Beberapa Usaha Raja Salomo

Setelah belajar perikop TUHAN Menampakkan Diri Kepada Salomo Untuk Kedua Kalinya dari Kitab 1 Raja-raja, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Beberapa Usaha Raja Salomo.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Raja-raja (1 Kings 9:10-28) dengan judul perikop Beberapa Usaha Raja Salomo).

Kita belajar perikop "Beberapa Usaha Raja Salomo" ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Beberapa Usaha Raja Salomo (Kitab 1Ki 9:10-28)


1Ki 9:10 Setelah lewat dua puluh tahun selesailah Salomo mendirikan kedua rumah itu, yakni rumah TUHAN dan istana raja.

1Ki 9:11 Oleh karena Hiram, raja Tirus, telah membantu Salomo dengan kayu aras, kayu sanobar, dan emas, sebanyak yang dikehendakinya, maka pada waktu itu raja Salomo memberikan kepada Hiram dua puluh kota di negeri Galilea.

1Ki 9:12 Tetapi ketika Hiram datang dari Tirus untuk melihat-lihat kota-kota yang diberikan Salomo kepadanya itu, maka semuanya kurang menyenangkan hatinya.

1Ki 9:13 Sebab itu ia berkata: "Macam apakah kota-kota yang telah kauberikan kepadaku ini, hai saudaraku?" Maka orang menyebutkannya tanah Kabul sampai hari ini.

1Ki 9:14 Adapun Hiram telah mengirim kepada raja seratus dua puluh talenta emas.

1Ki 9:15 Beginilah hal orang-orang rodi yang telah dikerahkan oleh raja Salomo. Mereka dikerahkan untuk mendirikan rumah TUHAN, dan istana raja, dan Milo, dan tembok Yerusalem, dan juga untuk memperkuat Hazor, Megido dan Gezer.

1Ki 9:16 --Sebab Firaun, raja Mesir, telah maju berperang dan merebut Gezer, lalu membakarnya dan membunuh orang-orang Kanaan yang diam di kota itu. Kemudian diberikannya kota itu sebagai hadiah kawin kepada anaknya, isteri Salomo,

1Ki 9:17 maka Salomo memperkuat Gezer--.Lagipula ada orang rodi yang dikerahkan di Bet-Horon Hilir,

1Ki 9:18 di Baalat, di Tamar di padang gurun, yang ada di negeri Yehuda,

1Ki 9:19 dan di segala kota perbekalan kepunyaan Salomo, di kota-kota tempat kereta, di kota-kota tempat orang berkuda dan di mana saja Salomo menginginkan mendirikan sesuatu di Yerusalem atau di gunung Libanon, atau di segenap negeri kekuasaannya.

1Ki 9:20 Semua orang yang masih tinggal dari orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, yang tidak termasuk orang Israel,

1Ki 9:21 yakni mereka yang masih tinggal di negeri itu dari keturunan bangsa-bangsa itu dan yang tidak dapat ditumpas oleh orang Israel, merekalah yang dikerahkan Salomo untuk menjadi budak rodi; demikianlah mereka sampai hari ini.

1Ki 9:22 Tetapi orang Israel tidak ada yang dijadikan budak oleh Salomo, melainkan mereka menjadi prajurit, pegawai, pembesar, perwira, atau panglima atas pasukan kereta dan pasukan berkuda.

1Ki 9:23 Inilah pemimpin-pemimpin umum yang mengepalai pekerjaan Salomo: lima ratus lima puluh orang memerintah rakyat yang melakukan pekerjaan itu.

1Ki 9:24 Segera sesudah anak Firaun pindah dari kota Daud ke rumah yang telah didirikan Salomo baginya, Salomopun mendirikan Milo.

1Ki 9:25 Tiga kali setahun Salomo mempersembahkan korban-korban bakaran dan korban-korban keselamatan di atas mezbah yang didirikannya bagi TUHAN, dan ia membakar korban api-apiannya di hadapan TUHAN. Demikianlah ia menyelesaikan rumah itu.

1Ki 9:26 Raja Salomo membuat juga kapal-kapal di Ezion-Geber yang ada di dekat Elot, di tepi Laut Teberau, di tanah Edom.

1Ki 9:27 Dengan kapal-kapal itu Hiram mengirim anak buahnya, yaitu anak-anak kapal yang tahu tentang laut, menyertai anak buah Salomo.

1Ki 9:28 Mereka sampai ke Ofir dan dari sana mereka mengambil empat ratus dua puluh talenta emas, yang mereka bawa kepada raja Salomo.


12. Ketika Hiram datang dari Tirus untuk melihat-lihat kota-kota yang diberikan Salomo kepadanya. Sebagai penukaran atas bantuan materiil yang dari Tirus, Salomo setuju untuk memberikan kepada Hiram dua puluh kota yang terletak di bagian utara Galilea.

Ada dugaan bahwa harta bangsa Israel pada waktu itu sedang kurang sehingga kota-kota tersebut diserahkan sebagai ganti pembayaran tunai. Kota-kota yang diserahkan itu kemudian dikenal sebagai "Galilea wilayah bangsa-bangsa lain" (Mat. 4:15).

13. Kabul. Tanah yang gersang.

14. Seratus dua puluh talenta emas. Pada tahun 1960 diperhitungkan harganya adalah setara dengan $ 3500. Arti dari nas ini agak membingungkan; tampaknya tidak semua rincian dari perjanjian dagang kedua raja ini dikemukakan.

15. Megido. Kandang-kandang kuda Salomo di Megido yang oleh para sarjana liberal biasanya dianggap sebagai hanya isapan jempol saja.

Tetapi, "penggalian purbakala yang dilaksanakan di Megido oleh Universitas Chicago telah menemukan adanya wilayah yang cukup luas berupa sisa-sisa kandang yang diduga berasal dari zaman Salomo" (Free, op.cit.).

Kandang-kandang kuda tersebut cukup luas untuk tempat sekitar tiga ratus hingga lima ratus ekor kuda.

Keadaan itu sesuai dengan apa yang tertulis dalam Alkitab ini.

24. Anak Firaun pindah dari kota Daud. Putri Firaun tersebut dipindahkan dari Bukit Zion agar latar belakang kafirnya tidak menjadi sandungan bagi orang Israel yang saleh.

Milo. Mungkin merupakan bagian dari tembok pertahanan Yerusalem yang telah dirusak oleh Daud untuk menerobos memasuki pertahanan orang Yebus dan kini telah diperbaiki (bdg. 11:27; II Sam. 5:9).

25. Tiga kali setahun Salomo mempersembahkan korban-korban bakaran. Sekalipun hati Salomo tidak benar di hadapan Allah, dia tetap rajin melaksanakan tugas-tugas lahiriah yang ditentukan oleh hukum Musa (Kel. 23:14-17).

Demikianlah ia menyelesaikan rumah itu. Pernyataan ini dapat dianggap sebagai penutup dari rangkuman mengenai kegiatan Salomo membangun.

26. Raja Salomo membuat juga kapal-kapal di Ezion-Geber. Ezion-Geber merupakan kota pelabuhan Salomo.

Kota ini terletak di bagian selatan Laut Merah dekat Elot atau Eilat menurut orang Israel.

Penggalian purbakala kembali telah membuktikan bahwa apa yang disampaikan Alkitab tentang hal ini sesuai dengan sejarah.

Pada tahun 1938 dan 1939, di bawah pimpinan Nelson Glueck, para penggali telah berhasil menemukan sisa-sisa dari kota penting di situs yang diduga adalah Ezion-Geber.

Regu Glueck telah menemukan adanya tempat-tempat pembakaran yang dipakai untuk menghasilkan tembaga untuk diperdagangkan oleh Salomo. Kota Ezion-Geber sering disebut "Pittsburgh" zaman Alkitab.

28. Mereka sampai ke Ofir. Para pelaut pedagang Salomo menjangkau cukup luas hingga berlayar sampai ke Ofir.

Pada umumnya diakui bahwa Ofir berada di barat laut Arab, namun beberapa pakar mengatakan bahwa letaknya di India, yaitu atas dasar barang muatan yang disebutkan dalam 10:22.

Perikop Selanjutnya: Kunjungan Ratu Negeri Syeba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel