Yehezkiel 6: Nubuat Melawan Gunung-gunung Israel

Klik:

Ezekiel / Yehezkiel 6


Eze 6:1 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:

Eze 6:2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu ke gunung-gunung Israel dan bernubuatlah melawan mereka!

Eze 6:3 Katakanlah: Hai gunung-gunung Israel, dengarkanlah firman Tuhan ALLAH! Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada gunung-gunung dan bukit-bukit, kepada alur-alur sungai dan lembah-lembah: Sungguh, Aku akan mendatangkan perang atasmu dan Aku akan membinasakan bukit-bukit pengorbananmu.

Eze 6:4 Mezbah-mezbahmu akan menjadi sunyi sepi dan pedupaan-pedupaanmu akan dirusak; dan Aku akan merebahkan orang-orangmu yang terbunuh di hadapan berhala-berhalamu.

Eze 6:5 Aku akan mencampakkan mayat-mayat orang Israel di hadapan berhala-berhala mereka dan menghamburkan tulang-tulangmu keliling mezbah-mezbahmu.

Eze 6:6 Di mana saja kamu diam, kota-kotamu akan menjadi reruntuhan dan bukit-bukit pengorbananmu akan menjadi sunyi sepi, supaya mezbah-mezbahmu dihancurkan dan ditinggalkan sunyi sepi, berhala-berhalamu diremukkan dan ditiadakan, pedupaan-pedupaanmu diluluhkan dan buatan-buatan tanganmu dihapuskan.

Eze 6:7 Dan orang-orangmu yang terbunuh akan berebahan di tengah-tengahmu dan kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN.

Eze 6:8 Tetapi sebagian, yaitu yang terluput dari pedang, akan Kutinggalkan hidup di antara bangsa-bangsa, bilamana kamu dihamburkan ke negeri-negeri itu.

Eze 6:9 Di sana, di tengah-tengah bangsa-bangsa, ke mana mereka dibawa tertawan, orang-orang yang terluput dari antara kamu akan mengingat kepada-Ku, tatkala Aku mengembalikan hati mereka yang berzinah itu, yang sudah menjauh dari pada-Ku dan mengalihkan mata mereka, yang selalu berzinah dengan mengikuti berhala-berhala mereka; maka mereka sendiri akan merasa mual melihat kejahatan yang mereka lakukan dan melihat segala perbuatan mereka yang keji.

Eze 6:10 Dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN dan bukan cakap angin, kalau Aku berfirman hendak menjatuhkan malapetaka ini atas mereka."

Eze 6:11 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Bertepuklah dan entakkanlah kakimu ke tanah dan serukanlah: Awas! Oleh sebab segala perbuatan kaum Israel yang keji dan jahat, mereka akan rebah mati karena pedang, kelaparan dan penyakit sampar.

Eze 6:12 Yang jauh akan mati karena sampar, yang dekat akan rebah karena pedang dan yang terluput serta terpelihara akan mati karena kelaparan. Demikianlah Aku akan melampiaskan amarah-Ku kepada mereka.

Eze 6:13 Dan kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, tatkala orang-orang mereka yang terbunuh berebahan di tengah-tengah berhala-berhala mereka keliling mezbah-mezbahnya, di atas setiap bukit yang tinggi dan di atas semua puncak-puncak gunung, di bawah setiap pohon yang rimbun dan setiap pohon keramat yang penuh cabang-cabang, di tempat mana mereka membawa korban persembahan yang harum bagi semua berhala-berhala mereka.

Eze 6:14 Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan mereka dan tanahnya, di mana saja mereka diam, akan Kubuat menjadi musnah dan sunyi sepi mulai dari padang gurun sampai ke Ribla dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN."


Tafsiran Wycliffe


Nubuat Melawan Gunung-gunung Israel, Tempat Penyembahan Berhala (6:1-14).

Sementara nabi mengecam Yerusalem dalam pasal 4-5, dalam pasal ini dia mengecam bangsa Israel.

2. Gunung-gunung Israel. Gunung-gunung itu membentuk karakteristik topografi utama dari tanah Israel.

Frase tersebut janggal bagi Yehezkiel.

Lihat juga 6:2, 3; 19:9; 33:28; 34:13, 14; 35:12; 36:1, 4, 8; 37:22; 38:8; 39:2, 4, 17.

Dalam 36:1-15, sang nabi menggambarkan kesejahteraan gunung-gunung di bawah kerajaan yang baru.

3. Gunung-gunung ... bukit-bukit ... alur-alur sungai dan lembah-lembah adalah karakteristik fisik. Yang berbeda dengan dataran Babel.

Tempat-tempat tersebut juga merupakan tempat penyembahan beragam berhala (Am. 7:9; Hos. 4:13; Yer. 2:20, 23; 7:31, 32; Yes. 57:3-12; Za. 12:11; Mal. 2:10, 11).

Perkembangan penyembahan berhala telah dihentikan di Israel oleh pemimpin-pemimpin seperti Samuel, Daud, Asa, dan Hizkia.

Manasye memperkenalkan kembali berbagai jenis penyembahan kafir.

Yosia melakukan reformasi yang luas pada tahun 622 SM (II Raj. 23:13-20), tetapi para penerusnya tidak melanjutkan pekerjaannya.

Bukit-bukit pengorbanan. Untuk gambaran dari bukit-bukit pengorbanan, lihat W. F. Albright, Archaeology and the Religion of Israel, halaman 92, 1051-07; G. E. Wright, Biblical Archaeology, halaman 113, 114.

4. Mezbah-mezbahmu ... pedupaan-pedupaanmu. Bukan "berhala matahari" dari versi-versi yang lebih kuno.

Lihat juga Imamat 26:30; II Tawarikh 14:3; 34:4, 7; Yesaya 17:8; 27:9; Yehezkiel 6:4, 6.

Mezbah-mezbah kecil yang terbuat dari bebatuan, dengan sebuah tanduk di masing-masing sudut, dan keramik yang digunakan untuk pembakaran dupa, telah ditemukan di Megido.

Sebuah contoh tertulis yang ditemukan di palmira di Siria telah memberikan identitas dari hammãn (bdg. Albright, op. cit., hlm. 144-147, 215; Wright, op. cit., hlm. 113, 114).

Berhala-berhalamu. Kata Ibrani gillûlîm muncul 39 kali dalam Yehezkiel dan hanya sembilan kali di bagian lain Perjanjian Lama. Akar katanya berarti menggulung, tetapi asal usul spesifik dari nama rendah ini tidak jelas.

5. Menghamburkan tulang-tulangmu. Ini adalah salah satu metode untuk menajiskan mezbah-mezbah (bdg. II Raj. 23:16).

6. Supaya mezbah-mezbahmu dihancurkan. Terjemahan ini mengikuti bunyi weyēshammû dari Symmachus, Siria, Targum, dan Vulgata, sebagai ganti weyēshemû, "dan akan dijadikan bersalah" dari Teks Masoret.

7. Dan kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN. Pernyataan ini, dengan berbagai variasinya, yang merupakan frase paling khas dari Yehezkiel, muncul lebih dari 60 kali dalam kitab tersebut.

Tuhan disebut sebagai Allah sejati, satu-satunya Allah.

8. Tetapi sebagian, yaitu yang terluput dari pedang, akan Kutinggalkan hidup. "Dia membumbui penghakiman dengan anugerah" (Flack; bdg. 5:3).

9. Tatkala Aku mengembalikan hati mereka yang berzinah itu (RSV). Bunyi shãbartî (demikian Aquila, Symmachus, Theodotion, Targum, dan Vulgata) sebagai ganti bunyi Teks Masoret, nishbarti, "Aku telah dihancurkan". Harfiahnya, hati mereka yang telah melakukan perzinahan.

Bandingkan dengan perumpamaan-perumpamaan dalam Yehezkiel 16 dan 23.

Dan mengalihkan mata mereka (RSV). Beberapa kata kerja semacam itu diperlukan untuk memperluas kata yang kasar zeugma, "menghancurkan hati dan mata mereka".

10. Cakap angin. Ibrani hinnãm (bdg. Asyur annáma, "sia-sia"), sebuah kata dasar yang digunakan sebagai sebuah kata keterangan, dari hēn; jadi, "tidak ada artinya, nihil, sia-sia".

Kebinasaan Total (6:11-14).

Pengulangan-pengulangan dalam paragraf ini adalah ciri khas Yehezkiel, dan pengulangan-pengulangan itu menekankan fungsi sang nabi sebagai seorang penjaga.

11. Sang nabi harus bergembira atas hukuman terhadap kenajisan bangsa Israel (bdg. 21:14, 17; 22:13; 25:6) dan berseru, Awas! atau Aha! (bdg. 25:3; 26:2; 36:2).

12. Yang jauh ... yang dekat. Penghukuman datang bukan hanya atas Palestina saja, tetapi atas orang-orang Yahudi yang menyembah berhala di manapun mereka berada.

Yang ... terpelihara, atau lebih tepatnya, dipelihara (harf, diawasi; bdg. Yes. 26:3). Orang-orang yang masih hidup akan mati karena kelaparan.

13. Di bawah setiap pohon yang rimbun dan setiap pohon keramat yang penuh cabang-cabang. Harfiahnya, di bawah setiap pohon yang subur dan ... terebinth yang rimbun.

Terebinth (ela) adalah sejenis pohon dengan daun-daun yang rimbun dan buah beri merah (Pistacia terebinthus), yang seringkali mencapai ketinggian 40 kaki, dan memiliki cabang-cabang yang menyebar luas.

Pohon ini menghasilkan sejenis terpentin (damar).

Ayat tersebut menunjuk pada penyembahan terhadap dewi kesuburan (bdg. Hos. 4:13).

Korban persembahan yang harum. Ibrani, bau yang menyejukkan, yakni bau yang menenangkan dari persembahan kurban yang naik (Kej. 8:21; Kel. 29:18, 25, 41; Im. 1:9). Dipakai dengan acuan pada berhala-berhala, di sini dan dalam 16:19; 20:28.

14. Dan tanahnya ... akan Kubuat menjadi musnah dan sunyi sepi mulai dari padang gurun sampai ke Ribla (demikianlah varian-varian dalam Alkitab Masoret Ginsberg dan dalam Kodeks Petropolitanus dari tahun 916 M), yaitu dari perbatasan selatan paling ujung sampai perbatasan utara yang seharusnya (bdg. Bil. 34:11, 12).

Teks Masoret dan LXX menyebutkan dari padang gurun Diblatah.

Tidak ada tempat semacam itu yang diketahui, demikian juga tidak ada kota-kota Moab yang disebutkan dalam Bilangan 33:45; Yeremia 48:22 merupakan tempat-tempat yang masuk akal dalam konteks ini.

Nama kota tersebut ada dalam bentuk akusatif (atau dia menunjukkan).

Michaelis, dengan menunjuk pada kerancuan yang ada antara huruf d dan r baik dalam huruf-huruf kuno maupun konvensional, mengajukan name Riblah, sebuah kota 50 mil sebelah selatan Hamath, di sungai Orontes (lih. juga II Raj. 23:33; 25:20, 21; Yeh. 48:1).

I. Nubuat Melawan Yehuda dan Yerusalem 1:1-24:27.

Ucapan peringatan terhadap Yerusalem dan umat Israel, yang diberikan sebelum kejatuhan Yerusalem, terdiri dari: bagian pendahuluan, rincian panggilan sang nabi (ps. 1-3); tindakan-tindakan simbolis dan nubuatan yang menggambarkan penaklukan kota dan bangsa tersebut (ps. 4-7); sejumlah penglihatan yang menggambarkan dosa-dosa yang menjijikkan dari Yerusalem yang mengakibatkan kehancurannya (ps. 8-11); tindakan-tindakan simbolis, perumpamaan-perumpamaan, dan alegori-alegori yang menggambarkan perlunya pembuangan itu secara moral (ps. 12-19); dan sebuah tinjauan tentang sejarah masa lampau bangsa Israel yang sangat memerlukan hukuman tertentu (ps. 20-24).

Kejatuhan Kota dan Bangsa itu Dinubuatkan (4:1-7:27).

Dalam rangkaian ancaman ini, nabi Yehezkiel menubuatkan kejatuhan Yerusalem dan Yehuda melalui empat tindakan simbolis (4:1-5:17), sebuah nubuat melawan pusat-pusat penyembahan berhala bangsa itu (6:1-14), dan sebuah nyanyian ratapan atas kejatuhan kerajaan Yehuda (7:1-27).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel