Matius 18:6-11: Siapa Yang Menyesatkan Orang

Klik:

Matthew / Matius 18:6-11


Mat 18:6 "Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.

Mat 18:7 Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.

Mat 18:8 Jika tanganmu atau kakimu menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung atau timpang dari pada dengan utuh kedua tangan dan kedua kakimu dicampakkan ke dalam api kekal.

Mat 18:9 Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua.

Mat 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Mat 18:11 (Karena Anak Manusia datang untuk menyelamatkan yang hilang.)"


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

18:1-14. Pengajaran tentang kebesaran.

6. Menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku. Anak-anak kecil juga mengacu kepada orang-orang percaya.

Hukuman mengerikan yang menanti orang-orang yang merusak iman orang percaya, dijadikan dramatis melalui perbandingan.

Batu kilangan. Secara harfiah, batu keledai, batu di bagian atas kilangan, yang lebih besar, dan digerakkan oleh seekor keledai.

7. Sekalipun tidak dapat dielakkan, bahwa penyesatan harus ada, karena termasuk sarana yang dipakai Allah untuk mendisiplinkan, dan juga membentuk watak orang percaya, seorang penyesat secara moral bertanggung jawab atas kesalahannya.

8-9. Oleh karena itu, apabila diperlukan, seseorang hendaknya mengambil tindakan drastis untuk menghindari berbuat yang menyesatkan (lihat tafsiran 5:29-30).

10. Anak-anak kecil ini. Orang-orang percaya yang seperti anak kecil (bukan anak-anak kecil yang sesungguhnya, terkecuali mereka mungkin juga orang percaya).

Malaikat mereka. Para malaikat yang ditugaskan untuk memperhatikan orang-orang percaya sebagai suatu kelompok (Ibr. 1:14).

Kurang ada bukti yang membenarkan pemahaman, bahwa setiap orang percaya memiliki satu orang malaikat yang menjaganya.

(Kis. 12:15, mencerminkan pandangan sekarang tentang para malaikat, tetapi belum tentu benar.)

Ayat 11 mungkin merupakan sisipan dari Lukas 19:10.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel