Matius 3:13-17: Yesus Dibaptis Yohanes

Klik:

Matthew / Matius 3:13-17


Mat 3:13 Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.

Mat 3:14 Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"

Mat 3:15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.

Mat 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,

Mat 3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."


Tafsiran Wycliffe


Baptisan Kristus (3:13-17).

Kedatangan Yesus untuk dibaptis oleh Yohanes, disajikan secara cukup kontras dengan kedatangan yang munafik dari orang Farisi dan Saduki (ay. 7).

Ketiga Injil Sinoptis mencatat peristiwa ini, dan Injil Yohanes memasukkan kesaksian Yohanes Pembaptis yang kemudian (Yoh. 1:29-34).

13-14. Yohanes mencegah Dia. Kata kerja Yunaninya menekankan bantahan berkesinambungan.

Dari sudut Yohanes 1:31-33, mungkin dipertanyakan bagaimana Yohanes mengenal keunggulan Yesus, sehingga dapat berbicara demikian.

Sekalipun demikian, kita tidak perlu berkesimpulan, bahwa kedua kerabat ini benar-benar tidak saling mengenal, tetapi lebih tepat, bahwa Yohanes belum mengenal Dia sebagai Mesias yang resmi, hingga harus ada tanda turunnya Roh Kudus (Yoh. 1:33).

15. Demikianlah sepatutnya kita. Sekalipun memang kedudukan Yohanes dan Yesus sebentar lagi akan berbalik, saat itu (kini) pembaptisan tersebut merupakan hal yang harus dilakukan.

Jelas, Yesus tidak bertobat dari suatu dosa pribadi tertentu.

Namun, selaku Pengganti yang akan menggenapkan kehendak Allah bagi umat manusia yang berdosa, di sini Dia memanunggalkan diri dengan orang-orang yang akan ditebus-Nya, sehingga dengan demikian, Ia resmi mengawali karya-Nya.

Selama di bumi, Yesus senantiasa melaksanakan kewajiban religius orang Yahudi yang benar, seperti beribadah di sinagoge, ikut dalam perayaan-perayaan, dan membayar pajak Bait Allah.

16-17. Turunnya Roh Allah menggenapi tanda yang dinubuatkan bagi Yohanes, bahwa Yesus adalah Mesias (Yoh. 4:33; bdg. Yes: 11:2; 42:1; 59:21; 61:1).

Sebagaimana Roh turun atas para nabi Perjanjian Lama pada awal pelayanan mereka untuk menuntun mereka, demikian pula kini Roh turun atas Yesus secara luar biasa. Tentu saja ini berkaitan dengan kemanusiaan Yesus.

Burung merpati. Sebuah lambang kuno untuk kemurnian, kesucian dan kelembutan (lih. Mat. 10:16).

Suara dari Sorga terjadi pada tiga saat penting dalam pelayanan Kristus: pada saat dibaptiskan, pada saat dimuliakan (17:5) dan sesaat sebelum Ia disalib (Yoh. 12:28).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel