Lukas 11:14-23: Yesus dan Beelzebul

Klik:

Luke / Lukas 11:14-23


Luk 11:14 Pada suatu kali Yesus mengusir dari seorang suatu setan yang membisukan. Ketika setan itu keluar, orang bisu itu dapat berkata-kata. Maka heranlah orang banyak.

Luk 11:15 Tetapi ada di antara mereka yang berkata: "Ia mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan."

Luk 11:16 Ada pula yang meminta suatu tanda dari sorga kepada-Nya, untuk mencobai Dia.

Luk 11:17 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa, dan setiap rumah tangga yang terpecah-pecah, pasti runtuh.

Luk 11:18 Jikalau Iblis itu juga terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri, bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan? Sebab kamu berkata, bahwa Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul.

Luk 11:19 Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu.

Luk 11:20 Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.

Luk 11:21 Apabila seorang yang kuat dan yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya sendiri, maka amanlah segala miliknya.

Luk 11:22 Tetapi jika seorang yang lebih kuat dari padanya menyerang dan mengalahkannya, maka orang itu akan merampas perlengkapan senjata, yang diandalkannya, dan akan membagi-bagikan rampasannya.

Luk 11:23 Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan."


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

15. Beelzebul. Terjemahan dari istilah Ibrani Baalzebul, dewa lalat, atau dewa tempat tinggal. Nama dari salah satu dewa orang Filistin, dan diambil alih oleh Yudaisme menjadi nama Iblis.

Karena mereka tidak mau mengakui bahwa Yesus datang dari Allah, maka mereka mengaitkan kuasa-Nya atas roh-roh jahat dengan sumber yang mahajahat.

16. Suatu tanda dari sorga. Hal yang benar-benar tidak masuk akal tampak dari tuntutan mereka akan sebuah tanda, padahal mereka baru saja menyaksikan salah satu tanda tersebut.

18. Iblis itu juga terbagi-bagi dan melawan dirinya. Tuhan menunjukkan, bahwa sangatlah bodoh untuk beranggapan kalau Iblis akan merusak karyanya sendiri.

19. Dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Apabila pekerjaan-Nya mengusir setan dianggap sebagai dilakukan dengan kuasa Iblis, maka dapatkah orang-orang Yahudi mengemukakan pandangan yang lebih baik untuk para pengikut mereka yang juga mengusir setan?

20. Dengan kuasa Allah. Dengan mempergunakan kuasa Allah, terbukti bahwa Yesus telah membawa pemerintahan Allah di tengah-tengah manusia.

21. Apabila seorang yang kuat dan yang lengkap bersenjata. Iblis adalah si orang kuat yang mencengkeram musuhnya.

22. Seorang yang lebih kuat. Yesus menyatakan keunggulan-Nya atas Iblis dan kemampuan-Nya untuk membebaskan orang dari cengkeraman Iblis itu.

23. Siapa tidak bersama Aku. Bandingkan ayat ini dengan kejadian sebelumnya di ayat 9:50.

Di dalam kejadian sebelumnya itu, Yesus berbicara tentang seseorang yang secara tidak sadar bekerja sama dengan Dia, sedangkan dalam kejadian ini, Dia berbicara tentang orang-orang yang secara sadar menentang diri-Nya.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel