Matius 26:30-35: Petrus Akan Menyangkal Yesus

Klik:

Matthew / Matius 26:30-35


Mat 26:30 Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun.

Mat 26:31 Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Malam ini kamu semua akan tergoncang imanmu karena Aku. Sebab ada tertulis: Aku akan membunuh gembala dan kawanan domba itu akan tercerai-berai.

Mat 26:32 Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea."

Mat 26:33 Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak."

Mat 26:34 Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."

Mat 26:35 Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lainpun berkata demikian juga.


Tafsiran Wycliffe


Kesengsaraan Yesus Kristus (26:1-27:66).

Bagian yang tak ternilai pentingnya bagi setiap orang Kristen ini, penuh dengan masalah kemanusiaan yang disajikan secara dramatik.

Sekalipun demikian, rincian yang disajikan oleh para penulis Injil, sejak semula telah menyebabkan banyak persoalan, terutama masalah yang bersifat kronologis.

Tetapi, cara faktual yang dipergunakan setiap Injil (hasil tulisan dari orang-orang yang terlibat langsung secara emosional) dalam membicarakan rangkaian peristiwa yang amat emosional ini, menjadikan karya-karya yang luhur ini makin luar biasa.

30. Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya. Sebelum hal ini terjadi, khotbah Yohanes 14 pastilah sudah disampaikan.

Nubuat Penyangkalan Petrus (26:31-35).

Apakah peristiwa ini terjadi sebelum mereka meninggalkan ruangan atas itu (Yoh. 13:36-38; Luk. 22:31-34) atau sesudahnya (Mrk. 14:27-31)?

Karena kelihatannya tidak mungkin untuk menyelaraskan kisah-kisah ini tanpa merusak dua di antaranya, adalah lebih mungkin untuk memahami adanya dua peringatan terpisah terhadap Petrus.

31. Kamu semua akan tergoncang imanmu. Sekalipun hanya Petrus yang menyangkal Yesus, kesebelas murid semuanya meninggalkan Dia dan lari (ay. 56).

Yesus menganggap ini sebagai penggenapan Zakharia 13:7.

32. Aku akan mendahului kamu ke Galilea. Yang dimaksudkan ini ialah pertemuan pasca kebangkitan yang terkenal, yang disebutkan beberapa kali (28:7, 10, 16).

Sekalipun demikian, hal ini tidak menghalangi pemunculan-pemunculan lainnya, beberapa di antaranya di Yudea.

33-35. Kesombongan Petrus di dalam menilai pengabdiannya sebagai lebih tinggi daripada pengabdian orang lain (Biarpun mereka semua tergoncang imannya), merupakan celaan terhadap mereka, sehingga mendorong mereka juga menyatakan kesetiaan mereka kepada-Nya.

Tidak dapat disangkal lagi, bahwa pengalaman inilah yang diingat Yesus ketika kemudian bertanya kepada Petrus, "Apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini?" (Yoh. 21:15).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel