Isaiah 48:1-11: TUHAN Menciptakan Masa Depan Yang Baru

Klik:

Isaiah 48:1-11


Isa 48:1 Dengarlah firman ini, hai kaum keturunan Yakub, yang menyebutkan dirinya dengan nama Israel dan yang adalah keturunan Yehuda, yang bersumpah demi nama TUHAN dan mengakui Allah Israel--tetapi bukan dengan sungguh-sungguh dan dengan tulus hati--

Isa 48:2 bahkan mereka menyebutkan dirinya menurut kota kudus dan mereka bertopang kepada Allah Israel, TUHAN semesta alam nama-Nya;

Isa 48:3 firman TUHAN: "Hal-hal yang terjadi di masa yang lampau telah Kuberitahukan dari sejak dahulu, Aku telah mengucapkannya dan telah mengabarkannya. Kemudian dengan sekonyong-konyong Aku melaksanakannya juga dan semuanya itu sudah menjadi kenyataan.

Isa 48:4 Oleh karena Aku tahu, bahwa engkau tegar tengkuk, keras kepala dan berkepala batu,

Isa 48:5 maka Aku memberitahukannya kepadamu dari sejak dahulu; sebelum hal itu menjadi kenyataan, Aku mengabarkannya kepadamu, supaya jangan engkau berkata: Berhalaku yang melakukannya, patung pahatanku dan patung tuanganku yang memerintahkannya.

Isa 48:6 Engkau telah mendengar semuanya itu dan sekarang engkau harus melihatnya; tidakkah kamu sendiri mau mengakuinya? Aku mengabarkan kepadamu hal-hal yang baru dari sejak sekarang, dan hal-hal yang tersimpan yang belum kauketahui.

Isa 48:7 Baru sekarang hal-hal itu diciptakan dan bukan dari sejak dahulu, dan sebelumnya engkau tidak mendengarnya, supaya jangan engkau berkata: Memang aku telah mengetahuinya!

Isa 48:8 Engkau tidak mendengarnya ataupun mengetahuinya, juga telingamu tidak terbuka dari sejak dahulu; tetapi Aku telah mengetahui, bahwa engkau berbuat khianat sekeji-kejinya, dan bahwa orang menyebutkan engkau: pemberontak sejak dari kandungan.

Isa 48:9 Oleh karena nama-Ku Aku menahan amarah-Ku dan oleh karena kemasyhuran-Ku Aku mengasihani engkau, sehingga Aku tidak melenyapkan engkau.

Isa 48:10 Sesungguhnya, Aku telah memurnikan engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji engkau dalam dapur kesengsaraan.

Isa 48:11 Aku akan melakukannya oleh karena Aku, ya oleh karena Aku sendiri, sebab masakan nama-Ku akan dinajiskan? Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain!"


Tafsiran Wycliffe


1-11. Di sini, Allah memperingatkan orang-orang munafik yang tidak setia di antara umat pilihan-Nya.

Orang Israel yang kelihatannya alim ini, menyembah berhala sebagai sampingan (ay. 5), namun dengan kurang ajar mereka juga memohon kepada nama TUHAN (Yahweh) sebagai Allah mereka, berpura-pura sebagai warga yang benar dari kota kudus-Nya.

Untuk menyingkap kepalsuan dan kehampaan allah-allah lain yang membuat kesetiaan mereka terbagi ini, Allah memberi mereka bukti keberadaan-Nya sebagai satu-satunya Allah yang sejati - bukti obyektif yang tak dapat dibantah berupa ramalan yang digenapi.

3. Hal-hal yang terjadi di masa yang lampau. Ini menunjuk pada nubuat tentang jatuhnya Yerusalem ke tangan bangsa Kasdim, serta pembuangan ke Babel.

Hal pokok di sini adalah, bahwa nubuat ini sudah diberitahukan sejak lama - seratus tahun - sebelum penggenapannya.

Tidak ada manusia, bahkan juga pemuja berhala yang dirasuki roh jahat, yang dapat meramalkan secara tepat dan spesifik kejadian-kejadian yang jauh di depan.

6. Hal-hal yang baru. Nubuat-nubuat tentang kelepasan dari perbudakan dan kepulangan ke negeri Israel, tidak pernah diberitahukan sebelum angkatan Yesaya, jika tidak demikian, orang Yahudi tentu akan menyombongkan diri, sebab mereka mengetahui semua tentang kejadian-kejadian yang akan datang (ay. 8).

Allah mengenal Israel dengan baik, dari permulaan mereka sebagai sebuah bangsa pada zaman Musa, bahwa kesalehan bangsa Yahudi pada umumnya adalah kepura-puraan, dan bahwa mereka menutup telinga terhadap panggilan-Nya untuk hidup dengan pengabdian sejati.

Tetapi, karena Dia telah memilih mereka dan menaruh nama-Nya atas mereka, Dia akan menahan diri demi kemuliaan-Nya untuk tidak memutuskan hubungan dengan mereka sebagaimana seharusnya mereka diperlakukan.

Sebaliknya, Dia akan membersihkan mereka dari praktik penyembahan berhala dan kecemaran rohani, melalui kesengsaraan besar, agar mereka bertobat.

10. Seperti perak, adalah tepat, sebab perak harus dimurnikan melalui api yang lebih panas daripada yang diperlukan untuk melelehkan biji-biji perak.

11. Tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain. Artinya, bisa:

(a) kemuliaan pusaka-Ku Israel, tidak akan diberikan kepada berhala-berhala atau kuasa-kuasa roh jahat; atau

(b) kemuliaan-Ku dalam memurnikan kerohanian Israel tidak akan diberikan kepada manusia, maksudnya, kepada Israel sendiri seolah-olah mereka dapat menyempurnakan diri sendiri.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel