Matius 9:14-17: Hal Berpuasa

Klik:

Matthew / Matius 9:14-17


Mat 9:14 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"

Mat 9:15 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

Mat 9:16 Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya.

Mat 9:17 Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Sepuluh Mukjizat dan Berbagai Peristiwa Terkait (8:1-9:38).

Narasi dalam dua pasal ini disusun menurut tema, dan urutannya agak berbeda dengan Markus dan Lukas.

Sekalipun demikian, penggambaran Matius mengenai penyembuhan orang yang sakit kusta langsung sesudah Khotbah di Bukti pastilah kronologis (bdg. 8:1), sedangkan Markus dan Lukas tidak merinci waktunya.

14-17. Percakapan dengan murid-murid Yohanes ini, pasti juga terjadi pada jamuan makan di rumah Matius (perhatikan kaitan erat di dalam Luk. 5:33).

Orang Farisi berpuasa. (Orang Farisi sering berpuasa.) Selain puasa tahunan yang satu hari berdasarkan Alkitab (pada Hari Raya Pendamaian), telah ditambahkan puasa Senin dan Kamis, dilaksanakan oleh orang Farisi dan yang lainnya, termasuk murid-murid Yohanes (Luk. 5:33).

Jawaban Kristus mengingatkan pada pernyataan Yohanes sendiri (Yoh. 3:29), yang melukiskan pelayanan Tuhan kita sebagai pesta pernikahan.

Sahabat-sahabat mempelai laki-laki. Para pendamping mempelai laki-laki yang mendampinginya.

Pada saat Kristus, sang Mempelai laki-laki diambil dari mereka melalui kematian yang mengerikan, pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

Berpuasa secara benar dilakukan karena kesusahan (baca dukacita), bukan karena ritus.

Secarik kain yang belum susut. Secarik kain penambal yang tidak susut dan tidak dikanji pada saat seluruh pakaian itu dicuci, akan merobek dan menyusutkan kain yang kepadanya kain tadi ditambalkan.

Anggur yang baru, anggur yang belum diragikan, akan mengoyakkan kantong kulit yang tua, yang tidak memiliki daya kekenyalan lagi.

Jadi, Kristus dan amanat-Nya itu, jauh lebih berarti daripada Yudaisme kontemporer yang ditambal sulam atau diremajakan.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel