Matius 16:13-20: Pengakuan Petrus

Klik:

Matthew / Matius 16:13-20


Mat 16:13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"

Mat 16:14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi."

Mat 16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"

Mat 16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Mat 16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Mat 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Mat 16:20 Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Kepergian Yesus ke Wilayah Kaisarea, Filipi (16:5-17:23).

Penyingkiran yang keempat ini kembali membawa Yesus ke lingkungan bukan Yahudi, menjauh dari ketegangan karena perlawanan terus-menerus (bdg. Betsaida Yulias, 14:13; Fenisia, 15:21; Dekapolis, 15:29, Mrk. 7:31).

Dalam periode ini, yang mungkin selama beberapa bulan, terjadilah pengakuan penting oleh Petrus, pemberitaan terinci Kristus tentang penderitaan-Nya yang akan datang, dan Pemuliaan Diri-Nya.

13-20. Pengakuan Petrus.

13. Di daerah Kaisarea Filipi. Desa-desa yang terpencil (Mrk. 8:27). Tidak dikatakan, bahwa Yesus masuk ke dalam kota.

Kaisarea Filipi. Sekitar dua puluh lima mil di sebelah utara Danau Galilea.

14. Keragaman pandangan orang tentang Yesus menunjukkan, bahwa sekalipun banyak di antara mereka mengaitkan Dia dengan nubuat mengenai Mesias, namun tidak ada yang memahami Dia dengan tepat.

Yohanes Pembaptis adalah pendahulu yang dinubuatkan (3:1-3; 14:1-2).

Elia dinubuatkan akan datang mendahului "Hari Tuhan" (Mal. 4:5-6).

Yeremia diharapkan oleh beberapa kalangan untuk muncul, dan memuliakan Tabut Perjanjian yang diperkirakan telah disembunyikan olehnya (2 Mak. 2:1-8).

15-16. Setelah membuat Dua Belas Murid itu membuang pengertian yang salah, Yesus menanyakan pandangan pribadi mereka.

Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup. Pasti semua setuju, tetapi Petrus tampil untuk memberikan jawaban yang tegas.

Pernyataan serupa telah diutarakan sebelumnya, beberapa di antaranya jauh lebih dahulu lagi (Yoh. 1:41, 49), tetapi karena banyak pendapat yang salah tentang sifat dan tujuan kedatangan Mesias, maka pendapat yang salah tersebut masih harus disingkirkan.

Jadi, pernyataan Petrus bukan merupakan hasil dari antusiasme yang muncul dengan cepat, melainkan hasil dari perenungan yang cermat dan iman yang mendalam.

Pendapat yang populer mengenai seorang pemimpin politik dikalahkan oleh konsep mengenai Mesias sebagai Anak Allah.

17. Pengetahuan rohani semacam itu bukan hasil pikiran manusia sendiri (manusia; bandingkan ungkapan ini dalam Gal. 1:16; Ef. 6:12, Ibr. 2:14), tetapi hasil penyataan ilahi.

Kebenaran rohani hanya dapat dipahami oleh orang yang kemampuan rohaninya telah dihidupkan oleh Allah (I Kor. 2:11-14).

Ketajaman rohani semacam itulah, yang menunjukkan keadaan rohani yang berbahagia yang dimiliki oleh Petrus.

18. Di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku. Jelas ada permainan kata antara istilah Petrus (Petros, nama yang umum untuk sebongkah batu karang) dan batu karang (Petra, segumpal batu karang).

Tubuh rohani, jemaat, yang di sini disebutkan untuk pertama kalinya dalam Alkitab, dibangun berdasarkan fakta yang dinyatakan Tuhan mengenai Kristus yang diakui oleh Petrus (I Kor. 3:11; I Ptr. 2:4), ketika orang dibuat sadar dan mengakui akan pribadi dan karya-Nya (demikian Krisostomus, Agustinus).

Pandangan lain yang umum di kalangan Protestan tertentu (Alfrod, Broadus, Vincent) ialah, bahwa Petrus (bersama dengan rasul lainnya; Ef. 2:20: Why. 21:14) adalah batu karang itu, tetapi tanpa keunggulan Paus sebagaimana diakui oleh Gereja Katolik Roma.

Alam maut tidak akan menguasainya. Dunia orang mati.

Di dalam terjemahan bahasa Inggris, alam maut ditulis dengan gerbang-gerbang neraka atau Sheol.

Yang dimaksudkan adalah pintu masuk menuju neraka, yang umumnya ialah kematian.

Gereja Kristus, yang diresmikan pada hari Pentakosta, tidak akan tunduk pada kematian jasmaniah, sebab kebangkitan Tuhan merupakan jaminan kebangkitan orang percaya.

Lebih khusus lagi, orang percaya yang meninggal sebelum kebangkitan, langsung berada bersama dengan Kristus, tidak menuju neraka (Ef. 4:8; Flp. 1:23; II Kor. 5:8).

19. Kunci Kerajaan Sorga. Kunci melambangkan kekuasaan untuk membuka.

Kepadamu menghubungkan janji ini hanya dengan Petrus pribadi.

Yang dimaksudkan ialah pilihan Petrus, sebagai yang pertama di antara sesama, untuk secara resmi membuka Kerajaan itu (sejak hari Pentakosta, termasuk seluruh pengakuan iman Kristen; (bdg. 3:52) bagi orang Yahudi (Kis. 2:14 dst.) dan orang bukan Yahudi (Kis. 10:1-11:18; 15:7, 14).

Sekalipun demikian, beberapa orang menafsirkan bagian ini secara eskatologis, sebagai berlaku untuk pemerintahan atas bumi oleh orang-orang kudus pada zaman Kerajaan Seribu Tahun (A. J. Mclain, The Greatness of the Kingdom, hlm. 329 dan hlm. berikutnya).

Apa yang kauikat di dunia ini. Bagian tanggung jawab ini kemudian diberikan kepada semua murid (18:18), yang akhirnya memperoleh kuasa untuk melaksanakan tugas itu (Yoh. 20:22-23).

Apabila Yohanes 20:23 menjelaskan tentang mengikat dan melepaskan, yaitu berarti mengampuni dan mempertahankan dosa, maka Kisah Para Rasul 10:43 merupakan contoh pelaksanaannya.

Melalui pemberitaan Injil, diberitakan pula, bahwa dengan menerima Injil akan ada kelepasan dari kesalahan dan hukuman karena dosa, sedangkan menolak Injil membuat orang berdosa terikat untuk dihukum.

20. Jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias. Sampai sejauh itu, masyarakat hanya tertarik secara politis terhadap pernyataan semacam itu.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel