Pengkhotbah 4:7-16: Kesia-siaan Dalam Hidup

Klik:

Ecclesiastes 4:7-16


Ecc 4:7 Aku melihat lagi kesia-siaan di bawah matahari:

Ecc 4:8 ada seorang sendirian, ia tidak mempunyai anak laki-laki atau saudara laki-laki, dan tidak henti-hentinya ia berlelah-lelah, matanyapun tidak puas dengan kekayaan; --untuk siapa aku berlelah-lelah dan menolak kesenangan? --Inipun kesia-siaan dan hal yang menyusahkan.

Ecc 4:9 Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.

Ecc 4:10 Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!

Ecc 4:11 Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas?

Ecc 4:12 Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

Ecc 4:13 Lebih baik seorang muda miskin tetapi berhikmat dari pada seorang raja tua tetapi bodoh, yang tak mau diberi peringatan lagi.

Ecc 4:14 Karena dari penjara orang muda itu keluar untuk menjadi raja, biarpun ia dilahirkan miskin semasa pemerintahan orang yang tua itu.

Ecc 4:15 Aku melihat semua orang yang hidup di bawah matahari berjalan bersama-sama dengan orang muda tadi, yang akan menjadi pengganti raja itu.

Ecc 4:16 Tiada habis-habisnya rakyat yang dipimpinnya, namun orang yang datang kemudian tidak menyukai dia. Oleh sebab itu, inipun kesia-siaan dan usaha menjaring angin.


Tafsiran Wycliffe


III.E. MELALUI PENUMPUKAN KEKAYAAN SECARA KIKIR (4:7-12).

Kekayaan sering membuat orang kikir, sehingga dia menarik diri dari teman-teman yang lain.

Ini kemudian memisahkan dia dari salah satu di antara sedikit sukacita yang dapat diberikan oleh kehidupan ini.

8. Ia tidak mempunyai anak laki-laki atau saudara laki-laki (AV, There is not a second). Ini dijelaskan oleh kalimat selanjutnya, yaitu bahwa orang tersebut tidak mempunyai mitra, atau penolong.

Karena perikop ini mengenai ketamakan atau kekikiran, maka pengertian yang tersirat adalah, bahwa ini merupakan seorang kikir yang bekerja keras sendirian, sehingga dia tidak harus membagikan keuntungannya kepada siapa pun.

Sang penulis kemudian menyebutkan keuntungan-keuntungan mempunyai hubungan dengan orang lain - ada penolong dalam kesukaran, ada kehangatan, perlindungan dan rasa aman (bdg. 4:9-12).

12. Tali tiga lembar. Mungkin yang dimaksud adalah keuntungan mempunyai teman, dan bahwa jika persekutuan dua orang adalah baik, maka persekutuan tiga orang tentu lebih baik.

Sebuah tali dengan tiga lembar, di dalamnya akan lebih kuat daripada yang dengan dua lembar.

III.F. MELALUI SIFAT SEMENTARA DARI POPULARITAS (4:13-16).

Orang-orang yang mengejar popularitas sebagai tujuan utama akan mengetahui, bahwa hal itu tidak akan memberikan kepuasan sejati, sebab itu berarti bergantung pada sifat tidak tetap dari orang-orang, dan dengan demikian tidak kokoh.

13. Lebih baik seorang muda miskin. Sebuah contoh hipotetis tentang apa yang sering kali terjadi, waktu seorang miskin naik menjadi raja.

Raja yang tak mau diberi peringatan lagi, artinya menerima nasihat, ketika dia masih seorang muda miskin.

Waktu itu, dia setidak-tidaknya terbuka untuk belajar sesuatu.

Kini, usia tua dan pengalaman bertahun-tahun di hadapan umum telah membutakan dia (sang pengarang menyatakan ini secara tidak langsung) akan ketidakmampuannya serta kebutuhannya akan nasihat yang bijaksana.

14. Karena dari penjara orang muda itu keluar untuk menjadi raja. Umur dan pengalaman sering tidak mengajarkan apa-apa kepada seseorang.

Raja itu sendiri yang dahulu adalah orang miskin, yang keluar dari penjara, lalu menjadi raja, yang menyebabkan raja lain jatuh, tidak memetik pelajaran utama dari perjuangannya, bahwa dukungan rakyat bersifat tidak pasti dan tidak dapat diramalkan.

Terjemahan AV, he that is born in his kingdom becometh poor menunjukkan, bahwa karena raja tersebut tidak dapat mengambil pelajaran mengenai popularitas, suatu hari dia bisa menjadi seorang miskin di dalam kerajaannya sendiri.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel