Matius 22:34-40: Hukum Yang Terutama

Klik:

Matthew / Matius 22:34-40


Mat 22:34 Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka

Mat 22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:

Mat 22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"

Mat 22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Mat 22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

Mat 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Mat 22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Di Yerusalem (21:1-25:46).

Dalam menelusuri gerakan Yesus sampai ke Yerusalem, Matius mengabaikan perjalanan dari Yerikho ke Betania enam hari sebelum Paskah (Yoh. 12:1), yang terjadi satu hari sebelum Kedatangan Penuh Kemenangan di Yerusalem (Yoh. 12:12).

Beberapa Kelompok Mempersoalkan Yesus (22:15-46).

Diskusi-diskusi ini terjadi pada hari yang sama dengan beberapa perumpamaan sebelumnya, hari yang paling sibuk di dalam pelayanan Yesus.

34-40. Pertanyaan seorang ahli hukum Farisi tentang hukum yang terutama. Lihat kisah Markus (12:28-34) untuk rincian tambahan, termasuk akhir yang menarik.

34. Ketika orang-orang Farisi mendengar. Keadaan sangat malu dari orang-orang Saduki yang disebabkan oleh tanggapan bagus sekali oleh Yesus mengenai masalah kebangkitan, tentu cocok untuk orang Farisi.

Tetapi, suatu kemenangan yang mudah dari Yesus, tidak akan mereka sambut, karena mereka berbagi kebencian terhadap Dia dengan orang Saduki.

35. Ahli Taurat (ahli hukum). Seorang ahli dalam penafsiran hukum Musa.

36. Manakah yang terutama dalam hukum Taurat? Maksud sesungguhnya dari si ahli hukum ini tidak terlalu jelas, dan perlu diperhatikan, bahwa Yesus memberikan jawaban langsung dan kemudian memuji kelihaian tanggapan si ahli hukum tersebut (Mrk. 12:34).

Sering kali ditunjukkan, bahwa dia ingin menyeret Yesus ke dalam perdebatan mengenai enam ratus tiga belas perintah hasil perhitungan para rabi.

37-40. Tuhan kita merangkumkan dua loh batu Hukum Taurat dengan kata-kata dari Ulangan 6:5 dan Imamat 19:18.

Sikap yang benar kepada Allah dan sesama manusia merupakan hakikat tugas manusia.

Seluruh Perjanjian Lama menafsirkan dan menerapkan kedua prinsip ini (Rm. 13:8).

Segenap hatimu. Di dalam cara berpikir Ibrani, hati melambangkan seluruh diri, di dalam mana terdapat jiwa dan akal budi, unsur-unsur untuk hidup dan berpikir.

Tetapi, patokan yang tidak mungkin dicapai itu hanya menunjukkan kebusukan hati manusia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel