Matius 16:5-12: Tentang Ragi Orang Farisi dan Saduki

Klik:

Matthew / Matius 16:5-12


Mat 16:5 Pada waktu murid-murid Yesus menyeberang danau, mereka lupa membawa roti.

Mat 16:6 Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."

Mat 16:7 Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: "Itu dikatakan-Nya karena kita tidak membawa roti."

Mat 16:8 Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Hai orang-orang yang kurang percaya!

Mat 16:9 Belum juga kamu mengerti? Tidak kamu ingat lagi akan lima roti untuk lima ribu orang itu dan berapa bakul roti kamu kumpulkan kemudian?

Mat 16:10 Ataupun akan tujuh roti untuk empat ribu orang itu dan berapa bakul kamu kumpulkan kemudian?

Mat 16:11 Bagaimana mungkin kamu tidak mengerti bahwa bukan roti yang Kumaksudkan. Aku berkata kepadamu: Waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."

Mat 16:12 Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan terhadap ajaran orang Farisi dan Saduki.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Kepergian Yesus ke Wilayah Kaisarea, Filipi (16:5-17:23).

Penyingkiran yang keempat ini, kembali membawa Yesus ke lingkungan bukan Yahudi, menjauh dari ketegangan karena perlawanan terus-menerus (bdg. Betsaida Yulias, 14:13; Fenisia, 15:21; Dekapolis, 15:29, Mrk. 7:31).

Dalam periode ini, yang mungkin selama beberapa bulan, terjadilah pengakuan penting oleh Petrus, pemberitaan terinci Kristus tentang penderitaan-Nya yang akan datang, dan Pemuliaan Diri-Nya.

5-12. Percakapan di tengah perjalanan.

5. Menyeberang danau, maksudnya ke bagian timur laut (Betsaida Yulias, Mrk. 8:22), di dalam rangka menuju ke Kaisarea Filipi (Mat. 16:13).

Lupa membawa roti. Meninggalkan Magadan dengan tergesa-gesa, mungkin menjadi sebab terjadinya kelalaian ini, sehingga hanya terdapat sebuah roti lama dalam perahu (Mrk. 8:14).

6. Ragi orang Farisi dan Saduki. (Mengenai ragi lihat 13:33.) Pengaruh jahat yang menyusup dari musuh-musuh Kristus yang gigih ini adalah pokok yang dibahas.

7-11. Sekalipun demikian, para murid yang merasa malu atas kelalaian mereka tersebut, gagal memahami perlambangan itu.

Orang-orang yang kurang percaya. Yesus paham, bahwa kegagalan mereka untuk memahami disebabkan oleh kekhawatiran mereka akan persediaan makanan, dan Ia mengingatkan mereka kepada pelajaran tentang percaya yang seharusnya sudah mereka pahami.

12. Ajaran orang Farisi dan Saduki. Orang Farisi merupakan golongan yang secara kaku menerapkan hukum adat istiadat.

Tindakan mereka yang menitikberatkan soal ritual bersifat munafik dan secara rohani mematikan (Luk. 12:1).

Orang Saduki adalah para rasionalis yang tidak percaya pada kebangkitan, atau pada keberadaan makhluk-makhluk roh yang tidak dapat diterangkan secara alamiah (Kis. 23:8).

Di dalam golongan mereka, terdapat keturunan imam Israel.

Peringatan terhadap ajaran rasionalistik yang halus itu masih tetap berlaku.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel