Yehezkiel 4-5: Lambang Pengepungan Kota Yerusalem

Klik:

Ezekiel / Yehezkiel 4-5


Eze 4:1 "Engkau, anak manusia, ambillah sebuah batu bata, letakkan di hadapanmu dan ukirlah di atasnya sebuah kota, yaitu Yerusalem.

Eze 4:2 Ukirlah kota itu dalam keadaan terkepung: dirikan sebuah benteng pengepungan, timbun pula tanah menjadi tembok pengepungan, tempatkan perkemahan tentara dan susun alat-alat pendobrak sekeliling kota itu.

Eze 4:3 Lalu ambillah sebidang besi dan dirikanlah itu di antaramu dengan kota itu menjadi dinding besi, kemudian tujukanlah wajahmu ke arah kota itu, sehingga kota itu dalam keadaan terkepung, dan engkaulah yang mengepung dia. Inilah menjadi lambang bagi kaum Israel.

Eze 4:4 Berbaringlah engkau pada sisi kirimu dan Aku akan menanggungkan hukuman kaum Israel atasmu. Berapa hari engkau berbaring demikian, selama itulah engkau menanggung hukuman mereka.

Eze 4:5 Beginilah Aku tentukan bagimu: Berapa tahun hukuman kaum Israel, sekian harilah engkau menanggung hukuman mereka, yaitu tiga ratus sembilan puluh hari.

Eze 4:6 Kalau engkau sudah mengakhiri waktu ini, berbaringlah engkau untuk kedua kalinya, tetapi pada sisi kananmu dan tanggunglah hukuman kaum Yehuda empat puluh hari lamanya; Aku menentukan bagimu satu hari untuk satu tahun.

Eze 4:7 Tujukanlah wajahmu kepada pengepungan Yerusalem dan kepalkanlah tinjumu kepadanya dan bernubuatlah melawan kota itu.

Eze 4:8 Lihat, Aku akan mengikat engkau dengan tali, sehingga engkau tidak dapat berbalik dari sisi yang satu ke sisi yang lain sampai engkau mengakhiri waktu pengepunganmu itu.

Eze 4:9 Selanjutnya ambillah gandum, jelai, kacang merah besar, kacang merah kecil, jawan dan sekoi dan taruhlah dalam satu periuk dan masaklah itu menjadi roti bagimu. Itulah makananmu selama engkau berbaring pada sisimu, yaitu tiga ratus sembilan puluh hari.

Eze 4:10 Dan makananmu yang harus kaumakan akan ditentukan timbangannya, yakni dua puluh syikal satu hari; makanlah itu pada waktu-waktu tertentu.

Eze 4:11 Air minumpun bagimu akan ditentukan, seperenam hin banyaknya; minumlah itu pada waktu-waktu tertentu.

Eze 4:12 Makanlah roti itu seperti roti jelai yang bundar dan engkau harus membakarnya di atas kotoran manusia yang sudah kering di hadapan mereka."

Eze 4:13 Selanjutnya TUHAN berfirman: "Aku akan membuang orang Israel ke tengah-tengah bangsa-bangsa dan demikianlah mereka akan memakan rotinya najis di sana."

Eze 4:14 Maka kujawab: "Aduh, Tuhan ALLAH, sesungguhnya, aku tak pernah dinajiskan dan dari masa mudaku sampai sekarang tak pernah kumakan bangkai atau sisa mangsa binatang buas; lagipula tak pernah masuk ke mulutku ini daging yang sudah basi."

Eze 4:15 Lalu firman-Nya kepadaku: "Lihat, kalau begitu Aku mengizinkan engkau memakai kotoran lembu ganti kotoran manusia dan bakarlah rotimu di atasnya."

Eze 4:16 Sesudah itu Ia berfirman kepadaku: "Hai, anak manusia, sesungguhnya, Aku akan memusnahkan persediaan makanan di Yerusalem--dan mereka akan memakan roti yang tertentu timbangannya dengan hati yang cemas; juga mereka akan meminum air dalam ukuran terbatas dengan hati yang gundah-gulana--

Eze 4:17 dengan maksud, supaya mereka kekurangan makanan dan minuman dan mereka semuanya menjadi gundah-gulana, sehingga mereka hancur di dalam hukumannya.

Eze 5:1 Dan engkau, anak manusia, ambillah sebilah pedang yang tajam dan pakailah itu sebagai pisau cukur tukang pangkas; cukurlah rambutmu dan janggutmu dengan itu; lalu ambillah sebuah timbangan dan bagi-bagilah rambutmu.

Eze 5:2 Sepertiga harus kaubakar dengan api di tengah-tengah kota itu sesudah berakhir waktu pengepungannya; sepertiga harus kauambil dan tetaklah dengan pedang itu sekelilingnya; dan sepertiga lagi hamburkanlah ke dalam angin, dan Aku akan menghunus pedang dari belakang mereka.

Eze 5:3 Engkau harus mengambil sedikit dari rambut itu dan bungkus di dalam punca kainmu.

Eze 5:4 Dan sekali lagi engkau harus mengambil dari padanya, buangkan ke dalam api dan hanguskan dia di sana; dari sana akan keluar api untuk memakan seluruh kaum Israel. Dan berkatalah kepada mereka:

Eze 5:5 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Inilah Yerusalem! Di tengah-tengah bangsa-bangsa Kutempatkan dia dan sekelilingnya ada negeri-negeri mereka.

Eze 5:6 Ia sudah memberontak terhadap peraturan-peraturan-Ku lebih jahat dari pada bangsa-bangsa dan terhadap ketetapan-ketetapan-Ku lebih jahat dari negeri-negeri yang di sekitarnya; karena mereka menolak peraturan-peraturan-Ku dan kelakuan mereka tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku.

Eze 5:7 Sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau lebih jahat dari pada bangsa-bangsa yang di sekitarmu dan kelakuanmu tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku dan engkau tidak melakukan peraturan-peraturan-Ku, bahkan engkau melakukan peraturan-peraturan bangsa-bangsa yang di sekitarmu,

Eze 5:8 sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku, ya Aku sendiri akan menjadi lawanmu dan Aku akan menjatuhkan hukuman kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.

Eze 5:9 Oleh karena segala perbuatanmu yang keji akan Kuperbuat terhadapmu yang belum pernah Kuperbuat dan yang tidak pernah lagi akan Kuperbuat.

Eze 5:10 Sebab itu di tengah-tengahmu ayah-ayah akan memakan anak-anaknya dan anak-anak memakan ayahnya dan Aku akan menjatuhkan hukuman kepadamu, sedang semua yang masih tinggal lagi dari padamu akan Kuhamburkan ke semua penjuru angin.

Eze 5:11 Sebab itu, demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sesungguhnya, oleh karena engkau menajiskan tempat kudus-Ku dengan segala dewamu yang menjijikkan dan dengan segala perbuatanmu yang keji, Aku sendiri akan meruntuhkan engkau; Aku tidak akan merasa sayang dan tidak akan kenal belas kasihan.

Eze 5:12 Sepertiga dari padamu akan mati kena sampar dan mati kelaparan di tengah-tengahmu; sepertiga akan tewas dimakan pedang di sekitarmu; dan sepertiga lagi akan Kuhamburkan ke semua mata angin dan Aku akan menghunus pedang dari belakang mereka.

Eze 5:13 Aku akan melampiaskan murka-Ku kepada mereka, sehingga hati-Ku yang panas tenang kembali dan Aku merasa puas; dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN yang mengatakannya di dalam cemburu-Ku, tatkala Aku melampiaskan amarah-Ku kepada mereka.

Eze 5:14 Aku akan membuat engkau menjadi reruntuhan dan buah celaan di antara bangsa-bangsa yang di sekitarmu di hadapan semua orang yang lintas dari padamu.

Eze 5:15 Engkau akan menjadi buah celaan dan cercaan, menjadi peringatan dan suatu kengerian bagi bangsa-bangsa yang di sekitarmu, tatkala Aku menjatuhkan hukuman kepadamu di dalam kemurkaan dan kemarahan dan di dalam penghajaran-penghajaran kemarahan--Aku, TUHAN, yang mengatakannya--

Eze 5:16 tatkala Aku mendatangkan atasmu kelaparan yang dahsyat, yang membinasakan, dan Aku mendatangkannya untuk membinasakan kamu, tatkala Aku memperdahsyat bencana kelaparan atasmu dan memusnahkan persediaan makananmu.

Eze 5:17 Aku akan mendatangkan kelaparan atasmu dan binatang-binatang buas di tengah-tengahmu, yang akan memunahkan anak-anakmu; sampar akan berkecamuk dan darah akan mengalir di tengah-tengahmu dan Aku akan mendatangkan pedang atasmu, Aku, TUHAN, yang mengatakannya."


Tafsiran Wycliffe


Empat Tindakan Simbolis Tentang Yerusalem (4:1-5:17).

Dalam 4:1-5:4, tertulis empat tindakan simbolis yang menggambarkan pengepungan atas Yerusalem kelak, dengan kesukaran-kesukaran yang diakibatkannya serta pembuangan yang mengikutinya.

Nabi Ahia (I Raj. 11), Yesaya (Yes. 8:20), Yeremia (Yer. 13; 14; 18; 19; 27; 28; 34; 35; 43; 51) semuanya secara efektif menggunakan tindakan simbolis; dan Yehezkiel juga menggunakan simbolisme: 3:25, 26; 4:1-54; 12:3-7, 17-20; 21:11, 12; 24:3-5, 15-24; 37:15-17.

Para ahli tidak sepakat tentang apakah simbol-simbol ini dilaksanakan seluruhnya, sebagian, ataukah tidak sama sekali.

Beberapa simbol dianggap begitu luar biasa, atau begitu menjijikkan sehingga mustahil dilakukan.

Tetapi simbol-simbol ini tidak kelihatan menjijikkan bagi orang-orang Timur.

Simbol-simbol tersebut harus dianggap sebagai ilustrasi, bukan sebagai magi penularan.

Adalah mungkin, bahwa sementara maksud dari simbol-simbol tersebut dilaksanakan secara nyata, bahasa kiasan dipakai dalam menggambarkan beberapa rinciannya (bdg. 4:3, 12; kontraskan dengan 8:3. Nabi Yehezkiel tidak benar-benar dibawa ke Yerusalem dengan jambul kepalanya, tetapi dalam sebuah penglihatan).

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyusun kembali pasal ini, untuk memberinya susunan yang lebih masuk akal - tetapi bagaimana penglihatan bisa masuk akal? - dan berbagai penyusunan kembali ini paling banter merupakan perkiraan.

Kejatuhan Kota dan Bangsa itu Dinubuatkan (4:1-7:27).

Dalam rangkaian ancaman ini, nabi Yehezkiel menubuatkan kejatuhan Yerusalem dan Yehuda melalui empat tindakan simbolis (4:1-5:17), sebuah nubuat melawan pusat-pusat penyembahan berhala bangsa itu (6:1-14), dan sebuah nyanyian ratapan atas kejatuhan kerajaan Yehuda (7:1-27).

Simbol Tentang Pengepungan Atas Yerusalem (4:1-3).

Dalam bagian ini, sang nabi melukis di atas sebuah batu bata, gambaran tentang pengepungan atas Yerusalem.

1. Ambillah sebuah batu bata. Dari tanah liat yang lembut, seperti yang digunakan oleh orang-orang Babel untuk menulis, atau melukis di atasnya dengan sebuah alat tulis yang bersudut tiga.

2. Benteng pengepungan. Menara penjaga yang beroda. Kata dãyēq mungkin berasal dari bahasa Aram.

Timbun pula tanah. Untuk menghubungkan menara dengan tembok-tembok dari kota yang dikepung.

Perkemahan. Atau detasemen para prajurit.

Alat-alat pendobrak. Atau alat pemecah.

Untuk operasi militer ini, lihat 17:17; 21:22; 26:8; Ulangan 20:20; Mikha 4:11; Yesaya 29:3.

Lihat juga relief tentang pasukan Sanherib yang mengepung Lakhis (II Raj. 18) pada tembok-tembok istana di Niniwe dalam J. B. Pritchard, The Ancient Near East (Gb. 101).

3. Ambillah sebidang besi, yaitu lempengan seperti yang digunakan untuk memanggang.

Tindakan ini menggambarkan serangan berani musuh terhadap kota Yerusalem, dan menunjukkan penghalang antara Allah dan bangsa itu.

4, 5. Berbaringlah engkau pada sisi kirimu. Untuk Kerajaan Utara, Israel.

Apabila menghadap ke matahari terbit, sebelah kiri adalah utara dan sebelah kanan adalah selatan (bdg. Kej. 14:15; Mzm. 121:5).

Aku akan menanggungkan hukuman ... atasmu. Teks yang diperbaiki tersebut lebih baik daripada Teks Masoret. Di sini, Yehezkiel menggambarkan Israel yang menanggung kesalahannya sendiri, dan bukan menderita demi orang lain.

Tiga ratus sembilan puluh hari. Sama dengan jumlah tahun dari hukuman mereka. LXX menulis "seratus sembilan puluh hari".

6. Berbaringlah engkau ... pada sisi kananmu dan tanggunglah hukuman kaum Yehuda, yaitu untuk Kerajaan Selatan.

Empat puluh hari lamanya ... satu hari untuk satu tahun. Sama dengan LXX.

7. Dalam pokok bahasan, ayat ini sepertinya termasuk ayat 1-3.

8. Aku akan mengikat engkau dengan tali, sehingga engkau tidak dapat berbalik dari sisi yang satu ke sisi yang lain. Bukan ikatan fisik, tetapi pembatasan ilahi seperti yang terlihat dalam 3:25; sebuah simbol tentang hilangnya kebebasan yang akan dialami oleh bangsa Israel.

Beberapa ahli berpendapat, bahwa katalepsi (penyakit sulit menggerakkan otot), atau sebuah penyakit berkepanjangan adalah tema di balik simbol kedua ini.

Tampaknya yang paling baik adalah mengikuti tafsiran-tafsiran yang dibuat dalam 3:25, dan melihat di sini suatu acuan serupa pada terbelenggunya Yehezkiel secara rohani dan fisik.

Ketika dia berbaring sendirian di rumahnya, dia berbaring di sisi kiri atau kanannya, sesuai dengan petunjuk ilahi.

Dari kejatuhan Yerusalem pada tahun 586 SM sampai dengan kembalinya orang-orang buangan untuk pertama kalinya pada tahun 538 SM adalah 48 tahun, yang mungkin dengan pembulatan angka menunjukkan jangka waktu hukuman kaum Yehuda (ay. 6).

Mengenai 390 (atau 190) hari, terdapat banyak ketidaksepakatan.

Hukuman-hukuman atas Israel dan Yehuda tentu telah terjadi bersamaan selama 40 tahun terakhir, tetapi kapankah awalnya (terminus a quo)?

Mulai dari kekacauan kerajaan pada tahun 922 SM, sampai dengan pulangnya orang buangan pada tahun 538 SM adalah 384 tahun, yang sangat dekat dengan 390 tahun.

Mungkin ini bisa dipandang sebagai periode kejahatan dan hukuman untuk Kerajaan Utara.

Dalam Kitab Raja-Raja, keseluruhan masa pemerintahan raja-raja Yehuda dari Rehabeam sampai Zedekia dicatat 394½ tahun; tetapi ini hampir tidak bisa disamakan dengan kejahatan atau hukuman Israel.

Beberapa orang menemukan suatu kemiripan mistis dengan 430 tahun perbudakan Mesir, dengan menambahkan 390 dan 40.

Dihitung dari tahun 734 SM, penghancuran oleh Tiglat-Pileser (II Raj. 15:29), sampai dengan pembuangan berarti 148 tahun, yang sangat dekat dengan 150 tahun dari LXX dalam frase tambahan di 4:5.

Dari kejatuhan Samaria pada tahun 721 SM sampai 538 SM adalah 183 tahun, yang dekat dengan angka 190 tahun dalam LXX di 4:5.

9. Barangkali angka-angka tersebut harus dianggap sebagai angka ideal, dan bukannya diterima secara harfiah.

Dengan data yang tersedia pada kami, rasanya kurang bijak untuk membuat dogma tentang bagaimana 40 dan 390 (atau 190) tahun itu harus dihitung.

10. Dan makananmu yang harus kaumakan akan ditentukan timbangannya, yakni dua puluh syikal satu hari. Satu syikal beratnya empat per sepuluh ons, dari sistem pon. Jadi jatah makanannya sekitar 8 ons sehari.

11. Air minumpun bagimu akan ditentukan, seperenam hin banyaknya. Karena satu hin sama dengan sekitar 6,4 liter, jumlah minumnya adalah sekitar seliter sehari.

12. Kotoran. Roti yang dibakar di atas kotoran manusia tentu menjijikkan dan menajiskan (bdg. Ul. 23:12-14; Im. 5:3; 7:21).

13. Memakan rotinya najis di sana. Bangsa-bangsa asing dan produk-produk mereka dianggap najis (bdg. Am. 7:17; Hos. 9:3, 4).

14. Dinajiskan. Sebagai anggota keluarga imam, Yehezkiel telah mengetahui hukum-hukum yang berhubungan dengan makanan (bdg. Kel. 22:30; Im. 7:18, 24; 17:11-16; 19:7; 22:8; Ul. 12:16; 14:21). Ayat 14 adalah salah satu doa yang dicatat dalam kitab ini.

15. Yehezkiel diizinkan untuk menggantinya dengan kotoran lembu, yang masih digunakan sebagai bahan bakar oleh orang Badui dan para petani Arab dan Mesir.

16. Memusnahkan persediaan makanan. Bandingkan 12:17-19; 14:13; Imamat 26:26.

17. Hancur di dalam hukumannya. Bandingkan 24:23; 33:10; Imamat 26:39.

5:1. Ambillah sebilah pedang yang tajam dan pakailah itu sebagai pisau cukur tukang pangkas. (Sama dengan versi bahasa Siria, Theodotion, Symmachus, Latin Kuno).

Tukang pangkas. Kata bendanya adalah gallãb, dari bahasa Akad gallãbu, melalui dialek Fenisia atau Kanaan lainnya. Sebuah kata yang jarang dipakai.

Cukurlah rambutmu dan janggutmu dengan itu (RSV). Simbol dari pemusnahan penduduk kota tersebut (bdg. Yes. 7:20; Yer. 41:5).

Ambillah sebuah timbangan dan bagi-bagilah rambutmu. "Keadilan ilahi itu akurat" (A. B. Davidson).

2. Kaubakar dengan api. Sepertiga rambut itu harus dibakar, yaitu simbol dari penyakit dan kelaparan yang melanda; sepertiga yang kedua harus dirajang dengan pedang, seperti halnya nasib banyak penduduk; dan sepertiga lainnya harus diserakkan bersama angin, simbol dari orang-orang buangan yang diserakkan (bdg. ay. 12).

3. Sedikit dari rambut itu ... di dalam punca kainmu, yaitu jubahnya. Sebuah acuan pada sekelompok kecil orang saleh yang tersisa.

Untuk kiasan-kiasan lain tentang sekelompok orang yang tersisa dalam Yehezkiel, lihat 6:8-10; 9:8; 11:13.

4. Engkau harus mengambil dari padanya, buangkan ke dalam api. Bahkan sedikit orang yang tersisa ini akan mengalami pencobaan tambahan.

5. Yerusalem! Di tengah-tengah bangsa-bangsa. Ini bukan untuk menyamakan Yerusalem dengan "pusat bumi" seperti pendapat para penulis apokaliptis, rabi, dan penulis Kristen (bdg. Eth Henokh 26:1, 2; Kitab Yubile 8:12, 19).

Benar, bahwa Israel terletak di tengah-tengah jalan yang menghubungkan Asia, Afrika, dan Eropa; tetapi yang lebih utama adalah Israel merupakan pusat pilihan pemeliharaan dan perlindungan Allah (bdg. Kel. 19:5, 6; Ul. 7:6, 8; 14:2; 26:19).

6. Ia sudah memberontak (RSV). Bunyi dalam Teks Masoret ini lebih sesuai daripada versi-versi lainnya, dan dia telah berubah (Theodotion, Symmachus, Samaritan, Targum, dan AV). Akar katanya adalah mârâ.

Mengenai kekejian dosa Israel, lihat 16:47, 48; Yeremia 2:10, 11; 18:13.

7. Karena engkau lebih jahat. Bottcher memperbaiki Teks Masoret hãmonkem (akar kata hãmâ, "mengaum, bergolak") menjadi hamrôtkem (akar kata mãrâ, seperti dalam ay. 6), "karena pemberontakanmu yang nyata".

Dan terhadap ketetapan-ketetapan-Ku. Didukung oleh LXX dan Latin Kuno serta Siria.

Melakukan. Kata "tidak" (AV, tidak juga) dari Teks Masoret dihilangkan oleh sekitar 30 naskah Ibrani dan Siria.

8. Di hadapan (harf. mata) bangsa-bangsa. Allah akan menyatakan kekudusan-Nya di hadapan dunia (bdg. 20:9, 14, 22, 41; 22:16; 28:25; 38:23; 39:27).

9. Belum pernah Kuperbuat. Hukuman yang tak ada persamaannya atas Israel dari Tuhan (bdg. Rat. 1:12; 2:20; 4:6).

10. Ayah-ayah akan memakan anak-anaknya. Kanibalisme (bdg. II Raj. 6:24-29; Im. 26:29; Ul. 28:53; Rat. 4:10).

11. Engkau menajiskan tempat kudus-Ku. Lihat pasal 8 untuk rinciannya.

Aku sendiri akan meruntuhkan engkau ('egda`). Terjemahan ini mengikuti sepuluh naskah Ibrani, dan juga Symmachus, Targum, Vulgata, dan Teks Masoret.

12. Sepertiga ... akan mati. Hukuman-hukuman ini disebutkan dalam ayat 2 (bdg. Yer. 14:12).

13 Aku merasa puas. Antropopati (perasaan seperti manusia) yang kuat. "Aku akan memuaskan diriku" dengan membalas dendam (bdg. Yes. 1:24).

Di dalam cemburu-Ku. Kecemburuan Allah mendorong-Nya untuk menghukum ketidaksetiaan umat-Nya (16:38, 42) dan memulihkan mereka agar bangsa-bangsa yang belum mengenal Allah tidak meragukan kuasa-Nya (36:5, 6; 38:19; 39:25-29).

Pernyataan yang sungguh-sungguh: "Aku, TUHAN, yang mengatakannya" muncul dalam ayat 13, 15, 17; 17:21, 24; 21:17, 32; 23:34; 24:14; 26:14; 30:12; 34:24; 36:36; 37:14; 39:5; dan di ayat lain dengan susunan kata-kata yang hampir serupa dengan ini.

15. Engkau akan menjadi buah celaan dan cercaan (RSV). Inilah bunyi dalam LXX, Siria, Vulgata, dan Targum, yang sesuai dengan bagian selebihnya dari ayat tersebut.

16. Tatkala Aku mendatangkan atasmu (RSV). Bunyi ini berbeda hanya satu huruf, yaitu bãkem yang menggantikan bãhem, dengan Teks Masoret.

17. Empat tindakan hukuman yang berat: kelaparan, binatang-binatang buas, sampar, dan pedang, juga muncul dalam 14:20.

Lihat juga Imamat 26:22-26; Ulangan 32:24, 25; Wahyu 6:7, 8.

Penghakiman atas Israel memiliki makna penting bagi dunia (Yeh. 5:5-8); bagi Israel (5:13-17); dan bagi orang-orang yang terluput (6:8-10).

I. Nubuat Melawan Yehuda dan Yerusalem 1:1-24:27.

Ucapan peringatan terhadap Yerusalem dan umat Israel, yang diberikan sebelum kejatuhan Yerusalem, terdiri dari: bagian pendahuluan, rincian panggilan sang nabi (ps. 1-3); tindakan-tindakan simbolis dan nubuatan yang menggambarkan penaklukan kota dan bangsa tersebut (ps. 4-7); sejumlah penglihatan yang menggambarkan dosa-dosa yang menjijikkan dari Yerusalem yang mengakibatkan kehancurannya (ps. 8-11); tindakan-tindakan simbolis, perumpamaan-perumpamaan, dan alegori-alegori yang menggambarkan perlunya pembuangan itu secara moral (ps. 12-19); dan sebuah tinjauan tentang sejarah masa lampau bangsa Israel yang sangat memerlukan hukuman tertentu (ps. 20-24).

Masa Inisiasinya Menuju Jabatan Nabi (2:1-3:27).

Dalam pasal 2; 3, sang nabi ditugaskan untuk membawa pesan dengan berani kepada bangsa pemberontak (2:1-7), diperintahkan untuk menelan Firman atau pesan Allah seperti miliknya sendiri (2:8-3:3), diberi keberanian untuk berbicara kepada Israel yang tegar tengkuk (3:4-9), didesak dengan sebuah misi kepada para buangan di Tel-abib (3:10-15), ditugasi dengan tanggung jawab seorang penjaga (3:16-21), dan ditempatkan dalam belenggu kebisuan dan keterasingan (3:22-27).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel