Zefanya 2:4-15: Hukuman Atas Bangsa-bangsa

Klik:

Zephaniah / Zefanya 2:4-15


Zep 2:4 Sebab Gaza akan ditinggalkan orang dan Askelon akan menjadi sunyi; Asdod akan dihalau penduduknya pada rembang tengah hari dan Ekron akan dibongkar-bangkirkan.

Zep 2:5 Celakalah kamu penduduk Daerah Tepi Laut, kamu bangsa Kreti! Terhadap kamulah firman TUHAN ini: Hai Kanaan, tanah orang Filistin! Aku akan membinasakan engkau, sehingga tidak ada lagi pendudukmu.

Zep 2:6 Daerah Tepi Laut akan menjadi tempat kediaman bagi gembala-gembala dan kandang berpagar bagi kambing domba.

Zep 2:7 Daerah Pinggir Laut akan menjadi kepunyaan sisa-sisa kaum Yehuda. Mereka akan merumput di sana dan berbaring di rumah-rumah Askelon pada malam hari; sebab TUHAN, Allah mereka, akan memperhatikan mereka dan akan memulihkan keadaan mereka.

Zep 2:8 "Aku telah mendengar pencelaan dari pihak Moab dan kata-kata nista dari pihak bani Amon, bagaimana mereka mencela umat-Ku dan membesarkan dirinya terhadap daerah umat-Ku itu.

Zep 2:9 Sebab itu, demi Aku yang hidup--demikianlah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel--maka Moab akan menjadi seperti Sodom dan bani Amon seperti Gomora, yakni menjadi padang jeruju dan tempat penggalian garam dan tempat sunyi sepi sampai selama-lamanya. Sisa-sisa umat-Ku akan menjarah mereka dan yang masih tinggal dari bangsa-Ku itu akan memiliki mereka sebagai warisan."

Zep 2:10 Inilah yang menjadi bagian mereka sebagai ganti kecongkakan mereka, sebab mereka telah mencela dan membesarkan diri terhadap umat TUHAN semesta alam.

Zep 2:11 TUHAN akan mendahsyatkan mereka, sebab Ia akan melenyapkan para allah di bumi, dan kepada-Nya akan sujud menyembah setiap bangsa daerah pesisir, masing-masing dari tempatnya.

Zep 2:12 Kamupun, hai orang Etiopia, akan mati tertikam oleh pedang-Ku.

Zep 2:13 Ia akan mengacungkan tangan-Nya terhadap Utara, akan membinasakan Asyur, dan akan membuat Niniwe menjadi tempat yang sunyi sepi, kering seperti padang gurun.

Zep 2:14 Dan di tengah-tengahnya akan berbaring kawanan binatang, yakni segala macam binatang hutan; baik burung undan maupun burung bangau akan bermalam di hulu tiangnya; burung ponggok akan berbunyi di tingkap, burung gagak di ambang pintu: Pemapan dari kayu aras telah tersingkap!

Zep 2:15 Itulah kota yang beria-ria yang penduduknya begitu tenteram dan yang berkata dalam hatinya: "Hanya ada aku dan tidak ada yang lain!" Betapa dia sudah menjadi tempat yang tandus, tempat pembaringan bagi binatang-binatang liar. Setiap orang yang lewat dari padanya akan bersuit dan mengayun-ayunkan tangannya.


Tafsiran Wycliffe


4. Sebab Gaza akan ditinggalkan. Bahkan, komunitas Filistin yang bersebelahan akan ikut merasakan penghukuman yang akan datang.

Orang-orang ini sudah selalu diusik oleh bangsa Mesir; sekarang, bangsa Babel akan mendatangkan penghukuman penuh.

Untuk mereproduksi asonansi (persamaan vokal pada akhir kata) dari ayat ini secara tepat dalam bahasa Inggris adalah tidak mungkin, namun cara menerjemahkan J. R. Dummelow menyarankan: "Gaza shall be a ghastly ruin; Ashkelon a deserted ash-heap" (A Commentary on the Holy Bible, in loco).

5. Bangsa Kreti. Sebuah bangsa yang mendiami pantai selatan negeri Filistin (lih. I Sam. 30:14; Yeh. 25:16). LXX menerjemahkannya sebagai bangsa Kaftor (Am. 9:7; Ul. 2:23).

Bangsa Kreti barangkali berhubungan dengan orang-orang Filistin dan merupakan imigran dari Kreta.

Seluruh pesisir negeri Filistin akan merasakan murka Allah.

Tidak akan ada penduduk yang tersisa; semuanya akan dibunuh atau dibawa sebagai tawanan.

Sang penyerbu tentu bukan bangsa yang menghargai pribadi-pribadi manusia.

6. Daerah Tepi Laut akan menjadi tempat kediaman bagi gembala-gembala. Semua bangunan permanen akan dihancurkan.

Para gembala akan mendirikan tempat-tempat perlindungan serta kandang-kandang domba yang kecil dari reruntuhan (Yes. 17:2).

Penduduk dan tanah untuk bercocok tanam akan hilang dari wilayah tersebut.

7. Sisa-sisa kaum Yehuda. Akan tinggal sedikit orang yang tersisa setelah penyerangan Babel.

Suatu kelompok yang tersisa, yang terpelihara oleh kuasa Tuhan di Babel, kembali pada akhir Pembuangan.

Memulihkan keadaan mereka. Sekali lagi mereka akan menjadi bangsa yang bebas (bdg. Mi. 4:6, 7).

8. Moab dan ... Amon, bagaimana mereka mencela umat-Ku. Oleh karena musuh-musuh ini telah mencaci-maki bangsa Yehuda, penghukuman akan dijatuhkan atas mereka (bdg. Yer. 48:27-31; Yeh. 25:8-11).

9. Moab akan menjadi seperti Sodom dan bani Amon seperti Gomora. Sodom dan Gomora disebutkan sebagai simbol-simbol penghukuman dahsyat Tuhan.

Sebagaimana kota-kota tersebut dihancurkan sama sekali, demikian pula penghukuman Allah akan dijatuhkan atas kota Moab dan Amon.

Seluruh daerah pedalaman akan merupakan kebun penuh duri, dan kebinasaannya yang abadi akan sama dengan lubang garam (bdg. Yes. 15:1 dst.).

10. Inilah yang menjadi bagian mereka sebagai ganti kecongkakan mereka. Roh keangkuhan mendahului kejatuhan (Ams. 18:12).

Orang Amon dan Moab telah mempertunjukkan kesombongan mereka di hadapan bangsa Yehuda.

Sekarang, kecongkakan mereka akan direndahkan menjadi kehinaan dan malapetaka (bdg. Yeh. 25:8-11).

11. Ia akan melenyapkan para allah di bumi. Penghancuran Yerusalem oleh bangsa Babel menunjukkan sia-sianya berharap kepada allah-allah Kanaan.

Penyembahan Baal kehilangan penganut Yahudinya pada waktu Pembuangan.

Negeri Orang Etiopia (2:12).

Kamupun, hai orang Etiopia. Mereka juga akan menjadi korban serangan gencar Nebukadnezar (bdg. Yer. 46:2, 9; Yeh. 30:4, 5; Am. 9:7).

13. Ia akan ... membinasakan Asyur ... Niniwe. Niniwe dibinasakan dengan begitu total, sehingga lokasinya hilang dari ingatan manusia sampai ditemukan kembali oleh para arkeolog pada abad kesembilan belas.

Nahum memberikan sebuah gambaran jelas mengenai kehancuran totalnya pada tahun 612 SM (bdg. Yes. 10:12; Nah. 1:2; 2:10; 3:15).

14. Dan di tengah-tengahnya akan berbaring kawanan binatang. Nubuatan ini benar-benar telah digenapi.

Domba digembalakan saat ini tepat di tempat Niniwe yang angkuh pernah berdiri.

Para arkeolog telah menggali beberapa bagian dari kota besar ini, termasuk patung-patung sapi bersayap besar berkepala manusia, yang berdiri di tiap sisi pintu gerbang utama dan melambangkan kekuatan negeri itu.

Saat ini, tempat itu benar-benar menjadi tempat tinggal burung undan (burung besar, bdg. Im. 11:17) dan burung bangau.

15. Itulah kota yang beria-ria yang penduduknya begitu tenteram (bdg. Yes. 47:8,9). Niniwe pernah merupakan ibu kota Asyur, yang dibanggakan kampung halaman para kaisar seperti Sanherib dan Esarhadon.

Kota yang dibanggakan ini, ibu kota Asia barat, di mana duta dari semua wilayah Mediteranea timur menyerahkan surat kepercayaan raja mereka untuk memperoleh kemurahan hati, akan menjadi tempat kebinasaan dan kehancuran.

Setiap orang yang lewat dari padanya akan bersuit dan mengayun-ayunkan tangannya. Kedua gerakan ini merupakan sikap merendahkan dan mempermalukan.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel