Matius 13:47-52: Perumpamaan Tentang Pukat

Klik:

Matthew / Matius 13:47-52


Mat 13:47 "Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan.

Mat 13:48 Setelah penuh, pukat itupun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang.

Mat 13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,

Mat 13:50 lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Mat 13:51 Mengertikah kamu semuanya itu?" Mereka menjawab: "Ya, kami mengerti."

Mat 13:52 Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Karena itu setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran dari hal Kerajaan Sorga itu seumpama tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Serangkaian Perumpamaan Tentang Kerajaan Allah (13:1-58).

Rangkaian perumpamaan panjang yang pertama ini, disajikan pada hari tersibuk di dalam catatan pelayanan Yesus.

Matius mencantumkan tujuh perumpamaan, dan satu kesimpulan penerapan.

Markus mencantumkan empat, termasuk satu yang tidak ada dalam Matius.

Lukas mencantumkan tiga, tidak seluruhnya bersamaan.

Dua perumpamaan ditafsirkan oleh Yesus (perumpamaan tentang penabur dan perumpamaan tentang ilalang di antara gandum) dan satu perumpamaan ditafsirkan sebagian (perumpamaan tentang pukat); penafsiran ini merupakan skema untuk memahami perumpamaan lainnya.

47-50. Perumpamaan Tentang Pukat.

Perumpamaan ini mirip dengan perumpamaan tentang Lalang di antara Gandum, tetapi dengan penekanan yang berbeda.

Pukat adalah sebuah alat penangkap ikan yang besar, sering kali ditinggalkan di laut selama waktu tertentu.

Yang dilukiskan adalah Injil yang disebarkan ke seluruh dunia (laut di dalam Alkitab sering kali melambangkan bangsa-bangsa yang resah, Luk. 21:25; Dan. 7:3, 17) oleh Kristus dan para rasul-Nya.

Di antara berbagai jenis ikan yang tertangkap, ada yang tidak baik (tidak bisa dipakai), yang oleh Yesus ditafsirkan sebagai orang jahat, dan yang di dalam perumpamaan tentang lalang dikatakan, bahwa itu ditempatkan di situ oleh Iblis (bdg. juga burung yang bersarang di cabang-cabang, ay. 32).

Tidak semua orang yang kelihatannya tanggap terhadap Injil, berarti benar-benar bertobat.

51-53. Kesimpulan dari semua perumpamaan.

Para murid yang bukan hanya diberi perumpamaan, tetapi juga prinsip-prinsip untuk menafsirkannya (bdg. Mrk. 4:34), menunjukkan, bahwa mereka memahami apa yang diajarkan.

Yesus kemudian menyamakan kedudukan mereka sebagai ahli Taurat berpengetahuan (maksudnya pengajar dan penafsir kebenaran Allah), dengan tuan rumah bijaksana, yang memiliki gudang penuh harta untuk melaksanakan semua kewajibannya.

Yang baru dan yang lama. Kebenaran-kebenaran lama yang terdapat di dalam Perjanjian Lama dan kebenaran-kebenaran baru seperti yang terungkap di dalam perumpamaan-perumpamaan ini.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel