Mikha 2:12-13: Janji Tentang Keselamatan

Klik:

Micah / Mikha 2:12-13


Mic 2:12 Dengan sungguh-sungguh Aku akan mengumpulkan engkau seluruhnya, hai Yakub, dengan sungguh-sungguh Aku akan menghimpunkan sisa orang Israel; Aku akan menyatukannya seperti kambing domba dalam kandang, seperti kawanan binatang di tengah-tengah padangnya, sehingga ramai dengan manusia!

Mic 2:13 Penerobos akan maju di depan mereka; mereka akan menerobos dan berjalan melewati pintu gerbang dan akan keluar dari situ. Raja mereka akan berjalan terus di depan mereka, TUHAN sendiri di kepala barisan mereka!


Tafsiran Wycliffe


Ketidakamanan Para Penduduk Karena Peraturan Para Penindas (2:8-13).

Bukannya hidup dengan benar, umat TUHAN justru memberontak sebagai musuh-Nya.

Mereka menjarah masyarakat yang tidak berdaya dan tidak menaruh curiga, bukan hanya mencuri pakaian serta dengan curang menghalau kaum perempuan dari rumah-rumah mereka, melainkan juga mengambil dari anak-anak (yang segera akan dibuang), hak untuk menjadi warga negara dan hak untuk beribadah di Bait Suci (ay. 8,9).

"Bangkitlah", kata nabi, "dan pergilah, sebab ini bukan tempat perhentian bagimu! Oleh karena kenajisan maka kamu akan dibinasakan" (ay. 10).

Tuduhan nabi sangat tajam.

Seandainya seorang datang kepada mereka dan memberitakan tentang anggur dan arak, para penindas ini akan menobatkannya sebagai nabi mereka (ay. 11).

Para siswa Alkitab berbeda pendapat tentang soal apakah kembali dari pembuangan dinubuatkan dalam pasal 2:12, 13 atau tidak.

Sebagian berpendapat, bahwa peralihan yang mendadak dari pesan mengenai masa depan yang segera datang ke pesan mengenai masa depan yang jauh, sering kali dijumpai dalam tulisan nabi-nabi sejati, dan diharapkan dari seorang yang memiliki harapan akan adanya berkat pada akhirnya.

Dalam pandangan ini, SANG PENEROBOS (ay. 13) menunjuk pada Mesias, yang akan memimpin sebagai raja atas orang-orang tersisanya yang terkepung, bahkan TUHAN juga, pada kedatangan-Nya yang kedua.

Lainnya merasa, bahwa nubuatan ini dikeluarkan oleh nabi-nabi palsu yang berpegang pada harapan palsu tentang kembali dari pembuangan dalam waktu cepat.

Mengenai Kerajaan Utara Israel, nubuatan ini belum pernah digenapi.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel