Yehezkiel 38-39: Firman TUHAN Tentang Gog Di Tanah Magog

Klik:

Ezekiel / Yehezkiel 38-39


Eze 38:1 Datanglah firman TUHAN kepadaku:

Eze 38:2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Gog di tanah Magog, yaitu raja agung negeri Mesekh dan Tubal dan bernubuatlah melawan dia

Eze 38:3 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal.

Eze 38:4 Aku akan menarik engkau dengan mengenakan kelikir pada rahangmu dan membawa engkau ke luar beserta seluruh tentaramu, yaitu pasukan berkuda, semuanya berpakaian lengkap, suatu kumpulan orang banyak dengan perisai besar dan kecil dan semuanya berpedang di tangannya.

Eze 38:5 Orang Persia, Etiopia, dan Put menyertai mereka dan semuanya dengan perisai dan ketopong;

Eze 38:6 orang Gomer dengan seluruh bala tentaranya, Bet-Togarma dari utara sekali dengan seluruh bala tentaranya, banyak bangsa menyertai engkau.

Eze 38:7 Bersedialah dan bersiaplah engkau dengan semua kumpulan orang yang menggabungkan diri dengan engkau dan jadilah pelindung bagi mereka.

Eze 38:8 Sesudah waktu yang lama sekali engkau akan mendapat perintah; pada hari yang terkemudian engkau akan datang di sebuah negeri yang dibangun kembali sesudah musnah karena perang, dan engkau menuju suatu bangsa yang dikumpul dari tengah-tengah banyak bangsa di atas gunung-gunung Israel yang telah lama menjadi reruntuhan. Bangsa ini telah dibawa ke luar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semuanya diam dengan aman tenteram.

Eze 38:9 Engkau muncul seperti angin badai dan datang seperti awan yang menutupi seluruh bumi, engkau beserta seluruh bala tentaramu dan banyak bangsa menyertai engkau.

Eze 38:10 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Pada hari itu timbullah niat dalam hatimu dan engkau membuat rancangan jahat.

Eze 38:11 Engkau berkata: Aku akan bangkit bergerak menyerang tanah yang kota-kotanya tanpa tembok dan akan mendatangi orang-orang yang hidup tenang-tenang dan diam dengan aman tenteram; mereka semuanya diam tanpa tembok atau palang atau pintu gerbang.

Eze 38:12 Engkau bermaksud untuk merampas dan menjarah dan mengacungkan tanganmu terhadap reruntuhan-reruntuhan yang sudah didiami kembali dan menyerang umat-Ku yang dikumpulkan dari tengah bangsa-bangsa. Mereka sudah mempunyai ternak dan harta benda dan mereka diam di pusat bumi.

Eze 38:13 Negeri Syeba dan Dedan beserta pembeli-pembeli barangnya, negeri Tarsis beserta pedagang-pedagangnya akan berkata kepadamu: Apakah engkau datang untuk merampas dan mengumpulkan sekutumu untuk menjarah, untuk mengangkut perak dan emas, untuk melarikan ternak dan harta benda dan untuk melakukan perampasan yang hebat sekali?

Eze 38:14 Sebab itu, bernubuatlah, hai anak manusia dan katakanlah kepada Gog: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Ketika umat-Ku Israel sedang diam dengan aman tenteram, pada waktu itulah engkau akan bergerak

Eze 38:15 dan datang dari tempatmu dari utara sekali, engkau dengan banyak bangsa yang menyertai engkau, mereka semuanya mengendarai kuda, suatu kumpulan yang besar dan suatu pasukan yang kuat.

Eze 38:16 Engkau bangkit melawan umat-Ku Israel seperti awan yang menutupi seluruh bumi. Pada hari yang terkemudian akan terjadi hal itu dan Aku akan membawa engkau untuk melawan tanah-Ku, supaya bangsa-bangsa mengenal Aku, pada saat Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan mereka, hai Gog.

Eze 38:17 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Engkaulah itu tentang siapa Aku sudah berfirman pada hari-hari dahulu kala dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, yaitu nabi-nabi Israel, yang bertahun-tahun bernubuat pada waktu itu, bahwa Aku akan membawa engkau melawan umat-Ku.

Eze 38:18 Pada waktu itu, pada saat Gog datang melawan tanah Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH, amarah-Ku akan timbul. Dalam murka-Ku,

Eze 38:19 dalam cemburu-Ku dan dalam api kemurkaan-Ku Aku akan berfirman: Pada hari itu pasti terjadi gempa bumi yang dahsyat di tanah Israel.

Eze 38:20 Ikan-ikan di laut, burung-burung di udara, binatang-binatang hutan, segala binatang melata yang merayap di bumi dan semua manusia yang ada di atas bumi akan gentar melihat wajah-Ku. Gunung-gunung akan runtuh, lereng-lereng gunung akan longsor dan tiap tembok akan roboh ke tanah.

Eze 38:21 Dan Aku akan memanggil segala macam kekejutan terhadap Gog, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sehingga pedang seorang akan memakan yang lain.

Eze 38:22 Aku akan menghukum dia dengan sampar dan tumpahan darah; Aku akan menurunkan hujan lebat, rambun, api dan hujan belerang ke atasnya dan ke atas tentaranya dan ke atas banyak bangsa yang menyertai dia.

Eze 38:23 Aku akan menunjukkan kebesaran-Ku dan kekudusan-Ku dan menyatakan diri-Ku di hadapan bangsa-bangsa yang banyak, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.

Eze 39:1 Dan engkau, anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal

Eze 39:2 dan Aku akan menarik dan menuntun engkau dan Aku akan mendatangkan engkau dari utara sekali dan membawa engkau ke gunung-gunung Israel.

Eze 39:3 Aku akan memukul tangan kirimu sehingga busurmu jatuh dan membuat panah-panahmu berjatuhan dari tangan kananmu.

Eze 39:4 Di atas gunung-gunung Israel engkau akan rebah dengan seluruh bala tentaramu beserta bangsa-bangsa yang menyertai engkau; dan engkau akan Kuberikan kepada burung-burung buas dari segala jenis dan kepada binatang-binatang buas menjadi makanannya.

Eze 39:5 Engkau akan rebah di padang, sebab Aku yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 39:6 Aku mendatangkan api ke atas Magog dan ke atas orang-orang yang diam di daerah pesisir dengan aman tenteram, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.

Eze 39:7 Dan Aku akan menyatakan nama-Ku yang kudus di tengah-tengah umat-Ku Israel dan Aku tidak lagi membiarkan nama-Ku yang kudus dinajiskan, sehingga bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Yang Mahakudus di Israel.

Eze 39:8 Sungguh, pasti datang dan terjadi, yaitu hari yang sudah Kufirmankan.

Eze 39:9 Dan yang diam di kota-kota Israel akan keluar dan menyalakan api serta membakar semua perlengkapan senjata Gog, yaitu perisai kecil dan besar, busur dan panah, tongkat pemukul dan tombak, dan mereka membakarnya selama tujuh tahun.

Eze 39:10 Mereka tidak akan mengambil kayu dari hutan belukar atau membelah kayu api di hutan-hutan, sebab mereka akan menyalakan api itu dengan perlengkapan senjata itu. Mereka akan merampas orang-orang yang merampas mereka dan menjarah orang-orang yang menjarah mereka, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 39:11 Maka pada hari itu Aku akan memberikan kepada Gog suatu tempat, di mana ia akan dikubur di Israel, yaitu Lembah Penyeberangan di sebelah timur dari laut dan kuburan itu akan menghalangi orang-orang yang menyeberang. Di sana Gog akan dikubur dengan semua khalayak ramai yang mengikutinya dan tempat itu akan disebut Lembah Khalayak Ramai Gog.

Eze 39:12 Kaum Israel akan mengubur mereka selama tujuh bulan dengan maksud mentahirkan tanah itu.

Eze 39:13 Dan seluruh penduduk negeri turut menguburnya dan hal itu menjadikan mereka kenamaan pada hari Aku menyatakan kemuliaan-Ku, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 39:14 Beberapa orang dikhususkan untuk terus-menerus menjelajahi seluruh tanah itu untuk mengubur orang-orang yang masih bergelimpangan di atas tanah dengan maksud mentahirkannya. Sesudah lewat yang tujuh bulan itu mereka akan memeriksa tanah itu.

Eze 39:15 Kalau mereka menjelajahinya dan seorang menjumpai sepotong tulang manusia, maka ia harus meletakkan batu di sampingnya sebagai tanda sampai tukang-tukang kubur menguburkannya di Lembah khalayak Ramai Gog.

Eze 39:16 --Dan ada juga nama kota Hamona--.Dengan demikian mereka mentahirkan tanah itu.

Eze 39:17 Dan engkau, anak manusia, beginilah firman Tuhan ALLAH: Katakanlah kepada segala jenis burung-burung dan segala binatang buas: Berkumpullah kamu dan datanglah, berhimpunlah kamu dari segala penjuru pada perjamuan korban yang Kuadakan bagimu, yaitu suatu perjamuan korban yang besar di atas gunung-gunung Israel; kamu akan makan daging dan minum darah.

Eze 39:18 Daging para pahlawan akan kamu makan dan darah para pemimpin dunia akan kamu minum, mereka semuanya ibarat domba jantan, anak domba, kambing jantan dan lembu jantan, ternak gemukan dari Basan.

Eze 39:19 Kamu akan makan lemak sampai kamu kenyang dan minum darah sampai kamu menjadi mabuk pada perjamuan korban yang Kuadakan bagimu.

Eze 39:20 Kamu akan menjadi kenyang pada perjamuan-Ku dengan makanan: kuda dan penunggangnya, pahlawan dan semua orang perang, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 39:21 Aku akan membuat kuasa kemuliaan-Ku berlaku atas bangsa-bangsa dan mereka semua melihat hukuman yang akan Kujatuhkan dan melihat tangan-Ku yang akan memukul mereka.

Eze 39:22 Dan kaum Israel akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka, mulai hari itu dan seterusnya.

Eze 39:23 Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa karena kesalahannya kaum Israel harus pergi ke dalam pembuangan, dan sebab mereka berobah setia terhadap Aku, Aku menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka. Dan Aku menyerahkan mereka ke dalam tangan lawan-lawannya dan mereka semuanya mati rebah oleh pedang.

Eze 39:24 Selaras dengan kenajisan dan durhaka mereka Kuperlakukan mereka dan Kusembunyikan wajah-Ku terhadap mereka.

Eze 39:25 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Sekarang, Aku akan memulihkan keadaan Yakub dan akan menyayangi seluruh kaum Israel dan cemburu-Ku timbul untuk mempertahankan nama-Ku yang kudus.

Eze 39:26 Mereka akan melupakan noda mereka dan segala ketidaksetiaan mereka, yang dilakukannya terhadap Aku, kalau mereka sudah diam kembali di tanah mereka dengan aman tenteram dengan tidak dikejutkan oleh apapun,

Eze 39:27 dan kalau Aku sudah membawa mereka kembali dari tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan mereka dari tanah musuh-musuh mereka dan pada saat Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepada mereka di hadapan bangsa-bangsa yang banyak.

Eze 39:28 Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka, yang membawa mereka ke dalam pembuangan di tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan mereka kembali di tanahnya dan Aku tidak membiarkan seorangpun dari padanya tinggal di sana.

Eze 39:29 Aku tidak lagi menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, kalau Aku mencurahkan Roh-Ku ke atas kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."


Tafsiran Wycliffe


Tuhan Akan Melindungi Israel Dari Serangan Gog dan Sekutunya (38:1-39:29).

Pasal-pasal ini menggambarkan dengan cara apokaliptis pembebasan Allah atas umat-Nya dari serangan besar oleh musuh yang menakutkan.

Israel telah dipulihkan ke tanahnya (34:12, 13, 15, 23, 27) dan diubahkan (36:24-28).

Kediaman Allah ada di tengah-tengahnya (37:21-28), dan Israel hidup dalam kemakmuran dan keamanan (38:8, 11, 12, 14).

Musuh-musuh di sekelilingnya tidak lagi menyusahkannya (25-32; 36:36).

Kemudian pada masa depan yang jauh (38:8, 16), sebuah serangan yang sebelumnya sudah dinubuatkan (38:17; 39:8) dilakukan oleh bangsa-bangsa yang tinggal di daerah pinggir dunia (bdg. Yes. 66:19).

Mereka datang bagaikan awan (38:9, 16), yaitu Gog dari tanah Magog, dan sekutunya, Rosh, Mesekh, dan Tubal (38:2, 3), dari bagian yang paling jauh (38:15; 39:2), bersama dengan Persia, Etiopia, dan Put (38:5), dan Gomer serta Bet-Togarma, bersama bala tentara dari utara (38:6).

Bangsa-bangsa pedagang, Syeba, Dedan, Tarsis dan pedagang-pedagangnya (38:13), juga tertarik dengan penyerbuan ini.

Gog datang atas petunjuk Tuhan (38:4-7, 16;. 39:2, 3), juga atas inisiatifnya sendiri yang didorong oleh keserakahannya (38:10-14).

Dari antara para nabi, hanya Yehezkiel yang menempatkan "hari itu" (38: 10, 14, 18, 19; 39: 11) setelah Israel menikmati pemulihan dan kemakmuran untuk waktu yang lama di tanahnya. Lihat juga Wahyu 19:11; 20:7.

Israel dipelihara secara ajaib, sebaliknya bala tentara Gog dihancurkan oleh gempa bumi, perkelahian sesama kawan, penyakit, hujan lebat, api, dan belerang (38:19-22), juga kegagalan dalam pertempuran (39:3, 4).

Persenjataan mereka yang dibuang, akan menjadi bahan bakar bagi Israel selama tujuh tahun (39:9, 10).

Diperlukan waktu tujuh bulan untuk mengubur mayat-mayat mereka (39:11-15), dan juga tubuh dan darah mereka akan menjadi santapan bagi burung dan binatang buas (39:17-20).

Hasil pertempuran ini adalah bangsa-bangsa akan tahu, bahwa Allah adalah Tuhan (38:16, 23; 39:6, 7, 21, 23; bdg. Yes. 45:23), sementara Israel tidak akan pernah lagi perlu meragukan perlindungan Allahnya (39:22; bdg. 39:25-29).

Ada tiga pandangan yang berbeda mengenai pasal-pasal ini.

(Pandangan I) Pasal-pasal ini menyajikan gambaran harfiah tentang sebuah serangan masa depan atas Israel.

Dari Yerome sampai zaman kita, Gog telah disebut secara beragam sebagai bangsa Babel, bangsa Skitia, raja Persia Cambyses, Aleksander Agung, Antiokus Agung, Antiokus Epifanes, Antiokus Eupator, bangsa Partia, raja Pontus Mithridates, orang-orang Turki Suleiman, orang-orang Turki dan Kristen, keturunan Armenia dari bangsa Skitia, dan sebuah persekutuan kekuatan Eropa utara termasuk Rusia (Rosh, Mesekh dan Tubal sebagai Moskow dan Tobolsk) dan Jerman (Gomer).

Keberatan-keberatan berikut diajukan terhadap penafsiran harfiahnya (bdg. Fairbairn, 414-431, khususnya hlm. 421; Keil, II, 432; Faussett, JFB, IV, 348):

(a) Mustahilnya menghubungkan Gog dan Magog dengan pribadi atau tempat historis.

(b) Mustahilnya kumpulan tentara semacam itu membentuk sekutu militer.

(c) Ukuran yang tidak seimbang antara tentara yang menyerang dibandingkan dengan Israel dan hasil-hasil produksinya.

(d) Masalah-masalah yang ada dalam penguburan mayat-mayat selama tujuh bulan dan pemakaian senjata yang dibuang sebagai bahan bakar selama tujuh tahun.

(e) Keadaan keduniawian yang hebat dalam gambaran itu tidaklah sesuai dengan zaman Mesianis.

(Pandangan II) Pasal-pasal ini adalah gambaran simbolis dari beberapa peristiwa masa depan.

Beberapa ahli mengambil pandangan Hengstenberg, bahwa bagian ini menggambarkan konflik terakhir dari bangsa Israel dengan musuh-musuh yang tidak dikenali.

Penafsiran yang lebih tradisional dari Havernick dan Keil memandangnya sebagai perjuangan tragis yang terakhir antara Gereja dan kuasa-kuasa dunia, serta kemenangan dari kebenaran Allah atas semua bentuk ketidaksalehan.

Pandangan ini memungkinkan cerita itu menjadi sumber penghiburan bagi Israel dan Gereja, tetapi membatasinya untuk penggenapan yang sangat jauh.

(Pandangan III) Pasal-pasal ini merupakan sebuah perumpamaan profetik, yang menggambarkan sebuah kebenaran besar dan bukan menunjuk pada suatu peristiwa historis tertentu.

Gambaran-gambaran Yehezkiel sering kali memiliki rincian yang tidak bisa ditekankan secara harfiah (mis., 16:46-51, 53-56, 61), tetapi merupakan bagian dari bahan penghias cerita tersebut.

Di sini, gambaran yang gamblang dan ganjil mengungkapkan kebenaran yang luar biasa.

Bagi orang-orang Israel di Babel, nubuat ini memberikan jaminan, bahwa begitu Israel dipulihkan di tanahnya, kuasa Allah akan melindunginya dari musuh-musuh terburuk yang bisa dibayangkan.

Bagi Gereja yang menderita di tangan penganiayanya yang paling kejam, inilah janji pembebasan Allah.

Kemenangan akhir dari Mesias pada akhir zaman juga tersirat dalam perumpamaan ini.

Pandangan ini menjadikan bagian itu relevan untuk setiap periode sejarah.

Tujuan dari penulisan apokaliptis semacam ini adalah "penyingkapan" masa depan, dengan menunjukkan kedaulatan Allah atasnya.

Jadi, tulisan itu menuntun dan menguatkan umat Allah dalam masa-masa kegelapan (mis., Daniel, Wahyu. Bdg. H. H. Rowley, The Relevance of Apocalyptic).

Di sinagoge, Yehezkiel 38:18-39:16 merupakan haphtarah bagi Keluaran 33:12-34:26 dan Bilangan 29:26-31 untuk Sabat dalam perayaan Pondok Daun.

Pasal-pasal tersebut berisi tujuh nubuat yang diawali dengan pernyataan: "Beginilah firman Tuhan ALLAH" (lihat Pengantar di bawah, 38:1, 2; juga ay. 3-9, 10-13, 14-16, 17-23; 39:1-16, 17-24; penutup, ay. 25-29).

2. Gog (dalam ps. 38; 39; Why. 20:7), tidak didasarkan pada Gogaia dari Surat-surat Amarna, atau Gyges, raja Lidia (670-652) tetapi pada nubuat-nubuat yang diteruskan secara turun-temurun.

Tanah Magog. Lokasi tempat ini tidak diketahui. Mungkin terletak antara Kapadokia dan Media; atau istilah itu mungkin menunjuk pada orang-orang Skitia (Jos Antiq. I. 6. 1).

Raja agung negeri Mesekh dan Tubal (bdg. 2:13). Baca nesî' rôsh dalam keterangan tambahan pada Teks Masoret, raja, pemimpin Mesekh dan Tubal.

Kata rôsh berarti "pemimpin" atau "kepala".

Teks Masoret itu juga bisa dibaca: "Raja Rosh, Mesekh dan Tubal".

Rosh (ASV) belum bisa dikenal. Mungkin itu mengacu pada suku Skitia di daerah pegunungan Taurus.

4. Aku akan menarik engkau. Kiasannya adalah membelokkan seekor binatang dari kehendak hatinya yang sia-sia untuk menggenapi tujuan ilahi.

5. Persia, Etiopia (Kûsh), Put (Libia). Bandingkan 27:10; 30:5.

6. Gomer (Kej. 10:2). Gimmirai dari Asyur; orang-orang Cimmeria dari Yunani, yang tinggal di sebelah selatan Laut Hitam, mungkin di Kapadokia.

Togarma (bdg. 27:14), di utara sekali (RSV). Seperti Roma dalam Ps of Sol, 8:16.

7. Jadilah pelindung, atau pemimpin bagi bala tentara yang menyerbu.

8. Sesudah waktu yang lama sekali. Sebuah ungkapan yang dipakai untuk masa depan eskatologis (bdg. kalimat-kalimat pengantar pada ps. 38; 39).

9. Gog dan sekutunya muncul seperti angin badai ... seperti awan (bdg. ay. 16; Yes. 21:1; Yer. 4:13) melawan Israel yang damai dan makmur (bdg. ay. 8, 11, 12).

10. Dalam hatimu. Rencana manusia hanyalah bagian dari tujuan panjang Allah. Lihat, misalnya, 39:2; Yesaya 10:5, 6.

12. Dari tengah (harf., navel) bangsa-bangsa. Bandingkan 5:5.

13. Syeba dan Dedan ... negeri Tarsis beserta pedagang-pedagangnya. Bandingkan 27:22, 20, 12. Seruan bangsa-bangsa pedagang itu mungkin bersifat ironis, atau mungkin untuk menyetujui keuntungan-keuntungan yang akan didapat bagi diri mereka sendiri.

14. Ketika umat-Ku Israel sedang diam dengan aman tenteram. Bandingkan ayat 8, 11, 12.

16. Umat-Ku ... tanah-Ku. Serangan melawan tanah Tuhan berarti serangan melawan Dia.

17. Nabi-nabi ... bernubuat. Serangan ini dinubuatkan, entah dalam nubuatan Yehezkiel sebelumnya, atau dalam nubuatan yang tidak ada lagi (bdg. 39:8; Zef. 1:14; Yer. 3-6; Yl. 3; Za. 14).

19-22. Kehancuran Gog terlaksana melalui sebuah gempa bumi (ay. 19) yang menggetarkan seluruh alam (ay. 20), melalui kepanikan adikodrati di antara para prajuritnya (ay. 21), melalui penyakit dan penumpahan darah dan bencana alam (ay. 22).

23. Bandingkan 36:23.

Kelanjutan Nubuat Melawan Gog (39:1-29).

Ini bukanlah serbuan kedua melainkan suatu kisah yang paralel.

Yehezkiel sering kali mengulangi pengajarannya.

Bandingkan pasal 1 dan 10; 2:3-7 dan 8:4-11; 3:17-21 dan 33:1-19; pasal 16 dan 23.

39:1. Bernubuatlah melawan Gog. Bandingkan 38:2, 3.

2. Aku akan ... menuntun engkau (RSV). Bandingkan 38:4.

4. Gog jatuh di atas gunung-gunung. Bandingkan ayat 17; 38:21.

6. Daerah pesisir (kepulauan, AV) juga merasakan api yang memukul Magog.

7. Dan Aku akan menyatakan. Ini menunjukkan tujuan Allah melalui serbuan itu (bdg. 38:16, 17, 23), yakni pengakuan akan kekudusan-Nya oleh Israel dan oleh bangsa-bangsa. Lihat juga ayat 13, 21, 25-28.

9. Senjata musuh akan berfungsi sebagai bahan bakar bagi Israel selama tujuh tahun.

11. Mayat-mayat Gog akan dikubur di Lembah Penyeberangan (ha'ôberîm) di sebelah timur dari laut (RSV).

Tempat ini dikatakan sama dengan Wady Fejjas, satu setengah mil dari sebelah selatan Danau Kinnereth (Laut Galilea), atau Lembah Abarim (hã`ãbãrîm) di Moab, sebelah timur Laut Mati (Ul. 32:48), yang disebut Lembah Khalayak Ramai Gog (orang banyak dari Gog).

12,13. Semua orang awam (perhatikan 44:25) akan bekerja selama tujuh bulan dalam penguburan itu.

Angka tujuh (ay. 9,14) mengandung makna selesainya pembersihan tanah itu dari musuh-musuhnya.

14-16. Beberapa orang dikhususkan untuk terus-menerus menjelajahi seluruh tanah itu (RSV; harf., orang-orang yang tekun), yang akan meletakkan batu ... sebagai tanda (sîyûn, petunjuk, monumen") di samping tulang yang belum dikubur untuk membantu tukang kubur mentahirkan tanah itu.

Ada juga nama kota Hamona (bentuk feminin: "banyak") (RSV). Demikian Targum shãm, "ada" sebagai ganti shem, "nama". Itu adalah sebuah kota kuburan (bdg. Jos Life 54).

17-20. Dimakan oleh burung dan binatang buas (bdg. Yes. 63:1-6; Why. 19:17-21).

17,18. Pembunuhan binatang, semula merupakan tindakan yang berhubungan dengan persembahan kurban (bdg. Im. 17; Yes. 34:6; Zef. 1:8).

Di sini, burung dan binatang buas diundang untuk perjamuan korban atas daging para pahlawan dan darah para pemimpin dunia (RSV), yang diibaratkan sebagai ternak gemukan dari Basan (bdg. 27:6), sebuah daerah penggembalaan yang terkenal karena ternaknya (Ul. 32:14; Am. 4:1).

19. Seharusnya, lemak dan darah, bagian yang paling kudus dari kurban, dipersembahkan kepada Tuhan (Im. 3:11, 17).

Di sini, bagian-bagian itu dimakan oleh binatang buas.

20. Kuda dan penunggangnya (LXX, rõkēb, "penunggang", untuk yang dalam Teks Masoret rekeb "kereta"; tetapi bdg. II Sam. 8:4, "kuda penarik kereta") merupakan makanan bagi binatang pemakan bangkai yang diundang dalam perjamuan Tuhan.

Rincian yang mengerikan ini memberikan makna kepada perumpamaan profetik Yehezkiel.

21-24. Pelajaran dari kehancuran dahsyat itu.

21. Aku akan membuat kuasa kemuliaan-Ku berlaku atas bangsa-bangsa. Kuasa Allah yang besar akan dinyatakan kepada bangsa-bangsa melalui kehancuran Gog (38:16, 23).

22. Israel tidak akan pernah meragukan perlindungan-Nya mulai hari itu dan seterusnya.

23, 24. Bangsa-bangsa akan belajar, bahwa bangsa Israel harus pergi ke dalam pembuangan ... mati rebah oleh pedang bukan karena ketidakmampuan Tuhan untuk melindungi mereka (36:20), melainkan karena kesalahan dan ketidaksetiaan mereka, yang menyebabkan Tuhan menyembunyikan wajah-Nya terhadap mereka. Betapa merupakan pelajaran yang luar biasa bagi zaman kita, yang penuh dengan persenjataan berat.

Penutup: Pemulihan Keadaan Yakub (39:25-29).

Dalam paragraf ini, yang bukan bagian dari Apokalips, sang nabi kembali ke pokok pandangan dari pasal 33-37, yang menubuatkan pemulihan Israel.

25. Cemburu-Ku timbul untuk mempertahankan nama-Ku yang kudus. Bandingkan 20:9, 14, 22, 44.

26. Mereka akan melupakan (wenãshû, juga ketîb) noda mereka (RSV), yaitu kecaman (bdg. Yes. 54:4).

Qerê, beberapa naskah dan versi berbunyi: mereka akan menanggung (wenãśe'û) noda mereka, yaitu perasaan tidak layak di dalam hati untuk menerima kebaikan Allah (bdg. 16:52, 54).

27, 28. Kalau Aku sudah membawa mereka kembali. Melalui sejarah umat-Nya, Allah menyatakan diri-Nya baik kepada bangsa-bangsa maupun kepada Israel.

29. Aku mencurahkan Roh-Ku. Bandingkan 36:25-31; Yoel 2:28; Zakharia 12:10.

III. Nubuatan Tentang Pemulihan Israel (33:1-39:29).

Kejatuhan Yerusalem menandai titik balik dalam pelayanan Yehezkiel.

Nubuatan yang sampai saat itu mengecam Yehuda (Ps. 1-24) dan musuh-musuh kafirnya (ps. 25-32), sekarang terbuka untuk pesan-pesan yang menguatkan dari seorang gembala kepada bangsanya yang tercerai-berai (ps. 33-39).

Setelah kejatuhan bangsa itu (33:21), dan keputusasaan dalam pikiran orang-orang itu karena malapetaka yang mereka alami, sang nabi menyampaikan, bahwa Tuhan tidak menghabiskan sama sekali Israel (bdg. ps. 35).

Sebuah zaman baru akan datang baginya.

Dengan kata-kata yang menyentuh, Yehezkiel di sini berbicara tentang penyucian, pemulihan dan kedamaian Israel (ps. 34; 36:16 dst.; 37).

Pertama, sang nabi ditugaskan kembali sebagai seorang penjaga untuk mempersiapkan bangsanya bagi zaman baru (ps. 33).

Suatu pemerintahan baru di bawah hamba Allah, Daud, akan menggantikan dinasti yang lama, di mana gembala-gembala (penguasa-penguasa) yang jahat mencerai-beraikan kawanan domba itu (ps. 34).

Kesatuan wilayah Israel akan dijamin oleh kehancuran Pegunungan Seir dan musuh-musuh lainnya (ps. 35), sementara Israel akan mengalami baik pemulihan luar (36:1-15), maupun pemulihan hati (36:16-38).

Penyatuan kembali bangsa itu menjadi satu bangsa di bawah satu raja, Daud, dilambangkan dengan kebangkitan tulang-tulang kering, dan penyatuan dua papan (ps. 37).

Kedamaian Israel yang dipulihkan akan kekal, karena Tuhan akan menjaganya secara ajaib dari penyerangan Gog, yang mengancam di kemudian hari (ps. 38; 39).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel