Jeremiah 51: Hukuman TUHAN Atas Babel

Klik:

Jeremiah 51


Jer 51:1 Beginilah firman TUHAN: "Sesungguhnya, Aku menggerakkan terhadap Babel, terhadap penduduk negeri orang-orang Kasdim, suatu semangat pemusnah.

Jer 51:2 Aku akan mengirim ke Babel penampi-penampi yang akan menampinya dan yang akan menyapu bersih negerinya, sebab mereka mengepungnya dari segala pihak pada hari malapetaka.

Jer 51:3 Hendaklah si pemanah membidikkan panahnya kepada orang yang membidik dan kepada orang yang berbaju zirah! Janganlah merasa sayang akan teruna-terunanya, tumpaslah segala tentaranya!

Jer 51:4 Orang-orang yang terbunuh akan rebah di negeri orang-orang Kasdim dan orang-orang yang luka parah di jalan-jalannya--

Jer 51:5 sungguh, Israel dan Yehuda tidak ditinggalkan sebagai janda oleh Allahnya, oleh TUHAN semesta alam--sebab negeri orang Kasdim penuh dengan kesalahan terhadap Yang Mahakudus, Allah Israel.

Jer 51:6 Larilah dari tengah-tengah Babel, hendaklah setiap orang menyelamatkan nyawanya, supaya kamu jangan tertumpas karena kesalahannya! Sebab inilah waktu pembalasan bagi TUHAN; Ia membayar ganjaran kepadanya.

Jer 51:7 Babel tadinya seperti piala emas di tangan TUHAN yang memabukkan seluruh bumi. Bangsa-bangsa minum dari anggurnya, itulah sebabnya bangsa-bangsa menjadi gila.

Jer 51:8 Tiba-tiba Babel jatuh dan pecah, ratapilah dia! Ambillah balsam untuk lukanya, mungkin ia menjadi sembuh!

Jer 51:9 Kami tadinya mau menyembuhkan Babel, tetapi ia tidak dapat disembuhkan; tinggalkanlah dia, marilah kita pulang masing-masing ke negerinya! Sungguh, penghukumannya sudah sampai ke langit, sudah menjangkau awan-awan!

Jer 51:10 TUHAN telah membuat segala kebenaran kita menjadi nyata; marilah kita ceritakan di Sion perbuatan TUHAN, Allah kita!

Jer 51:11 Lancipkanlah anak-anak panah, siapkanlah perisai-perisai! TUHAN telah membangkitkan semangat raja-raja Media, sebab rencana-Nya terhadap Babel ialah untuk memusnahkannya: itulah pembalasan TUHAN, pembalasan karena bait suci-Nya!

Jer 51:12 Angkatlah panji-panji terhadap tembok-tembok Babel, perkuatlah penjagaan! Tempatkanlah orang-orang jaga, persiapkanlah penghadangan! Sebab TUHAN telah merencanakan dan melaksanakan juga apa yang diancamkan-Nya terhadap penduduk Babel.

Jer 51:13 Hai engkau yang tinggal di tepi sungai besar, yang mempunyai kekayaan besar, akhir hidupmu sudah datang, batas hidupmu sudah sampai!

Jer 51:14 TUHAN semesta alam telah bersumpah demi diri-Nya sendiri: Sungguhpun engkau penuh dengan manusia-manusia seperti belalang, tetapi orang akan mengangkat pekik pertempuran terhadapmu.

Jer 51:15 Tuhanlah yang menjadikan bumi dengan kekuatan-Nya, yang menegakkan dunia dengan kebijaksanaan-Nya, dan yang membentangkan langit dengan akal budi-Nya.

Jer 51:16 Apabila Ia memperdengarkan suara-Nya, menderulah bunyi air di langit, Ia menaikkan kabut awan dari ujung bumi, Ia membuat kilat serta dengan hujan, dan mengeluarkan angin dari perbendaharaan-Nya.

Jer 51:17 Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas akan menjadi malu karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, tidak ada nyawa di dalamnya,

Jer 51:18 semuanya adalah kesia-siaan, pekerjaan yang menjadi buah ejekan, dan yang akan binasa pada waktu dihukum.

Jer 51:19 Tidaklah begitu Dia yang menjadi bagian Yakub, sebab Dialah yang membentuk segala-galanya, dan Israel adalah suku milik-Nya; nama-Nya ialah TUHAN semesta alam!

Jer 51:20 Engkau tadinya adalah palu godam bagi-Ku, senjata perang: Dengan engkau Aku menghancurkan bangsa-bangsa, dengan engkau Aku memusnahkan kerajaan-kerajaan,

Jer 51:21 dengan engkau Aku menghancurkan kuda dan pengendaranya, dengan engkau Aku menghancurkan kereta dan penunggangnya,

Jer 51:22 dengan engkau Aku menghancurkan orang laki-laki dan perempuan, dengan engkau Aku menghancurkan orang tua dan muda, dengan engkau Aku menghancurkan teruna dan dara,

Jer 51:23 dengan engkau Aku menghancurkan gembala dan kawanan dombanya, dengan engkau Aku menghancurkan petani dan lembu pembajaknya, dengan engkau Aku menghancurkan bupati-bupati dan pembesar-pembesar!

Jer 51:24 Namun Aku akan membalaskan kepada Babel dan kepada segenap penduduk negeri orang Kasdim segala kejahatan yang telah mereka lakukan terhadap Sion, di depan matamu sendiri, demikianlah firman TUHAN.

Jer 51:25 Sesungguhnya, Aku menjadi lawanmu, hai gunung pemusnah, demikianlah firman TUHAN, yang memusnahkan seluruh bumi! Aku akan mengacungkan tangan-Ku kepadamu, menggulingkan engkau dari bukit batu, dan membuat engkau menjadi gunung api yang telah padam.

Jer 51:26 Orang tidak akan mengambil batu penjuru atau batu dasar dari padamu, tetapi engkau akan menjadi tempat tandus yang kekal, demikianlah firman TUHAN.

Jer 51:27 Angkatlah panji-panji di bumi, tiuplah sangkakala di antara bangsa-bangsa, persiapkanlah bangsa-bangsa berperang melawan Babel, kerahkanlah kerajaan-kerajaan melawannya--Ararat, Mini dan Askenas--angkatlah seorang panglima melawannya, tampilkanlah kuda seperti kawanan belalang!

Jer 51:28 Persiapkanlah bangsa-bangsa berperang melawannya, raja-raja Media beserta bupati-bupati dan pembesar-pembesarnya, dan setiap negeri yang di bawah kuasanya!

Jer 51:29 Bumi berguncang dan bergetar, sebab rancangan TUHAN terhadap Babel sedang terlaksana, yakni untuk membuat negeri Babel menjadi tempat tandus yang tidak berpenduduk.

Jer 51:30 Pahlawan-pahlawan Babel telah berhenti berperang, mereka tinggal duduk di kubu-kubu pertahanan, kegagahberanian mereka sudah lenyap, mereka sudah menjadi seperti perempuan. Tempat-tempat tinggalnya sudah terbakar, palang-palang pintunya sudah patah!

Jer 51:31 Pesuruh-pesuruh cepat berlari susul-menyusul, pembawa-pembawa kabar susul-menyusul, untuk mengabarkan kepada raja Babel, bahwa kotanya telah direbut dari segala penjuru,

Jer 51:32 tempat-tempat penyeberangan telah diduduki, benteng-benteng pertahanan telah dihanguskan dengan api, prajurit-prajurit telah menjadi gempar.

Jer 51:33 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Puteri Babel adalah seperti tempat pengirikan pada waktu orang menginjak-injaknya! Sedikit waktu lagi akan datang waktu panen baginya.

Jer 51:34 Aku dimakan habis, dihamburkan oleh Nebukadnezar, raja Babel, diletakkan seperti mangkuk yang kosong. Ia menelan aku seperti ular naga, ia memenuhi perutnya dengan pengananku yang enak-enak, ia membuangkan aku.

Jer 51:35 Biarlah penggagahan dan penghancuran atasku tertimpa kepada Babel, begitulah hendaknya berkata penduduk Sion, biarlah darahku tertimpa kepada penduduk negeri orang Kasdim, begitulah hendaknya berkata Yerusalem.

Jer 51:36 Sebab itu beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku akan memperjuangkan perkaramu, dan akan melakukan pembalasan untukmu: Aku akan mengeringkan lautnya dan akan menggersangkan sumber airnya;

Jer 51:37 Babel akan menjadi timbunan puing, tempat persembunyian serigala-serigala tempat kengerian dan suitan, tanpa penduduk.

Jer 51:38 Bersama-sama mereka mengaum seperti singa-singa muda, menggeram seperti anak-anak singa;

Jer 51:39 jika mereka merasa panas, Aku akan menyediakan perjamuan bagi mereka, akan membuat mereka mabuk, supaya mereka menjadi pusing dan jatuh tertidur untuk selama-lamanya, tidak akan bangun-bangun lagi, demikianlah firman TUHAN.

Jer 51:40 Aku akan merebahkan mereka untuk dibantai seperti anak-anak kambing, seperti domba-domba jantan dan kambing-kambing jantan.

Jer 51:41 Betapa Sesakh direbut, dan negeri pujian seluruh bumi diduduki! Betapa Babel menjadi kengerian di antara bangsa-bangsa!

Jer 51:42 Laut telah naik meliputi Babel, gelombang-gelombangnya yang menderu telah melingkupinya.

Jer 51:43 Kota-kotanya sudah menjadi tempat tandus, menjadi negeri yang kering dan padang belantara, negeri yang tidak didiami oleh seorangpun dan yang tidak dilewati oleh seorang manusiapun.

Jer 51:44 Aku akan menghukum dewa Bel di Babel, dan akan mengeluarkan dari mulutnya apa yang ditelannya. Bangsa-bangsa tidak akan datang lagi mengalir kepadanya, tembok Babelpun sudah runtuh.

Jer 51:45 Keluarlah dari tengah-tengahnya, hai umat-Ku! Hendaklah setiap orang menyelamatkan nyawanya dari murka TUHAN yang menyala-nyala itu!

Jer 51:46 Biarlah hatimu jangan kecut dan takut karena kabar yang terdengar di negeri: apabila tahun ini datang kabar ini, dan tahun kemudian kabar itu, apabila kekerasan merajalela di negeri dan penguasa lalim melawan penguasa lalim.

Jer 51:47 Sebab itu sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa Aku akan menghukum patung-patung Babel; seluruh negerinya akan menjadi malu dan semua orangnya yang terbunuh akan rebah di tengah-tengahnya.

Jer 51:48 Maka langit dan bumi serta segala apa yang ada di dalamnya akan bersorak-sorai tentang Babel, apabila dari utara datang kepadanya para perusak itu, demikianlah firman TUHAN.

Jer 51:49 Babel akan jatuh oleh karena orang-orang yang mati terbunuh di antara Israel sama seperti jatuhnya orang-orang yang mati terbunuh di seluruh bumi oleh karena Babel.

Jer 51:50 Kamu, orang-orang yang terluput dari pedang, pergilah, janganlah berhenti! Ingatlah dari jauh kepada TUHAN dan biarlah Yerusalem timbul lagi dalam hatimu:

Jer 51:51 Kami malu, sebab kami telah mendengar tentang aib, noda meliputi muka kami, sebab orang-orang asing telah memasuki tempat-tempat kudus di rumah TUHAN.

Jer 51:52 Sebab itu sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menghukum patung-patungnya, dan di seluruh negerinya akan mengerang orang-orang yang luka tertikam.

Jer 51:53 Sekalipun Babel naik ke langit dan sekalipun dibuatnya kubu tak terhampiri di tempat tingginya, atas perintah-Ku akan datang para perusak kepadanya, demikianlah firman TUHAN.

Jer 51:54 Dengar! Ratap dari Babel dan kehancuran besar dari negeri orang Kasdim!

Jer 51:55 Sebab TUHAN merusakkan Babel dan menghentikan suaranya yang besar. Biarpun gelombang-gelombangnya menderu seperti air besar dan suaranya bertambah ribut,

Jer 51:56 namun atas Babel akan datang perusak, para pahlawannya akan tertangkap dan busur-busurnya akan hancur, sebab TUHAN adalah Allah pembalas, tentulah Ia akan mengadakan pembalasan!

Jer 51:57 Aku akan membuat mabuk para pemukanya, orang-orang bijaksananya, para bupatinya, para pembesarnya dan para pahlawannya, sehingga mereka jatuh tertidur untuk selama-lamanya, tidak akan bangun-bangun lagi, demikianlah firman Sang Raja yang TUHAN semesta alam nama-Nya.

Jer 51:58 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Tembok-tembok tebal Babel akan disamaratakan, dan pintu-pintu gerbangnya yang tinggi akan dibakar dengan api, sehingga bangsa-bangsa bersusah-susah untuk yang sia-sia dan suku-suku bangsa berlelah untuk api saja."

Jer 51:59 Pesan yang diberikan nabi Yeremia kepada Seraya bin Neria bin Mahseya, ketika Seraya pergi bersama-sama Zedekia, raja Yehuda, ke Babel pada tahun yang keempat dari pemerintahannya--Seraya waktu itu adalah kepala perlengkapan.

Jer 51:60 Yeremia telah menuliskan dalam sebuah kitab segenap malapetaka yang akan menimpa Babel, yakni segala perkataan yang tertulis di sini mengenai Babel. --

Jer 51:61 Kata Yeremia kepada Seraya: "Jika engkau tiba di Babel, maka ikhtiarkanlah, supaya engkau dapat membacakan segala perkataan ini,

Jer 51:62 dan katakanlah: TUHAN, Engkau telah berfirman tentang kota ini bahwa Engkau akan melenyapkannya, sehingga tidak ada lagi yang diam di dalamnya, baik manusia maupun hewan, dan sehingga kota ini akan menjadi tempat tandus untuk selama-lamanya!

Jer 51:63 Apabila engkau selesai membacakan kitab ini, maka ikatkanlah sebuah batu kepadanya, lalu lemparkanlah ia ke tengah-tengah sungai Efrat

Jer 51:64 sambil berkata: Beginilah Babel akan tenggelam, dan tidak akan timbul-timbul lagi, oleh karena malapetaka yang Kudatangkan atasnya." Sampai di sinilah perkataan-perkataan Yeremia.


Tafsiran Wycliffe


51:1, 2. Hukuman Allah atas Babel diumpamakan sebagai penampi-penampi, dan angin yang menampi butir-butir di tempat pengirikan (bdg. 51:33; Mzm. 1:4).

Terhadap penduduk negeri orang-orang Kasdim (ay. 1). Pemakaian kata Ibrani leb gamay, yaitu sandi untuk "Kasdim" sama seperti sandi dalam 25:26.

Suatu semangat pemusnah. Satu gambaran yang cocok untuk Koresy.

Penampi-penampi yang akan menampi. AV. Fanners ... fan (ay. 2).

3. Baju zirah. Lihat tafsiran atas 46:4.

6. Kesalahan. Hukuman.

10. Kebenaran kita, yakni pembuktian kebenaran atau kemenangan kita (bdg. tafsiran atas 23:6).

11. Lancipkanlah anak-anak panah. Itu untuk menajamkan.

Media adalah bangsa kuno yang diam di selatan Laut Kaspia dan di sebelah timur Mesopotamia bagian utara.

Mereka bergabung dengan bangsa Babel menghancurkan Niniwe.

Bersama-sama dengan bangsa Persia, bangsa Media (dua-duanya bangsa Arya) menjatuhkan bangsa Babel (bdg. Yes. 13:17-19; 21:2, 9; Dan. 5:28, 31; 8:20).

13. Sungai besar. Sebutan untuk Sungai Efrat dan kanal-kanalnya yang banyak (bdg. tafsiran atas 50:16).

14. Belalang (bdg. Yl. 1:1-2:27).

15-19. Ayat-ayat ini adalah pengulangan dari 10:12-16. Lihat keterangan-keterangan di sana.

20-23. Ayat-ayat ini mungkin ditujukan untuk Koresy (bdg. Yes. 41:2-4).

25. Gunung pemusnah. Babel terletak di tanah datar.

Gunung di sini merupakan kiasan untuk sebuah kerajaan yang kuat (bdg. Dan. 2:35, 44).

27. Ararat, Mini dan Askenas adalah bangsa-bangsa di sebelah utara Babel; pada abad keenam SM bangsa Media menaklukkan mereka.

Di sini, tiga bangsa itu diminta membantu bangsa Media (ay. 28) untuk bertempur melawan Babel.

Ararat. Negeri ini kira-kira sama dengan Arminia, di utara Danau Van.

Mini adalah bangsa di dekat kerajaan Ararat, sebelah timur Danau Van.

Askenas dikatakan sebagai keturunan Gomer (Kej. 10:3). Ada yang menyamakan Askenas dengan Skit.

Belalang. Lihat tafsiran atas ayat 14.

28. Media. Lihat tafsiran atas ayat 11.

31. Dari segala penjuru. AV. At one end.

32. Tempat-tempat penyeberangan. Arungan.

34. Ular naga. Monster atau makhluk menakutkan.

36. Mengeringkan. Bandingkan tafsiran atas 50:16.

37. Serigala-serigala. VA. Dragons.

39. Jika mereka merasa panas. Ayat ini dengan singkat menggambarkan jatuhnya Babel seperti tercatat dalam Daniel 5.

41. Sesakh. Lihat tafsiran atas 25:26.

42. Laut ... gelombang-gelombang. Ini adalah bahasa kiasan untuk menggambarkan bala tentara musuh yang sangat besar jumlahnya (bdg. tafsiran atas ay. 25).

44. Dewa Bel. Lihat tafsiran atas 50:2.

Apa yang ditelannya, yaitu bangsa yang dideportasi dari negeri asalnya ke Babel akan kembali.

45. Hendaklah setiap orang menyelamatkan nyawanya. Lihat tafsiran atas 51:6.

46. Biarlah hatimu jangan kecut. Kejatuhan Babel akan didahului dengan masa penuh kecemasan. Umat Allah harus bersabar menanti hasilnya.

48. Dari utara. Lihat tafsiran atas 50:3.

55. Gelombang-gelombang. Lihat tafsiran atas 51:42.

59-64. Sebuah tambahan untuk nubuat melawan Babel.

Seraya diminta untuk melakukan tindakan simbolis mewakili sang nabi (bdg. tafsiran atas 13:1-11).

Seraya bin Neria (ay. 59). Seraya yang diceritakan di sini harus dibedakan dengan orang bernama Seraya yang membantu menangkap Yeremia (36:26), juga dengan seorang imam besar yang namanya sama (52:24-27), dan juga dari Seraya yang diceritakan dalam 40:8.

Seraya dalam perikop kita ini adalah saudara laki-laki Barukh, juru tulis Yeremia (32:12).

Pada tahun yang keempat dari pemerintahannya. Perjalanan ke Babel ini tidak dicatat di bagian-bagian yang lain.

Diduga, bahwa kepergian Zedekia ke Babel saat itu ialah untuk membersihkan diri terhadap kecurigaan keterlibatannya dalam pemberontakan.

Bukan tidak lazim, bahwa seorang penguasa boneka dari negara-negara satelit, sekali waktu berkunjung ke ibu kota kerajaan tersebut.

Kepala perlengkapan. Barangkali dia adalah kepala bagian perlengkapan dalam angkatan perang.

III. Nubuat-nubuat Yeremia Tentang Bangsa-bangsa Lain (46:1-51:64).

Nabi Ibrani ini secara khas menyampaikan firman bagi bangsa-bangsa di sekitar bangsa Ibrani seperti juga bagi Bangsa Pilihan itu.

Yeremia telah ditetapkan sebagai "nabi bagi bangsa-bangsa" (1:5) dan diangkat "atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan" (1:10).

Pada bagian terakhir kitab ini, dikumpulkan nubuat-nubuat berisi dakwaan kepada bangsa-bangsa lain, yang diberikan pada berbagai zaman.

Alkitab berbahasa Yunani menempatkan nubuat-nubuat ini langsung setelah 25:13.

Nubuat Melawan Babel (50:1-51:64).

Nubuat yang panjang ini memiliki dua tema - kejatuhan Babel dan kembalinya bangsa Yahudi dari pembuangan di Babel.

Menganggap, bahwa bukan Yeremia yang menulis nubuat ini karena kerasnya kata-kata terhadap Babel berarti salah memahami sang nabi.

Yeremia bukanlah "pro-Babel".

Sebagai juru bicara Allah, dia memang mendesak bangsa Yahudi untuk tunduk kepada Nebukadnezar, hamba Allah yang dipakai untuk menghukum itu (27:6).

Di sini, dia bernubuat, bahwa bangsa Babel yang kafir itu sendiri akan dihukum karena kesombongannya dan nafsunya untuk menjarah.

Pada tahun 538 SM, Babel jatuh ke tangan bala tentara Koresy dari Persia tanpa pertempuran.

Koresy mengubah kebijaksanaan deportasi Asyur-Babel, dengan mengeluarkan ketetapan yang mengizinkan bangsa-bangsa yang ditawan untuk pulang ke negeri asal mereka.

Bangsa Yahudi diizinkan mengakhiri masa pembuangan mereka, dan membangun kembali Yerusalem.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel