Lukas 8:26-39: Yesus Mengusir Roh Jahat Dari Orang Gerasa

Klik:

Luke / Lukas 8:26-39


Luk 8:26 Lalu mendaratlah Yesus dan murid-murid-Nya di tanah orang Gerasa yang terletak di seberang Galilea.

Luk 8:27 Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.

Luk 8:28 Ketika ia melihat Yesus, ia berteriak lalu tersungkur di hadapan-Nya dan berkata dengan suara keras: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi? Aku memohon kepada-Mu, supaya Engkau jangan menyiksa aku."

Luk 8:29 Ia berkata demikian sebab Yesus memerintahkan roh jahat itu keluar dari orang itu. Karena sering roh itu menyeret-nyeret dia, maka untuk menjaganya, ia dirantai dan dibelenggu, tetapi ia memutuskan segala pengikat itu dan ia dihalau oleh setan itu ke tempat-tempat yang sunyi.

Luk 8:30 Dan Yesus bertanya kepadanya: "Siapakah namamu?" Jawabnya: "Legion," karena ia kerasukan banyak setan.

Luk 8:31 Lalu setan-setan itu memohon kepada Yesus, supaya Ia jangan memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut.

Luk 8:32 Adalah di sana sejumlah besar babi sedang mencari makan di lereng gunung, lalu setan-setan itu meminta kepada Yesus, supaya Ia memperkenankan mereka memasuki babi-babi itu. Yesus mengabulkan permintaan mereka.

Luk 8:33 Lalu keluarlah setan-setan itu dari orang itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas.

Luk 8:34 Setelah penjaga-penjaga babi itu melihat apa yang telah terjadi, mereka lari lalu menceritakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya.

Luk 8:35 Dan keluarlah orang-orang untuk melihat apa yang telah terjadi. Mereka datang kepada Yesus dan mereka menjumpai orang yang telah ditinggalkan setan-setan itu duduk di kaki Yesus; ia telah berpakaian dan sudah waras. Maka takutlah mereka.

Luk 8:36 Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu memberitahukan kepada mereka, bagaimana orang yang dirasuk setan itu telah diselamatkan.

Luk 8:37 Lalu seluruh penduduk daerah Gerasa meminta kepada Yesus, supaya Ia meninggalkan mereka, sebab mereka sangat ketakutan. Maka naiklah Ia ke dalam perahu, lalu berlayar kembali.

Luk 8:38 Dan orang yang telah ditinggalkan setan-setan itu meminta supaya ia diperkenankan menyertai-Nya. Tetapi Yesus menyuruh dia pergi, kata-Nya:

Luk 8:39 "Pulanglah ke rumahmu dan ceriterakanlah segala sesuatu yang telah diperbuat Allah atasmu." Orang itupun pergi mengelilingi seluruh kota dan memberitahukan segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50).

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita, makan waktu sekitar dua setengah tahun.

Termasuk di dalamnya pemilihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung.

Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus, sifat ilahi Yesus, serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Aneka Ragam Pelayanan-Nya (7:1-9:17).

Di dalam bagian antara penugasan para murid dan puncak pelayanan Yesus dalam Pemuliaan di gunung, Lukas menyajikan serangkaian tindakan dan ajaran Tuhan kita, yang tidak membentuk suatu narasi yang berhubungan, tetapi yang menggambarkan sifat dari pelayanan-Nya.

Mukjizat penyembuhan dan perumpamaan yang mengandung suatu kisah, tampaknya menarik bagi Lukas secara khusus.

26. Di tanah orang Gerasa. Nama tempat Gerasa adalah sesuai dengan yang tercantum di dalam naskah-naskah lebih tua yang cukup diakui.

Di seberang danau berhadapan dengan Kapernaum terdapat desa yang dewasa ini puing-puingnya dikenal dengan nama Khersa, dan di dekat tempat itu terdapat lereng-lereng berbatu yang terjal dan kuburan yang ditinggalkan.

Wilayah itu termasuk wilayah Gadara, sehingga dapat juga dinamakan: wilayah orang Gadara.

Perbedaan di dalam naskah kuno, mungkin mencerminkan kebingungan para penulis zaman dulu tentang letak tempat itu, atau bahkan mungkin perbedaan sudut pandang dari para penulis Injil.

Wilayah di sepanjang danau merupakan padang gurun.

27. Seorang laki-laki ... dirasuki oleh setan-setan. Orang yang kerasukan itu demikian berbahaya, sehingga dia diusir oleh masyarakat dan terpaksa tinggal di wilayah kuburan yang sepi.

28. Apa urusan-Mu dengan aku. Mengenali Yesus sebagai Anak Allah, maka setan ketakutan akan dijatuhi hukuman oleh Kristus ketika itu.

29. Untuk menjaganya, ia dirantai dan dibelenggu. Orang yang kerasukan itu perlu diikat dengan kuat.

Dengan kekuatan gaib, dia memutuskan rantai yang mengikatnya dan melarikan diri.

30. Sebuah legion tentara Romawi terdiri atas 6.000 orang. Di sini ungkapan tersebut mungkin hanya berarti jumlah yang besar.

31. Jurang maut maksudnya adalah tempat roh-roh jahat yang dibuang (Why. 9:1; 11:7; 20:1, 3).

32. Sejumlah besar babi. Babi-babi tersebut diternakkan untuk dijual di pasar-pasar bukan Yahudi di Dekapolis.

Orang Yahudi tidak akan membeli atau memakai hewan-hewan tersebut.

33. Kawanan babi itu terjun ... ke dalam danau lalu mati lemas. Pantai timur danau itu demikian terjal, sehingga jika hewan-hewan tersebut mulai berlari, maka mereka tidak bisa berhenti lagi.

Babi tidak bisa berenang, sehingga seluruh kawanan tersebut musnah.

35. Ia telah berpakaian dan sudah waras. Beberapa orang telah mempertanyakan hak Yesus untuk memusnahkan milik orang lain.

Ada pilihan nilai.

Mana yang lebih berharga?

Orang yang sakit itu ataukah babi-babi?

37. Meminta kepada Yesus, supaya Ia meninggalkan mereka. Penduduk jelas lebih menghargai babi-babi daripada orang tersebut, sebab mereka mengkhawatirkan akan ada kesulitan lebih jauh, sehingga mereka mendesak Yesus untuk pergi.

38. Orang ... itu meminta supaya ia diperkenankan menyertai-Nya. Sikap orang yang disembuhkan dari kerasukan itu bertolak belakang dengan sikap mantan tetangganya.

Yesus menyuruh dia pergi. Tuhan tidak menolak orang tersebut, tetapi menyuruhnya melaksanakan tugas tertentu.

Dia menjadi saksi yang efektif tentang kuasa Juruselamat.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel