Matius 9:1-8: Orang Lumpuh Disembuhkan

Klik:

Matthew / Matius 9:1-8


Mat 9:1 Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri.

Mat 9:2 Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni."

Mat 9:3 Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: "Ia menghujat Allah."

Mat 9:4 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: "Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu?

Mat 9:5 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah?

Mat 9:6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:"Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

Mat 9:7 Dan orang itupun bangun lalu pulang.

Mat 9:8 Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Sepuluh Mukjizat dan Berbagai Peristiwa Terkait (8:1-9:38).

Narasi dalam dua pasal ini disusun menurut tema, dan urutannya agak berbeda dengan Markus dan Lukas.

Sekalipun demikian, penggambaran Matius mengenai penyembuhan orang yang sakit kusta langsung sesudah Khotbah di Bukti pastilah kronologis (bdg. 8:1), sedangkan Markus dan Lukas tidak merinci waktunya.

9:1-8. Penyembuhan orang lumpuh (bdg. Mrk. 2:1-12; Luk. 5:17-26).

Ke kota-Nya sendiri. Kapernaum (Mrk. 2:1; Mat. 4:13).

Seorang lumpuh. Orang lumpuh diturunkan dari atap oleh empat orang kawannya karena padatnya kerumunan banyak orang (Mrk. 2:3, 4).

Melihat iman mereka. Termasuk iman si orang sakit, karena pengampunan hanya diberikan kepada orang yang beriman (walaupun kesembuhan kadangkala diberikan sebelum ada iman).

Dosamu sudah diampuni. Di dalam kasus ini, keadaan orang itu tampaknya merupakan akibat langsung dari dosa, atau bisa juga membuatnya merenungkan secara serius keberdosaan dirinya.

Ia menghujat Allah. Tuduhan yang dilancarkan para ahli Taurat dan orang Farisi.

Di sini tampak mereka menentang Yesus di Galilea untuk pertama kalinya, mengecam Dia karena mempergunakan hak istimewa Allah (Luk. 5:21).

Manakah lebih mudah? Pertanyaan yang tidak bisa dijawab.

Kedua pernyataan itu sama mudahnya untuk diucapkan; tetapi mengatakan salah satu, dengan disertai tindakan, memerlukan kuasa ilahi.

Tentu seorang penipu yang berusaha supaya tidak ketahuan akan menganggap pernyataan yang pertama lebih mudah.

Yesus kemudian menyembuhkan penyakit itu agar orang-orang itu tahu, bahwa Dia berkuasa menangani penyebab penyakit itu, jadi memberi pertanda tentang pendamaian.

Tuhan memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia. Pengampunan dan penyembuhan yang penuh kuasa oleh Kristus, dipandang sebagai karunia-karunia ilahi kepada manusia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel