat membuktikan kepada dunia mengenai kekuasaan tertinggi TUHAN, Allah Israel.

1-3. Secara pribadi, Allah tidak bermaksud menyisihkan isteri perjanjian-Nya, Israel, selama pembuangan ke Babel, tetapi terpaksa karena kesalahan Israel sendiri yang tak mau mendengar seruan-Nya.

Juga, tidak karena berhutang sesuatu kepada bangsa Kasdim, maka Allah menjual Yehuda menjadi budak.

Kemahakuasaan Allah sama untuk menyelamatkan umat-Nya dari bangsa Kasdim, ataupun dari musuh-musuh lain, jika Dia menganggap aman dan tepat untuk melakukan itu.

Raja Damai (49:1-57:21).

Sementara Bagian I secara khusus berbicara tentang Doktrin mengenai Allah, Bagian II membicarakan Doktrin Keselamatan.

Keselamatan hanya datang dari Allah, dan melalui pelayanan Sang Hamba TUHAN.

Keselamatan mencakup pembebasan dari hukuman dosa, dan suatu kehidupan baru yang penuh perlindungan, sukacita, dan damai sejahtera.

Lingkupnya mencakup seluruh dunia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel