Yohanes 19:28-30: Yesus Mati

Klik:

Joh / Yohanes 19:28-30


Joh 19:28 Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia--supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci--:"Aku haus!"

Joh 19:29 Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus.

Joh 19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.


Tafsiran Wycliffe


28. Aku haus. Kebutuhan jasmaniah Yesus mencuat keluar, satu-satunya petunjuk lahiriah tentang keadaan diri-Nya yang dibiarkan-Nya keluar dari bibir-Nya.

Sekalipun demikian, Dia mengemukakan fakta, bukan mengutarakan permintaan.

Supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci. Mazmur 69: Doa Dalam Kesesakan (Psa 69:21 (69-22) Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.).

30. Anggur asam. Minuman ini sanggup membangkitkan kembali kekuatan Yesus, yang membuat Dia mampu berkata (dengan nyaring menurut Injil Lukas 23:46 Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya).

Sudah selesai (tetelestai). Kata yang sama sudah muncul di dalam ayat 28.

Yang ditekankan di sini bukan akhir dari rangkaian penderitaan-Nya, melainkan penyelesaian misi penebusan.

Menyerahkan nyawa-Nya. Menyerahkan Roh-Nya (kepada Allah).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel