Matius 8:1-4: Yesus Menyembuhkan Seorang Yang Sakit Kusta

Klik:

Matthew / Matius 8:1-4


Mat 8:1 Setelah Yesus turun dari bukit, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia.

Mat 8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."

Mat 8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.

Mat 8:4 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Sepuluh Mukjizat dan Berbagai Peristiwa Terkait (8:1-9:38).

Narasi dalam dua pasal ini disusun menurut tema, dan urutannya agak berbeda dengan Markus dan Lukas.

Sekalipun demikian, penggambaran Matius mengenai penyembuhan orang yang sakit kusta langsung sesudah Khotbah di Bukti pastilah kronologis (bdg. 8:1), sedangkan Markus dan Lukas tidak merinci waktunya.

8:1-4. Menyembuhkan seorang yang sakit kusta.

Kusta. Untuk melihat gambaran mengenai kusta menurut Alkitab, lihat Imamat 13, 14, dan kamus-kamus Alkitab.

Di dalam Perjanjian Lama, penyakit yang menjijikkan ini dijadikan lambang bagi dampak dosa terhadap manusia.

(Peraturan-peraturan tersebut terutama bukan berkenaan dengan kesehatan, sebab orang yang penuh dengan kusta dapat dikatakan tahir (Im. 13:12, 13).)

Sujud menyembah Dia. Kepercayaan kepada kuasa Yesus yang ditunjukkan oleh penderita kusta itu (jika Tuan mau; bukan jika Tuan bisa) menunjukkan, bahwa penyembahannya sambil bersujud bersifat religius, bukan sopan santun Timur.

Menjamah orang itu. Tindakan yang dilakukan bersamaan dengan pernyataan kesembuhan oleh Yesus, dan karena itu secara keagamaan tidak menajiskan.

Jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun. Bukan untuk mengelak ketenaran, karena orang banyak menyaksikan mukjizat tersebut, tetapi untuk mencegah agar peristiwa ini tidak sampai kepada imam sebelum waktunya. Kalau tidak, imam dapat berprasangka terhadap orang itu.

Kristus menghendaki kesembuhan orang itu dinyatakan secara resmi dahulu, supaya penjelasannya kemudian akan menjadi bukti bagi mereka (yaitu para imam yang menentang).

Sayang sekali, orang itu mengabaikan peringatan tersebut, sehingga banyak mempersulit Kristus (Mrk. 1:45).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel