Matius 26:14-16: Yudas Mengkhianati Yesus

Klik:

Matthew / Matius 26:14-16


Mat 26:14 Kemudian pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, kepada imam-imam kepala.

Mat 26:15 Ia berkata: "Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?" Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya.

Mat 26:16 Dan mulai saat itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.


Tafsiran Wycliffe


Kesengsaraan Yesus Kristus (26:1-27:66).

Bagian yang tak ternilai pentingnya bagi setiap orang Kristen ini, penuh dengan masalah kemanusiaan yang disajikan secara dramatik.

Sekalipun demikian, rincian yang disajikan oleh para penulis Injil, sejak semula telah menyebabkan banyak persoalan, terutama masalah yang bersifat kronologis.

Tetapi, cara faktual yang dipergunakan setiap Injil (hasil tulisan dari orang-orang yang terlibat langsung secara emosional) dalam membicarakan rangkaian peristiwa yang amat emosional ini, menjadikan karya-karya yang luhur ini makin luar biasa.

14-16. Persekongkolan Yudas.

Berapa lama waktu yang ditunjukkan oleh kata kemudian itu dari paragraf sebelumnya, tidak dapat dipastikan (Markus hanya mengatakan "lalu").

Apabila 12:6-13 dianggap sebagai sisipan untuk menjelaskan salah satu penyebab dari pengkhianatan tersebut, maka persekongkolan Yudas itu terjadi pada saat yang sama dengan ayat 1-5.

Dengan pengertian semacam ini, kejengkelan Yudas di rumah Simon enam hari sebelum Paskah (Yoh. 12:1-2), telah berkembang menjadi persekongkolan yang matang dalam empat hari berikutnya.

Iskariot. Orang dari Keriot, sebuah kota kecil di Yudea.

Mereka membayar ... kepadanya. Di dalam naskah berbahasa Inggris versi Authorized Version, kalimatnya berbunyi, "Mereka mengadakan kesepakatan dengannya".

Terjemahan yang lebih khas ialah mereka menimbangkan baginya.

Matius mempergunakan istilah yang sama dengan LXX di dalam Zakharia 11:12, yang tampaknya secara sengaja disinggung oleh Matius.

LXX memakai istilah histemi untuk menerjemahkan shakal, "menimbang tiga puluh uang perak" (penggunaan lainnya ialah I Raj. 20:39).

Jadi, Yudas dibayar pada saat itu juga, suatu kenyataan yang tidak dicatat atau disangkal oleh kisah lainnya.

Tiga puluh uang perak. Mungkin syikal. Secara relatif jumlah yang murah, nilai dari seorang budak (Kel. 21:32).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel