Yehezkiel 37:15-28: Kerajaan Israel dan Yehuda Dipersatukan Kembali

Klik:

Ezekiel / Yehezkiel 37:15-28


Eze 37:15 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:

Eze 37:16 "Hai engkau anak manusia, ambillah sepotong papan dan tulis di atasnya: Untuk Yehuda dan orang-orang Israel yang bersekutu dengan dia. Kemudian ambillah papan yang lain dan tulis di atasnya: Untuk Yusuf--papan Efraim--dan seluruh kaum Israel yang bersekutu dengan dia.

Eze 37:17 Gabungkanlah keduanya menjadi satu papan, sehingga keduanya menjadi satu dalam tanganmu.

Eze 37:18 Maka kalau teman-teman sebangsamu bertanya kepadamu: Tidakkah engkau bersedia memberitahukan kepada kami, apa artinya ini--

Eze 37:19 katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku mengambil papan Yusuf--yang dalam tangan Efraim--beserta suku-suku Israel yang bersekutu dengan dia dan menggabungkannya dengan papan Yehuda dan Aku akan menjadikan mereka satu papan, sehingga mereka menjadi satu dalam tangan-Ku.

Eze 37:20 Dan sedang engkau memegang papan-papan yang kautulisi itu dalam tanganmu di hadapan mereka,

Eze 37:21 katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku menjemput orang Israel dari tengah bangsa-bangsa, ke mana mereka pergi; Aku akan mengumpulkan mereka dari segala penjuru dan akan membawa mereka ke tanah mereka.

Eze 37:22 Aku akan menjadikan mereka satu bangsa di tanah mereka, di atas gunung-gunung Israel, dan satu raja memerintah mereka seluruhnya; mereka tidak lagi menjadi dua bangsa dan tidak lagi terbagi menjadi dua kerajaan.

Eze 37:23 Mereka tidak lagi menajiskan dirinya dengan berhala-berhalanya atau dewa-dewa mereka yang menjijikkan atau dengan semua pelanggaran mereka. Tetapi Aku akan melepaskan mereka dari segala penyelewengan mereka, dengan mana mereka berbuat dosa, dan mentahirkan mereka, sehingga mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahnya.

Eze 37:24 Maka hamba-Ku Daud akan menjadi rajanya, dan mereka semuanya akan mempunyai satu gembala. Mereka akan hidup menurut peraturan-peraturan-Ku dan melakukan ketetapan-ketetapan-Ku dengan setia.

Eze 37:25 Mereka akan tinggal di tanah yang Kuberikan kepada hamba-Ku Yakub, di mana nenek moyang mereka tinggal, ya, mereka, anak-anak mereka maupun cucu cicit mereka akan tinggal di sana untuk selama-lamanya dan hamba-Ku Daud menjadi raja mereka untuk selama-lamanya.

Eze 37:26 Aku akan mengadakan perjanjian damai dengan mereka, dan itu akan menjadi perjanjian yang kekal dengan mereka. Aku akan memberkati mereka dan membuat mereka banyak dan memberikan tempat kudus-Ku di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya.

Eze 37:27 Tempat kediaman-Kupun akan ada pada mereka dan Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Eze 37:28 Maka bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, menguduskan Israel, pada waktu tempat kudus-Ku berada di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya."


Tafsiran Wycliffe


16. Sepotong papan. Ibrani es, "pohon, kayu, tongkat" (seperti ay. 17, 19, 20). Bandingkan Zakharia 11:7. Mungkin papan tulis.

Untuk Yehuda dan orang-orang Israel yang bersekutu dengan dia, contohnya: Benyamin, Simeon, Lewi.

Yusuf, atau Efraim mewakili suku-suku utara.

Penjelasan Tentang Simbol Itu (37:18-20).

Sebagaimana dua papan dipersatukan, begitu juga Israel dan Yehuda akan dipersatukan kembali menjadi satu kerajaan.

Berkat-berkat Yang Muncul Karena Penyatuan Kembali (37:21-28).

Lima berkat besar dijanjikan di sini:

(Berkat Pertama) Bangsa itu akan dibawa pulang (ay. 21, 22).

Satu bangsa ... dan satu raja ... tidak lagi ... dua kerajaan. Para nabi menganggap Israel yang di utara masih hidup (Hos. 1:11; 8:3, 4; Yer. 3:12-15; Yes. 43:5-7; 49:5, 6). Perhatikan karakter kedua belas suku dalam kerajaan yang baru (ps. 48).

(Berkat Kedua) Mereka akan dibersihkan dari penyembahan berhala (ay. 23; bdg. 36:25).

(Berkat Ketiga) Daud akan diangkat sebagai raja atas mereka (ay. 24, 25).

Dia disebut raja (melek) di sini dan dalam ayat 22, tetapi "pemimpin" di tempat lain.

25. Bandingkan 36:28. Hamba-Ku Yakub. Yakub adalah nenek moyang Israel, seperti Abraham (Hos. 12:12; Yes. 29:22).

Raja mereka untuk selama-lamanya. Bandingkan 34:23,

24. Pemimpin ideal yang mirip Daud, dan bukan mengacu pada Daud yang bangkit dan memerintah selamanya.

(Berkat Keempat) Sebuah perjanjian damai akan dibuat (ay. 26a). Bandingkan 34:25.

(Berkat Kelima) Allah akan tinggal di tengah-tengah mereka (ay. 26b-28).

26. Tempat kudus-Ku (miqdãsh). Bait suci sebagai tempat kediaman Tuhan, dikuduskan oleh kehadiran-Nya.

27. Tempat kediaman-Kupun (mishkãn) akan ada pada mereka. Harfiahnya, di atas mereka, yakni di tempat yang lebih tinggi (lih. 40:2; Yes. 2:2; Mi. 4:1), yang melindungi mereka, atau menyucikan mereka.

Aku akan menjadi Allah mereka. Lihat juga 11:20; 14:11; 36:28.

28. Aku ... menguduskan Israel. Allah turun untuk tinggal bersama manusia, yang mengubah bumi menjadi surga (bdg. 43:7, 9; 48:8, 10, 21).

Ayat 26-28 membawa kepada pembangunan kembali Bait Allah (ps. 40).

Nubuatan ini, seperti sebelumnya, belum digenapi secara historis, karena sejauh ini, Israel telah gagal memenuhi syarat-syaratnya.

Penggenapannya terletak dalam penyatuan masa depan dari bangsa Israel yang bertobat ke dalam tubuh Kristus.

Ini menantikan masa ketika Kemah Allah berada bersama umat-Nya (Why. 21:3).

III. Nubuatan Tentang Pemulihan Israel (33:1-39:29).

Kejatuhan Yerusalem menandai titik balik dalam pelayanan Yehezkiel.

Nubuatan yang sampai saat itu mengecam Yehuda (Ps. 1-24) dan musuh-musuh kafirnya (ps. 25-32), sekarang terbuka untuk pesan-pesan yang menguatkan dari seorang gembala kepada bangsanya yang tercerai-berai (ps. 33-39).

Setelah kejatuhan bangsa itu (33:21), dan keputusasaan dalam pikiran orang-orang itu karena malapetaka yang mereka alami, sang nabi menyampaikan, bahwa Tuhan tidak menghabiskan sama sekali Israel (bdg. ps. 35).

Sebuah zaman baru akan datang baginya.

Dengan kata-kata yang menyentuh, Yehezkiel di sini berbicara tentang penyucian, pemulihan dan kedamaian Israel (ps. 34; 36:16 dst.; 37).

Pertama, sang nabi ditugaskan kembali sebagai seorang penjaga untuk mempersiapkan bangsanya bagi zaman baru (ps. 33).

Suatu pemerintahan baru di bawah hamba Allah, Daud, akan menggantikan dinasti yang lama, di mana gembala-gembala (penguasa-penguasa) yang jahat mencerai-beraikan kawanan domba itu (ps. 34).

Kesatuan wilayah Israel akan dijamin oleh kehancuran Pegunungan Seir dan musuh-musuh lainnya (ps. 35), sementara Israel akan mengalami baik pemulihan luar (36:1-15), maupun pemulihan hati (36:16-38).

Penyatuan kembali bangsa itu menjadi satu bangsa di bawah satu raja, Daud, dilambangkan dengan kebangkitan tulang-tulang kering, dan penyatuan dua papan (ps. 37).

Kedamaian Israel yang dipulihkan akan kekal, karena Tuhan akan menjaganya secara ajaib dari penyerangan Gog, yang mengancam di kemudian hari (ps. 38; 39).

Penyatuan Kembali Bangsa Israel Menjadi Satu Bangsa (37:1-28).

Dengan penglihatan tentang tulang-tulang kering yang menjadi hidup, Tuhan, melalui Yehezkiel, menyatakan kepada Israel tentang kebangkitan kehidupan nasionalnya yang akan datang (ay. 1-14).

Dia melalui tindakan simbolis berupa penggabungan dua papan, memberitahukan terlebih dahulu penyatuan yang akan datang dari dua kerajaan itu di bawah satu raja, yaitu Daud (ay. 15-28).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel