Isaiah 52:1-12: TUHAN Menyelamatkan Sion

Klik:

Isaiah 52:1-12


Isa 52:1 Terjagalah, terjagalah! Kenakanlah kekuatanmu seperti pakaian, hai Sion! Kenakanlah pakaian kehormatanmu, hai Yerusalem, kota yang kudus! Sebab tidak seorangpun yang tak bersunat atau yang najis akan masuk lagi ke dalammu.

Isa 52:2 Kebaskanlah debu dari padamu, bangunlah, hai Yerusalem yang tertawan! Tanggalkanlah ikatan-ikatan dari lehermu, hai puteri Sion yang tertawan!

Isa 52:3 Sebab beginilah firman TUHAN: Kamu dijual tanpa pembayaran, maka kamu akan ditebus tanpa pembayaran juga.

Isa 52:4 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: Dahulu umat-Ku berangkat ke Mesir untuk tinggal di situ sebagai orang asing, lalu Asyur memeras dia tanpa alasan.

Isa 52:5 Tetapi sekarang, apakah lagi urusan-Ku di sini? demikianlah firman TUHAN. Umat-Ku sudah dirampas begitu saja. Mereka yang berkuasa atas dia memegahkan diri, demikianlah firman TUHAN, dan nama-Ku terus dihujat sepanjang hari.

Isa 52:6 Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!

Isa 52:7 Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: "Allahmu itu Raja!"

Isa 52:8 Dengarlah suara orang-orang yang mengawal engkau: mereka bersama-sama bersorak-sorai. Sebab dengan mata kepala sendiri mereka melihat bagaimana TUHAN kembali ke Sion.

Isa 52:9 Bergembiralah, bersorak-sorailah bersama-sama, hai reruntuhan Yerusalem! Sebab TUHAN telah menghibur umat-Nya, telah menebus Yerusalem.

Isa 52:10 TUHAN telah menunjukkan tangan-Nya yang kudus di depan mata semua bangsa; maka segala ujung bumi melihat keselamatan yang dari Allah kita.

Isa 52:11 Menjauhlah, menjauhlah! Keluarlah dari sana! Janganlah engkau kena kepada yang najis! Keluarlah dari tengah-tengahnya, sucikanlah dirimu, hai orang-orang yang mengangkat perkakas rumah TUHAN!

Isa 52:12 Sungguh, kamu tidak akan buru-buru keluar dan tidak akan lari-lari berjalan, sebab TUHAN akan berjalan di depanmu, dan Allah Israel akan menjadi penutup barisanmu.


Tafsiran Wycliffe


Dalam 52:1-6, Allah memberitahukan keputusan-Nya untuk memulihkan Israel yang terbuang demi nama-Nya dan kemuliaan-Nya.

Berdasarkan anugerah, Dia memberi mereka kekuatan sempurna dan keindahan rohani-Nya sebagai perlengkapan yang sudah diciptakan lengkap, yang mereka hanya perlu kenakan dengan iman.

Dia menambahkan jaminan, bahwa persemakmur-Nya yang kudus tidak akan pernah lagi dicemari penyembahan berhala seperti pada zaman pemerintahan Ahas, Manasye dan Zedekia.

Dengan yakin, umat-Nya akan berpegang teguh pada "kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah". (Rm. 8:21).

Mereka dijual menjadi budak tanpa bayaran, selain janji-janji kosong dari dunia. Demikian juga, mereka akan dibebaskan dari pembuangan di Babel tanpa membayar tebusan apa pun kepada Koresy.

5. Begitu saja, artinya tanpa alasan yang cukup, sepanjang menyangkut para penakluk mereka. Hinaan angkuh bangsa kafir terhadap Allah Israel membuat Dia bertindak sesuai nama perjanjian-Nya "TUHAN, Yang Mahakudus, Allah Israel," dan menunjukkan melalui tergulingnya Babel, bahwa Dia tetap memegang kekuasaan tertinggi.

Penggenapan nubuat ini tentu juga menegaskan otoritas Firman Allah yang kudus.

Ayat 7-10 mengekspresikan sukacita dan penghiburan yang dibawa oleh berita Injil bagi umat Allah.

Bagi mereka, kaki para pembawa berita itu indah, sebab mereka membawa kabar baik mengenai perkara paling indah di alam semesta ini - yaitu kasih Allah yang menyelamatkan.

Dengan membawa berita baik kepada Yerusalem yang hancur, bahwa Allah telah membebaskan Israel dari Babel, para pembawa berita ini berfungsi sebagai lambang untuk para pemberita Injil pada zaman Perjanjian Baru (Rm. 10:15).

Berita damai, atau shãlôm, juga mencakup rekonsiliasi antara Allah dengan manusia, penyembuhan jiwa yang sakit karena dosa, dan kemakmuran secara rohani karena hidup harmonis dengan Allah.

8. TUHAN kembali ke Sion. Keterangan mengenai kembalinya kebaikan Allah dan juga kehadiran Syekina dalam Bait Suci yang Kedua, ketika Yerusalem dibangun dan dipulihkan kembali.

12. Tidak akan buru-buru. Mereka tidak seperti pengungsi yang harus melarikan diri secara terburu-buru, seperti para leluhur mereka dalam peristiwa Keluaran, sebab mereka akan menikmati perlindungan dan perlakuan baik dari kaisar Persia.

Tetapi, yang jauh lebih penting daripada jaminan manusia itu adalah pertahanan di barisan depan oleh Yang Mahakuasa yang juga akan menjadi penutup barisan mereka.

Raja Damai (49:1-57:21).

Sementara Bagian I secara khusus berbicara tentang Doktrin mengenai Allah, Bagian II membicarakan Doktrin Keselamatan.

Keselamatan hanya datang dari Allah, dan melalui pelayanan Sang Hamba TUHAN.

Keselamatan mencakup pembebasan dari hukuman dosa, dan suatu kehidupan baru yang penuh perlindungan, sukacita, dan damai sejahtera.

Lingkupnya mencakup seluruh dunia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel