Keluaran 15:22-27: Di Mara dan di Elim

Di Mara dan di Elim​.

Setelah belajar perikop Nyanyian Musa dan Israel, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Di Mara dan di Elim.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 15:22-27 dengan judul perikop Di Mara dan di Elim).

Kita belajar perikop Di Mara dan di Elim ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Di Mara dan di Elim (Kitab Keluaran 15:22-27)


Exo 15:22 Musa menyuruh orang Israel berangkat dari Laut Teberau, lalu mereka pergi ke padang gurun Syur; tiga hari lamanya mereka berjalan di padang gurun itu dengan tidak mendapat air.

22. Padang gurun Syur. Terletak di sebelah timur terusan Suez, di bagian barat laut dari semenanjung tersebut.

Syur di dalam bahasa Ibrani artinya tembok.

Di dalam Bilangan 33:8, tempat ini disebut padang gurun Etam, yang merupakan nama Mesir bagi tempat yang sama. Barangkali tempat itu diberi nama karena adanya deretan benteng yang didirikan di situ.

Tiga hari. Sesudah tiga hari, maka air yang mereka bawa pasti sudah hampir habis, walaupun mereka bergerak mungkin tidak lebih dari lima belas mil.

Exo 15:23 Sampailah mereka ke Mara, tetapi mereka tidak dapat meminum air yang di Mara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu Mara.

23. Mara. Mara bisa disamakan dengan Ain Hawara, sebuah sumber air payau kecil yang tidak bisa diminum.

Exo 15:24 Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum?"

24. Bersungut-sungut. Nyaris tanggapan otomatis dari bangsa Israel ketika menghadapi setiap bentuk kesulitan, sebagaimana juga reaksi sebagian besar umat Allah sesudah itu.

Exo 15:25 Musa berseru-seru kepada TUHAN, dan TUHAN menunjukkan kepadanya sepotong kayu; Musa melemparkan kayu itu ke dalam air; lalu air itu menjadi manis. Di sanalah diberikan TUHAN ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan kepada mereka dan di sanalah TUHAN mencoba mereka,

Exo 15:26 firman-Nya: "Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau."


25-26. Usaha untuk menjelaskan mukjizat ini secara alamiah, yaitu mencari sejenis pohon yang dapat mengubah air yang tidak dapat diminum menjadi dapat diminum, benar-benar sia-sia.

Melalui ujian dari Yehovah, serta bukti tentang perhatian dan kuasa-Nya ini, ditetapkanlah sebuah peraturan untuk selama-lamanya, bahwa bagi orang yang taat, Allah akan menjadi baginya Yehovah Rõpekã, "Tuhanlah yang menyembuhkan engkau."

Exo 15:27 Sesudah itu sampailah mereka di Elim; di sana ada dua belas mata air dan tujuh puluh pohon korma, lalu berkemahlah mereka di sana di tepi air itu.

27. Elim. Sekitar enam mil dari Ain Hawara terdapat sebuah oasis besar yang indah sekali dengan jumlah air yang banyak, yaitu Wadi Gharandel, yang gambarannya cukup cocok dengan Elim.

Israel di Padang Gurun (15:22-18:27)


Setelah dilepaskan dari perbudakan di Mesir, bangsa Israel sekarang dipimpin oleh Allah menuju ke Gunung Sinai.

Pada tahap ini, umat Allah masih merupakan gerombolan yang tidak teratur, senang bersengketa dan kurang iman.

Mereka masih harus dibentuk menjadi bangsa yang dapat melayani Dia.

Untuk mencapai hal itu, segala sesuatu, termasuk perjalanan mereka ke Sinai, akan berperanan dalam membina mereka.

Jalur perjalanan tradisional mereka, menyusuri tepi barat semenanjung itu, masih merupakan jalur yang diterima secara luas oleh para pakar Alkitab, dan merupakan jalur yang masuk akal.

Sekalipun tempat-tempat yang disebutkan dalam Alkitab, tidak dapat diidentifikasi dengan pasti, letaknya secara umum cukup dapat ditentukan.

(Untuk berbagai jalur lain yang diusulkan, bdg. Rand McNally, Bible Atlas.)

Perikop Selanjutnya: Manna, Sabat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel