Keluaran 5:1-6:1: Musa menghadap Firaun -- Bangsa Israel makin ditindas

Musa menghadap Firaun -- Bangsa Israel makin ditindas​.

Setelah belajar perikop Musa yang kembali ke Mesir, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Musa menghadap Firaun, dan akibatnya Bangsa Israel semakin ditindas.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 5:1-6:1 dengan judul perikop Musa menghadap Firaun -- Bangsa Israel makin ditindas).

Kita belajar perikop Musa menghadap Firaun -- Bangsa Israel makin ditindas ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Musa menghadap Firaun -- Bangsa Israel makin ditindas (Kitab Keluaran 5:1-6:1)


Exo 5:1 Kemudian Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Biarkanlah umat-Ku pergi untuk mengadakan perayaan bagi-Ku di padang gurun."

1. Mengadakan perayaan. Frasa ini lebih baik diterjemahkan dengan berziarah. Kata Ibrani hag, "pesta" disertai dengan suatu peziarahan (bdg. 23:14-17).

"Tuntutan yang diajukan kepada Firaun dari pihak Allah orang Israel ... tampak begitu wajar dan masuk akal, sehingga tidak mungkin ditolak seandainya di dalam hati Firaun masih ada sedikit rasa takut kepada Allah" (KD).

Exo 5:2 Tetapi Firaun berkata: "Siapakah TUHAN itu yang harus kudengarkan firman-Nya untuk membiarkan orang Israel pergi? Tidak kenal aku TUHAN itu dan tidak juga aku akan membiarkan orang Israel pergi."

Exo 5:3 Lalu kata mereka: "Allah orang Ibrani telah menemui kami; izinkanlah kiranya kami pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya, untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami, supaya jangan nanti mendatangkan kepada kami penyakit sampar atau pedang."

Exo 5:4 Tetapi raja Mesir berkata kepada mereka: "Musa dan Harun, mengapakah kamu bawa-bawa bangsa ini melalaikan pekerjaannya? Pergilah melakukan pekerjaanmu!"

4. Firaun memandang Musa hanya sebagai orang yang berusaha untuk menawarkan pekerjaan yang lebih baik kepada orang-orang Israel.

Pergilah melakukan pekerjaanmu. Urusilah urusanmu sendiri (sebuah terjemahan bebas).

Exo 5:5 Lagi kata Firaun: "Lihat, sekarang telah terlalu banyak bangsamu di negeri ini, masakan kamu hendak menghentikan mereka dari kerja paksanya!"

Exo 5:6 Pada hari itu juga Firaun memerintahkan kepada pengerah-pengerah bangsa itu dan kepada mandur-mandur mereka sendiri:

Exo 5:7 "Tidak boleh lagi kamu memberikan jerami kepada bangsa itu untuk membuat batu bata, seperti sampai sekarang; biarlah mereka sendiri yang pergi mengumpulkan jerami,

Exo 5:8 tetapi jumlah batu bata, yang harus dibuat mereka sampai sekarang, bebankanlah itu juga kepada mereka dan jangan menguranginya, karena mereka pemalas. Itulah sebabnya mereka berteriak-teriak: Izinkanlah kami pergi mempersembahkan korban kepada Allah kami.

Exo 5:9 Pekerjaan orang-orang ini harus diperberat, sehingga mereka terikat kepada pekerjaannya dan jangan mempedulikan perkataan dusta."

Exo 5:10 Maka para pengerah bangsa itu dan para mandurnya pergi dan berkata kepada mereka: "Beginilah kata Firaun: Aku tidak memberi jerami lagi kepadamu.

Exo 5:11 Pergilah kamu sendiri mengambil jerami, di mana saja kamu mendapatnya, tetapi pekerjaanmu sedikitpun tidak boleh kurang."

Exo 5:12 Lalu berseraklah bangsa itu ke seluruh tanah Mesir untuk mengumpulkan tunggul gandum sebagai pengganti jerami.

Exo 5:13 Dan pengerah-pengerah itu mendesak mereka dengan berkata: "Selesaikan pekerjaanmu, yaitu tugas sehari, seperti pada waktu ada jerami."

Exo 5:14 Lalu pengerah-pengerah Firaun memukul mandur-mandur Israel, yang mereka angkat, sambil bertanya: "Mengapakah kamu pada hari ini tidak menyelesaikan jumlah batu bata yang harus kamu buat seperti kemarin?"

Exo 5:15 Sesudah itu pergilah para mandur Israel kepada Firaun dan mengadukan halnya kepadanya: "Mengapakah tuanku berlaku seperti itu terhadap hamba-hambamu ini?

Exo 5:16 Jerami tidak diberikan lagi kepada hamba-hambamu ini tetapi walaupun begitu, kami diperintahkan: Buatlah batu bata. Dan dalam pada itu hamba-hambamu ini dipukuli, padahal rakyat tuankulah yang bersalah."

16. Rakyat tuankulah yang bersalah. "Engkau bersalah terhadap bangsamu sendiri" (LXX). Terjemahan dan arti yang tepat dari ayat ini tidak jelas, tetapi pasti orang-orang Ibrani membela diri dengan menunjukkan di mana letak kesalahan sesungguhnya.

Exo 5:17 Tetapi ia berkata: "Pemalas kamu, pemalas! Itulah sebabnya kamu berkata: Izinkanlah kami pergi mempersembahkan korban kepada TUHAN!

Exo 5:18 Jadi sekarang, pergilah, bekerja! Jerami tidak akan diberikan lagi kepadamu, tetapi jumlah batu bata yang sama harus kamu serahkan."

Exo 5:19 Maka mengertilah para mandur Israel, bahwa mereka ada dalam keadaan susah, karena dikatakan kepada mereka: "Kamu tidak boleh mengurangi jumlah batu bata pada tiap-tiap hari."

19. Dalam keadaan susah. Apa yang dilakukan oleh para mandor itu tidak dapat mendatangkan pertolongan bagi orang Ibrani.

Exo 5:20 Waktu mereka meninggalkan Firaun berjumpalah mereka dengan Musa dan Harun, yang sedang menantikan mereka,

20. Berjumpalah mereka dengan Musa dan Harun. Secara harfiah, mereka berketetapan untuk menemui Musa dan Harun.

Exo 5:21 lalu mereka berkata kepada keduanya: "Kiranya TUHAN memperhatikan perbuatanmu dan menghukumkan kamu, karena kamu telah membusukkan nama kami kepada Firaun dan hamba-hambanya dan dengan demikian kamu telah memberikan pisau kepada mereka untuk membunuh kami."

21. Membusukkan nama kami. "Mereka berseru kepada Allah untuk menghakimi, padahal keluhan mereka menunjukkan bahwa mereka tidak yakin, bahwa Allah berkuasa menolong" (KD).

Exo 5:22 Lalu Musa kembali menghadap TUHAN, katanya: "Tuhan, mengapakah Kauperlakukan umat ini begitu bengis? Mengapa pula aku yang Kauutus?

Exo 5:23 Sebab sejak aku pergi menghadap Firaun untuk berbicara atas nama-Mu, dengan jahat diperlakukannya umat ini, dan Engkau tidak melepaskan umat-Mu sama sekali."


22. Mengapakah? Pastilah sangat membingungkan Musa, bahwa Allah yang telah mengutusnya untuk membebaskan Israel justru telah membuat dirinya menjerumuskan Israel ke dalam penderitaan yang lebih berat lagi.

Exo 6:1 (5-24) Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Sekarang engkau akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepada Firaun; sebab dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan membiarkan mereka pergi, ya dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan mengusir mereka dari negerinya."

24. Oleh tangan yang kuat. Dia akan dipaksa (Moffatt), oleh kuasa Allah yang kuat.

Tugas Musa kepada Firaun (5:1-7:7).

Musa dan Harun menghadap Firaun untuk memberitahukan kehendak Allah. Permohonan mereka ditolak dengan kasar, dan penindasan Israel makin ditingkatkan melalui perintah Firaun.

Dengan demikian, orang-orang Israel terjerumus ke dalam keadaan putus asa dan penderitaan yang paling parah, sehingga kasih karunia dan kuasa Allah menjadi makin nyata di dalam penebusan mereka.

Daftar keturunan Musa dan Harun disisipkan untuk menunjukkan hubungan mereka dengan Israel sebagai pimpinan yang telah ditetapkan Allah.

Perikop Selanjutnya: Pengutusan Musa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel