Amos 5:21-27: Ibadah Israel Dibenci TUHAN

Klik:

Amos 5:21-27


Amo 5:21 "Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu.

Amo 5:22 Sungguh, apabila kamu mempersembahkan kepada-Ku korban-korban bakaran dan korban-korban sajianmu, Aku tidak suka, dan korban keselamatanmu berupa ternak yang tambun, Aku tidak mau pandang.

Amo 5:23 Jauhkanlah dari pada-Ku keramaian nyanyian-nyanyianmu, lagu gambusmu tidak mau Aku dengar.

Amo 5:24 Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir."

Amo 5:25 "Apakah kamu mempersembahkan kepada-Ku korban sembelihan dan korban sajian, selama empat puluh tahun di padang gurun itu, hai kaum Israel?

Amo 5:26 Kamu akan mengangkut Sakut, rajamu, dan Kewan, dewa bintangmu, patung-patungmu yang telah kamu buat bagimu itu,

Amo 5:27 dan Aku akan membawa kamu ke dalam pembuangan jauh ke seberang Damsyik," firman TUHAN, yang nama-Nya Allah semesta alam.


Tafsiran Wycliffe


Ratapan Karena Dosa dan Malapetaka Israel (5:1-6:14).

Amos menasihati bangsa itu untuk mendengarkan ratapannya tentang Israel.

Sang nabi menandaskan perlunya pertobatan, dan merinci beberapa dosa yang membuat bangsa itu bersalah.

Penyembahan berhala mereka yang terus-menerus, telah menjadi pola hidup mereka.

Karena itu, hukuman dalam bentuk pembuangan tidak dapat dihindarkan.

21. Aku membenci (AV: I will not smell).

22. Aku tidak suka (AV: I will not accept). Penolakan atas persembahan kurban Israel, karena tidak memenuhi syarat.

24. Keadilan ... kebenaran. Ini bukan himbauan agar Israel kembali kepada kebenaran, tetapi suatu pernyataan, bahwa satu-satunya hal yang tinggal adalah penghakiman dan penghancuran.

25. Apakah kamu mempersembahkan kepada-Ku korban sembelihan dan korban sajian ... di padang gurun? Ini menyiratkan, bahwa di padang gurun, orang Israel tidak hanya mempersembahkan kurban sembelihan dan kurban sajian (bdg. Yer. 7:22, 23).

Mereka membawa sesuatu yang lebih dari upacara formal.

Amos tidak mengatakan, bahwa waktu di padang gurun itu, mereka sama sekali tidak mempersembahkan kurban.

Hubungannya ialah dengan hal yang mengikutinya.

26. Kamu akan mengangkut Sakut, rajamu, dan Kewan, dewa bintangmu (RSV). Pada zaman kita ini, tak mungkin mengenal Sakut.

Kewan adalah ilah Babel yang kadang-kadang diidentifikasikan dengan Saturnus.

Berhala-berhala itu akan dibawa ke pembuangan oleh para penyembahnya.

27. Jauh ke seberang Damsyik. Ke Asyur. Stefanus memakai Babel, bukan Damsyik (Kis. 7:43).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel