2 Raja-raja 16: Ahas, Raja Yehuda

Ahas adalah raja pertama yang paling rusak dari kerajaan Yehuda, ia bahkan mempersembahkan anaknya sebagai korban bakaran. Tapi, anehnya orang yang rusak bisa mempunyai anak yang sebaik raja Hizkia.

Klik:

2 Raja-raja 16


2Ki 16:1 Dalam tahun ketujuh belas zaman Pekah bin Remalya, Ahas anak Yotam raja Yehuda menjadi raja.

2Ki 16:2 Ahas berumur dua puluh tahun pada waktu ia menjadi raja dan enam belas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia tidak melakukan apa yang benar di mata TUHAN, Allahnya, seperti Daud, bapa leluhurnya,

2Ki 16:3 tetapi ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel, bahkan dia mempersembahkan anaknya sebagai korban dalam api, sesuai dengan perbuatan keji bangsa-bangsa yang telah dihalau TUHAN dari depan orang Israel.

2Ki 16:4 Ia mempersembahkan dan membakar korban di bukit-bukit pengorbanan dan di atas tempat-tempat yang tinggi dan di bawah setiap pohon yang rimbun.

2Ki 16:5 Pada waktu itu majulah Rezin, raja Aram, dan Pekah bin Remalya, raja Israel, untuk memerangi Yerusalem. Dan mereka mengepung Ahas, tetapi mereka tidak dapat mengalahkan dia.

2Ki 16:6 Pada masa itu Rezin, raja Aram, mengembalikan Elat kepada Edom, lalu ia mengusir orang-orang Yehuda dari Elat. Datanglah orang-orang Edom ke Elat dan diam di sana sampai hari ini.

2Ki 16:7 Ahas menyuruh utusan-utusan kepada Tiglat-Pileser, raja Asyur, mengatakan: "Aku ini hambamu dan anakmu. Majulah dan selamatkanlah aku dari tangan raja Aram dan dari tangan raja Israel, yang telah bangkit menyerang aku."

2Ki 16:8 Ahas mengambil perak dan emas yang terdapat dalam rumah TUHAN dan dalam perbendaharaan istana raja, dan mengirimnya kepada raja Asyur sebagai persembahan.

2Ki 16:9 Maka raja Asyur mendengarkan permintaannya dan maju melawan Damsyik, merebutnya dan mengangkut penduduknya tertawan ke Kir, tetapi Rezin dibunuhnya.

2Ki 16:10 Sesudah itu pergilah raja Ahas menemui Tiglat-Pileser, raja Asyur, ke Damsyik. Setelah raja Ahas melihat mezbah yang ada di Damsyik, dikirimnyalah kepada imam Uria ukuran dan bagan mezbah itu, menurut buatannya yang tepat.

2Ki 16:11 Lalu imam Uria mendirikan mezbah; tepat seperti keterangan yang dikirimkan raja Ahas dari Damsyik, demikianlah dibuat imam Uria menjelang datangnya raja Ahas dari Damsyik.

2Ki 16:12 Setelah raja pulang dari Damsyik, maka raja melihat mezbah itu. Lalu mendekatlah raja kepada mezbah itu, naik ke atasnya,

2Ki 16:13 membakar korban bakarannya dan korban sajiannya, mencurahkan korban curahannya di atas mezbah itu, dan menyiramkan darah korban keselamatannya kepadanya.

2Ki 16:14 Tetapi ia menyuruh menggeser mezbah tembaga yang ada di hadapan TUHAN dari depan rumah TUHAN, dari antara mezbah baru dengan rumah itu, dan menaruhnya di sebelah utara mezbah baru itu.

2Ki 16:15 Kemudian raja Ahas memerintahkan kepada imam Uria: "Bakarlah di atas mezbah besar itu korban bakaran pagi dan korban sajian petang, juga korban bakaran dan korban sajian raja, lagi korban bakaran dan korban sajian dan korban-korban curahan seluruh rakyat negeri; dan siramkanlah kepadanya segenap darah korban bakaran dan segenap darah korban sembelihan; tetapi mezbah tembaga itu adalah urusanku."

2Ki 16:16 Lalu imam Uria melakukan tepat seperti yang diperintahkan raja Ahas.

2Ki 16:17 Sesudah itu raja Ahas memotong papan penutup kereta penopang dan menyingkirkan bejana pembasuhan dari atasnya, juga "laut" itu diturunkannya dari atas lembu tembaga yang mendukungnya dan ditaruhnya di atas alas batu.

2Ki 16:18 Selanjutnya, demi raja Asyur, disingkirkannya dari rumah TUHAN serambi tertutup untuk hari Sabat yang telah didirikan pada rumah TUHAN, juga pintu masuk untuk raja yang di sebelah luar.

2Ki 16:19 Selebihnya dari riwayat Ahas dan apa yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Ki 16:20 Kemudian Ahas mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di kota Daud. Maka Hizkia, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.


Tafsiran Wycliffe


16:1. Dalam tahun ketujuh belas. Lihat tafsiran 15:32 [baca: Perikop Yotam, raja Yehuda].

2, 3. Ahas ... hidup menurut kelakuan raja-raja Israel (bdg. Taw. 28:1-4, khususnya ay. 3, 4). Ahas melanggar perjanjian dengan Tuhan. Dia hidup seperti raja-raja Israel lainnya dan membuat patung-patung Baal untuk disembah (bdg. Kel. 20:3).

Mempersembahkan anaknya sebagai korban dalam api. Bilangan 31:23 menunjukkan, bahwa yang dimaksudkan adalah pembakaran yang sungguh-sungguh.

Ahas mempersembahkan anak-anaknya sendiri kepada Baal (II Taw. 28:3). Hal ini merupakan salah satu dosa yang membuat Israel dibuang (lih. taf. 17:17).

5. Pada waktu itu ... Rezin ... dan Pekah. Lihat tafsiran 15:37 [baca: Perikop Yotam, raja Yehuda].

Kini penduduk Aram dan Kanaan menahan lajunya pasukan Asyur, dan ini merupakan usaha untuk memaksa Ahas agar ikut bergabung.

Jadi Tuhan memakai situasi untuk menghajar Ahas, yaitu dengan mengirimkan kekuatan-kekuatan ini melawannya karena dosa-dosanya.

Untuk kelepasan yang diajukan oleh Tuhan lihat Yesaya 7.

Namun, Ahas dikalahkan oleh Pekah sebab dia tidak beriman (Yes. 7:4, 9b, 11, 12) dan banyak rakyatnya kemudian ditawan (II Taw. 28:5-8).

6. Rezin ... mengembalikan Elat kepada Edom. Hukuman selanjutnya bagi Yehuda karena dosa-dosa mereka.

7. Ahas menyuruh utusan-utusan. Bandingkan Yesaya 7:17. Asyur tetap saja akan menjarah negeri itu sekalipun ada usaha untuk mencegahnya. Ketika Aram runtuh, Yehuda kehilangan penahan terhadap serbuan pasukan Asyur.

Hambamu. Harga bantuan dari Asyur adalah kesediaan menjadi negeri bawahan.

8. Ahas mengambil perak dan emas. Dia tidak memperhatikan apa yang dijanjikan Yesaya. Hal itu tidak bisa dipercayainya.

9. Raja Asyur . . maju melawan Damsyik. Tiglat merebut Damsyik, namun dia juga menyiksa Ahas.

II Tawarikh 28:20 mengatakan: "Bukan membantu dia, melainkan menyesakkan dia (Ahas)."

10. Raja Ahas melihat mezbah (di Damsyik). Ahas berangkat untuk menyatakan takluk kepada Tiglat atas perkenan Tiglat selama ini, namun mezbah itu menambah lagi dosa yang membuatnya makin jauh dari Allah.

11. Perhatikan kesesatan ria sang imam besar yang melanggar perjanjian dengan Tuhan melalui tindakan-tindakannya.

12, 13. Raja melihat mezbah itu ... lalu ... membakar korban bakarannya. Ahas menemukan, bahwa mezbah itu sudah siap (bdg. ay. 10) - mezbah Salomo yang asli sudah dipindahkan ke utara - dan dia memberikan persembahannya di situ.

15. Itu adalah urusanku. Terjemahkan: Menjadi pertimbanganku, maksudnya: Sesudah mempertimbangkannya aku akan membuat pengaturan selanjutnya mengenai hal itu.

Mezbah Salomo yang ada di [sebelah utara mezbah baru] Damsyik itu membuat Ahas tidak enak hati.

Dia berdosa kepada Tuhan dengan menyingkirkan mezbah yang dibuat sesuai dengan perintah Tuhan dan yang diletakkan di tempat yang ditetapkan Tuhan. Alat-alat yang ditetapkan Allah tidak boleh dibuat main-main.

17, 18. Ahas lebih merusak perabotan Bait Allah lagi dengan membuang hiasan-hiasan yang ada karena takut (bukan demi, untuk menyenangkan) raja Asyur. Dia menjaga agar tidak terkena murka Tiglat Pileser, seandainya Tiglat Pileser datang berkunjung ke Yerusalem.

Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana, dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel