2 Tawarikh: Persiapan-persiapan Untuk Mendirikan Bait Suci
Sabtu, Mei 19, 2018
Edit
Klik:
2 Chronicles 2
2Ch 2:1 Salomo memerintahkan untuk mendirikan suatu rumah bagi nama TUHAN dan suatu istana kerajaan bagi dirinya sendiri.
2Ch 2:2 Dan Salomo mengerahkan tujuh puluh ribu kuli, delapan puluh ribu tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus mandur untuk mengawasi mereka itu.
2Ch 2:3 Lalu Salomo mengutus orang kepada Huram, raja negeri Tirus, dengan pesan: "Perbuatlah terhadap aku seperti yang kauperbuat terhadap ayahku Daud, ketika engkau mengirim kayu aras kepadanya, sehingga ia dapat mendirikan baginya suatu istana untuk tinggal di situ.
2Ch 2:4 Ketahuilah, aku hendak mendirikan sebuah rumah bagi nama TUHAN, Allahku, untuk menguduskannya bagi Dia, supaya di hadapan-Nya dibakar ukupan dari wangi-wangian, tetap diatur roti sajian dan dipersembahkan korban bakaran pada waktu pagi dan pada waktu petang, pada hari-hari Sabat dan bulan-bulan baru, dan pada perayaan-perayaan yang ditetapkan TUHAN, Allah kami, sebab semuanya itu adalah kewajiban orang Israel untuk selama-lamanya.
2Ch 2:5 Dan rumah yang hendak kudirikan itu harus besar, sebab Allah kami lebih besar dari segala allah.
2Ch 2:6 Tetapi siapa yang mampu mendirikan suatu rumah bagi Dia, sedangkan langit, bahkan langit yang mengatasi segala langitpun tidak dapat memuat Dia? Dan siapakah aku ini, sehingga aku hendak mendirikan suatu rumah bagi Dia, kecuali sebagai tempat untuk membakar korban di hadapan-Nya?
2Ch 2:7 Maka sekarang, kirimlah kepadaku seorang yang ahli mengerjakan emas, perak, tembaga, besi, kain ungu muda, kain kirmizi, kain ungu tua, dan yang juga pandai membuat ukiran, untuk membantu para ahli yang ada padaku di Yehuda dan di Yerusalem, yang telah ditunjuk ayahku Daud.
2Ch 2:8 Kirim juga kepadaku kayu aras, sanobar dan cendana dari gunung Libanon, sebab aku tahu, bahwa hamba-hambamu pandai menebang pohon dari Libanon. Dalam pada itu hamba-hambaku akan membantu hamba-hambamu
2Ch 2:9 untuk menyediakan bagiku sejumlah besar kayu, sebab rumah yang hendak kudirikan itu harus besar dan mentakjubkan.
2Ch 2:10 Dan untuk tukang-tukang yang menebang pohon kuberikan gandum dua puluh ribu kor, jelai dua puluh ribu kor, anggur dua puluh ribu bat dan minyak dua puluh ribu bat, sebagai bahan makanan bagi hamba-hambamu itu."
2Ch 2:11 Dan Huram, raja negeri Tirus, mengirim surat balasan kepada Salomo, yang berbunyi: "Karena TUHAN mengasihi umat-Nya, Ia telah mengangkat engkau menjadi raja atas mereka."
2Ch 2:12 Lalu Huram melanjutkan: "Terpujilah TUHAN, Allah orang Israel, yang menjadikan langit dan bumi, karena Ia telah memberikan kepada raja Daud seorang anak yang bijaksana, penuh akal budi dan pengertian, yang akan mendirikan suatu rumah bagi TUHAN dan suatu istana kerajaan bagi dirinya sendiri!
2Ch 2:13 Maka sekarang aku mengirim seorang ahli, yang penuh pengertian, yakni Huram Abi,
2Ch 2:14 anak seorang perempuan dari bani Dan, sedang ayahnya orang Tirus. Ia pandai mengerjakan emas, perak, tembaga, besi, batu, kayu, kain ungu muda, kain ungu tua, lenan halus dan kain kirmizi, dan juga pandai membuat segala jenis ukiran dan segala jenis rancangan yang ditugaskan kepadanya dengan dibantu oleh ahli-ahlimu dan oleh ahli-ahli ayahmu, tuanku Daud.
2Ch 2:15 Baiklah sekarang tuanku kirim kepada hamba-hamba tuanku gandum dan jelai, minyak dan anggur yang telah tuanku sebutkan itu.
2Ch 2:16 Dan kami akan menebang kayu dari gunung Libanon sebanyak engkau perlukan dan membawanya kepadamu dengan rakit-rakit melalui laut sampai ke Yafo, dan engkau dapat mengangkutnya ke Yerusalem."
2Ch 2:17 Lalu Salomo menghitung semua orang asing yang laki-laki yang ada di negeri Israel sama seperti yang pernah dilakukan Daud, ayahnya. Maka terdapatlah seratus lima puluh tiga ribu enam ratus orang.
2Ch 2:18 Dan dari antara mereka, tujuh puluh ribu orang dijadikannya kuli, delapan puluh ribu orang tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus orang mandur yang harus menyuruh orang-orang itu bekerja.
Tafsiran Wycliffe
Bait Suci Salomo (2:1-7:22).
Hasil warisan terbesar Salomo adalah kitab-kitab terilhamkan yang ditulis olehnya (Amsal, Pengkhotbah, Kidung Agung, dan mungkin Ayub) dan Bait Allah yang megah itu.
Bagi kita sekarang, hal pertama jelas lebih bermakna daripada yang kedua.
Tetapi bagi Ezra yang hidup pada saat tulisan-tulisan yang diilhamkan Allah dalam kanon Perjanjian Lama berakhir (II Tim. 3:16; lih. Pendahuluan, Tanggal Penulisan), dan saat Bait Allah merupakan pusat untuk menghampiri Allah, maka hal kedua jelas menjadi perhatian utamanya, peristiwa yang baginya mengalahkan semua hal lain dalam karier Salomo.
Tentang Bait Suci, seperti halnya Kemah Suci yang mendahuluinya, merupakan lambang kehadiran Allah (yang telah menebus mereka) di tengah-tengah bangsa (7:1, 2; Kel. 29:45, 46).
Bait Suci merupakan jalan keselamatan bagi mereka, yang dengan berbagai persembahan kurbannya telah mengantisipasi [kedatangan] Anak Domba Allah yang akan "berkemah" di tengah-tengah kita untuk mengangkat dosa-dosa dunia (Yoh. 1:14, 29).
Bait Suci juga melambangkan pemuliaan yang menanti manusia di hadirat Allah di surga (Kel. 24:18; Ibr. 9:24).
Karena itu penulis Tawarikh memanfaatkan enam dari sembilan pasal, mengenai Salomo untuk membahas Bait Suci ini: persiapannya (ps. 2), pembangunannya (ps. 3, 4) dan penahbisannya (ps. 5-7).
Bagian ini merupakan penjelasan yang sama dengan I Raja-Raja 5;6; 7:13; 8:66.
Persiapan (2:1-18).
Perencanaan utama pembangunan Bait Allah sudah dilaksanakan oleh Daud: membuat pola bangunan, mengumpulkan perlengkapan dan mendaftar personalianya (I Taw. 22; 28; 29).
Salomo tinggal mengatur angkatan kerjanya saja (2:2, 17, 18).
Tetapi, tindakannya yang paling bijaksana adalah meminta bantuan raja Hiram dari Tirus, sahabat Daud (bdg. ay. 12) untuk penyediaan tenaga ahli dalam mengawasi pembangunan serta penyediaan kayu aras yang tidak ada duanya dari Libanon (ay. 3-10).
Dengan cepat disusun sebuah kontrak yang menguntungkan keduanya (ay. 11-16).
2. Tujuh puluh ribu kuli (sama dengan ay. 17, 18). Para pekerja yang jumlahnya seratus lima puluh tiga ribu enam ratus orang ini terdiri dari orang-orang asing yang tinggal di Israel sebagaimana telah dihitung oleh Daud (taf. I Taw. 22:2).
Salomo juga mempekerjakan tiga puluh ribu orang buruh dari luar Israel yang dibagi menjadi tiga regu, masing-masing sepuluh ribu orang, dengan setiap buruh harus bekerja satu bulan penuh setiap tiga bulan (I Raj. 5:13, 14).
3. Huram, raja negeri Tirus. Baca Hiram (maksudnya, Ahiram), seperti di I Raja-Raja, II Samuel dan I Tawarikh.
Negeri Tirus. Terletak pada daerah pantai Mediterania, di utara Israel.
Tirus merupakan kerajaan yang memiliki pelabuhan terbaik di wilayah tersebut, penduduknya orang Fenisia dan terkenal sebagai pedagang yang terkemuka.
Kauperbuat terhadap ayahku Daud. Lihat I Tawarikh 14:1.
4. Dibakar ukupan dari wangi-wangian. Ini dilakukan dua kali setiap hari pada mezbah ukupan (Kel. 30:6-8).
Roti sajian dan dipersembahkan korban bakaran ... pada ... perayaan-perayaan yang ditetapkan Tuhan. Bandingkan tafsiran I Tawarikh 9:32; 23:30, 31.
6. Langit ... tidak dapat memuat Dia (bdg. 6:18; Kis. 7:48, 49). Salomo dengan demikian sejak awal sudah menyadari, bahwa kehadiran Allah di dalam Bait Suci tersebut merupakan sebuah tindakan merendahkan diri penuh kasih karunia yang dilakukan Allah dan sama sekali tidak membatasi keberadaan Allah yang ada di mana-mana (bdg. taf. I Taw. 13:3).
7. Kirimlah kepadaku seorang yang ahli. Salomo sebenarnya menyewa sejumlah orang Fenisia yang berpengalaman untuk mendampingi orang-orang Palestina yang kurang berpengalaman (I Raj. 5:6, 18), yang budayanya yang lebih rendah dibuktikan oleh hasil penggalian arkeologi.
8. Kirim juga kepadaku kayu aras. Kayu aras berbau harum ini berasal dari pegunungan Libanon, dan merupakan jenis kayu yang sangat terkenal pada zaman dahulu, sebab tidak mudah dimakan rayap dan memiliki keunggulan terhadap jenis-jenis kayu lainnya yang ada di Israel.
Saat ini hanya tinggal sedikit saja pohon aras yang masih tersisa di wilayah itu.
Kayu sanobar. Sejenis pohon jintan yang berasal dari Fenisia.
Kayu cendana (Pohon album / Santalum album). Sejenis pohon yang harus diimpor dari Ofir (9:10) yang dipakai untuk kayu ukiran dan alat musik (I Raj. 10:12).
10. Untuk tukang-tukang (bdg. I Raj. 5:6).
Kor ... bat. Sekitar sepuluh gantang dan sepuluh galon untuk masing-masing secara berturut-turut.
Salomo juga mengirimkan jumlah yang lebih kecil tetapi bersifat tahunan kepada Hiram (I Raj. 5:11).
Pembayaran-pembayaran yang telah ditentukan oleh Hiram tersebut (I Raj. 5:6) sangat menguras devisa Israel.
Ketika pengeluaran semacam itu diperpanjang dengan proyek-proyek pembangunan sejumlah istana pribadi Salomo (2:1, 12; bdg. I Raj. 7:1-12), maka ekonomi kerajaan itu hampir habis (bdg. I Raj. 9:10, 11).
11. Tuhan telah mengangkat engkau menjadi raja atas mereka. Sekalipun pengakuan ini mungkin tulus, tampaknya lebih merupakan ungkapan seorang pedagang yang telah dipersiapkan secara cermat sebelumnya.
13. Huram Abi. Maksudnya, Huram bapaku. Hiram (bdg: I Raj. 7:13) berhak untuk menyandang gelar bapa mengingat keunggulannya di dalam membuat cindera mata.
14. Anak seorang perempuan dari bani Dan, seorang janda yang tinggal di wilayah Naftali (I Raj. 7:14).
Ungu tua adalah celupan merah yang diperoleh dari sejenis ikan, yang dikenal sebagai "ungu kerajaan" sebab sulit untuk mendapatkannya dan harganya mahal.
16. Yafo adalah pelabuhan dari pedalaman Yerusalem.
Di antara kedua kota tersebut terletak wilayah berbatu sepanjang sekitar tiga puluh lima mil.
18. Tiga ribu enam ratus orang mandur. Mereka ini adalah orang asing ditambah dengan dua ratus lima puluh orang Israel (8:10); sehingga jumlahnya adalah tiga ribu delapan ratus lima puluh orang mandor yang terdiri atas tiga ribu tiga ratus mandor bawahan dan lima ratus lima puluh mandor atasan sebagaimana dikemukakan I Raja-Raja 5:16; 9:23.
Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.