1 Raja-raja 8:1-13: Tabut Perjanjian Dipindahkan dan Kemuliaan TUHAN Memenuhi Bait Suci

Setelah belajar perikop Benda-benda Logam Bait Suci dari Kitab 1 Raja-raja, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Tabut Perjanjian Dipindahkan dan Kemuliaan TUHAN Memenuhi Bait Suci.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Raja-raja (1 Kings 8:1-13) dengan judul perikop Tabut Perjanjian Dipindahkan dan Kemuliaan TUHAN Memenuhi Bait Suci).

Kita belajar perikop "Tabut Perjanjian Dipindahkan dan Kemuliaan TUHAN Memenuhi Bait Suci" ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Tabut Perjanjian Dipindahkan dan Kemuliaan TUHAN Memenuhi Bait Suci (Kitab 1Ki 8:1-13)


1Ki 8:1 Pada waktu itu raja Salomo menyuruh para tua-tua Israel dan semua kepala suku, yakni para pemimpin puak orang Israel, berkumpul di hadapannya di Yerusalem, untuk mengangkut tabut perjanjian TUHAN dari kota Daud, yaitu Sion.

1Ki 8:2 Maka pada hari raya di bulan Etanim, yakni bulan ketujuh, berkumpullah di hadapan raja Salomo semua orang Israel.

1Ki 8:3 Setelah semua tua-tua Israel datang, maka imam-imam mengangkat tabut itu.

1Ki 8:4 Mereka mengangkut tabut TUHAN dan Kemah Pertemuan dan segala barang kudus yang ada dalam kemah itu; semuanya itu diangkut oleh imam-imam dan orang-orang Lewi.

1Ki 8:5 Tetapi raja Salomo dan segenap umat Israel yang sudah berkumpul di hadapannya, berdiri bersama-sama dengan dia di depan tabut itu, dan mempersembahkan kambing domba dan lembu sapi yang tidak terhitung dan tidak terbilang banyaknya.

1Ki 8:6 Kemudian imam-imam membawa tabut perjanjian TUHAN itu ke tempatnya, di ruang belakang rumah itu, di tempat maha kudus, tepat di bawah sayap kerub-kerub;

1Ki 8:7 sebab kerub-kerub itu mengembangkan kedua sayapnya di atas tempat tabut itu, sehingga kerub-kerub itu menudungi tabut serta kayu-kayu pengusungnya dari atas.

1Ki 8:8 Kayu-kayu pengusung itu demikian panjangnya, sehingga ujungnya kelihatan dari tempat kudus, yang di depan ruang belakang itu, tetapi tidak kelihatan dari luar; dan di situlah tempatnya sampai hari ini.

1Ki 8:9 Dalam tabut itu tidak ada apa-apa selain dari kedua loh batu yang diletakkan Musa ke dalamnya di gunung Horeb, yakni loh-loh batu bertuliskan perjanjian yang diadakan TUHAN dengan orang Israel pada waktu perjalanan mereka keluar dari tanah Mesir.

1Ki 8:10 Ketika imam-imam keluar dari tempat kudus, datanglah awan memenuhi rumah TUHAN,

1Ki 8:11 sehingga imam-imam tidak tahan berdiri untuk menyelenggarakan kebaktian oleh karena awan itu, sebab kemuliaan TUHAN memenuhi rumah TUHAN.

1Ki 8:12 Pada waktu itu berkatalah Salomo: "TUHAN telah menetapkan matahari di langit, tetapi Ia memutuskan untuk diam dalam kekelaman.

1Ki 8:13 Sekarang, aku telah mendirikan rumah kediaman bagi-Mu, tempat Engkau menetap selama-lamanya."


1. Pada waktu itu Raja Salomo menyuruh para tua-tua Israel dan semua kepala suku berkumpul di hadapannya. Raja merencanakan untuk mengadakan sebuah kebaktian pentahbisan Bait Suci tersebut.

Sebagai pendahuluan dari kebaktian tersebut, Tabut Perjanjian dibawa memasuki tempatnya yang baru.

Kebaktian pentahbisan itu sendiri diadakan sekitar sebelas bulan sesudah pembangunan Bait Suci tersebut selesai.

Pendapat seorang sarjana Perjanjian Lama Jerman, Ewald, bahwa bangunan tersebut ditahbiskan sebulan sebelum selesai dibangun, tidak dapat dipertahankan.

Sebelumnya, Tabut Perjanjian diletakkan di kota Daud atau Bukit Sion (II Taw. 6:5-7).

Tindakan aktual pemindahan Tabut Perjanjian tersebut dilaksanakan dalam sebuah arak-arakan yang khidmad namun penuh sukacita.

5. Mempersembahkan kambing domba dan lembu sapi yang tidak terhitung dan tidak terbilang banyaknya. Tindakan memberikan persembahan menurut teologi Israel bukan hanya merupakan upacara pertobatan saja namun juga merupakan upacara yang mengungkapkan rasa terima kasih dan sukacita.

Peristiwa yang sebesar itu rupanya memerlukan dipersembahkannya sejumlah besar hewan kurban.

Musim yang dipilih untuk pelaksanaan upacara ini adalah musim Etanim, nama terdahulu dari bulan Tisri yaitu yang sama dengan bulan Oktober - November.

6. Kemudian imam-imam membawa Tabut Perjanjian Tuhan itu ke tempatnya. Dari pengalaman pahit yang dialami Daud ketika memindahkan Tabut Perjanjian tersebut, Salomo telah mengetahui urutan arak-arakan yang dikehendaki Allah (II Sam. 6:6 dst.).

Oleh karena itu dia mempercayakan pelaksanaan pemindahan Tabut tersebut kepada para pengawas Tabut yang telah ditetapkan, yaitu orang Lewi.

9. Dalam Tabut itu tidak ada apa-apa selain dari kedua loh batu yang diletakkan Musa ke dalamnya di Gunung Horeb. Di dalam Ibrani 9:4 disebutkan adanya dua benda tambahan yang juga dimasukkan ke dalam Tabut itu; kedua benda tersebut ialah buli-buli berisi mana dan tongkat Harun yang berkembang.

Yang tampaknya merupakan perbedaan di antara Perjanjian Lama (I Raj. 8:9) dan Perjanjian Baru di dalam hal ini mungkin disebabkan Perjanjian Baru mengacu kepada saat yang lebih awal, barangkali pada zaman Musa.

Khotbah Salomo (8:12-21).

Tuhan ... memutuskan untuk diam dalam kekelaman. Pembicara itu mengarahkan perhatian para pendengarnya pada sikap merendahkan diri Allah.

Pokok utama dari khotbah ini ialah bahwa Allah surgawi yang mahakuasa bersedia meninggalkan tempat tinggal-Nya dan hadir untuk melindungi bangsa itu dengan tinggal di rumah yang telah dibuatkan oleh Salomo untuk menyembah dan menghormati diri-Nya.

Meskipun bangunan tersebut akan dinilai megah dan cemerlang sebagai hasil tangan manusia, Salomo sadar bahwa semua itu tidak ada bandingannya dengan segenap kemuliaan surgawi, yaitu tempat tinggal Allah.

17. Ketika Daud . . . bermaksud mendirikan rumah untuk nama Tuhan. "Pengkhotbah yang bangsawan" itu tidak lupa mengucapkan syukur atas segenap budi baik ayahnya.

Perikop Selanjutnya: TUHAN Menepati Janji-Nya Kepada Daud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel