Matius 28:1-10: Kebangkitan Yesus

Klik:

Matthew / Matius 28:1-10


Mat 28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

Mat 28:2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya.

Mat 28:3 Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju.

Mat 28:4 Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.

Mat 28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.

Mat 28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.

Mat 28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."

Mat 28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.

Mat 28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.

Mat 28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."


Tafsiran Wycliffe


Kebangkitan Yesus Kristus (28:1-20).

Kebangkitan yang dikisahkan oleh Matius mencakup rincian yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang dikisahkan Lukas dan Yohanes.

Sekalipun demikian, hanya Matius yang berjasa melaporkan tentang tindakan para prajurit (ay. 11-15) dan rumusan baptisan yang lengkap (ay. 19).

Persamaan mendasar di antara keempat narasi dipadukan dengan keragaman rincian, dan sudut pandangan yang cukup luas, menunjukkan, bahwa mereka masing-masing menyatakan apa yang sebenarnya, dan tidak bergantung satu sama lain.

Penemuan Kubur yang Kosong (28:1-8).

1. Setelah hari Sabat lewat. Penggunaan istilah opse sebagai kata depan yang tidak tepat untuk setelah, kini jelas sudah disadari (Arndt, hlm. 606), sehingga terjemahan yang tepat memang setelah hari Sabat lewat, dan bukan pada akhir hari Sabat seperti dalam beberapa naskah terjemahan bahasa Inggris, selaras dengan Markus 16:1-2; Lukas 24:1; Yohanes 20:1.

Maria Magdalena dan Maria yang lain (Matius 27:56), dan beberapa orang wanita lainnya datang pada saat fajar menyingsing pada hari Minggu, untuk mengurapi tubuh Yesus.

2-4. Pada saat mereka mendekat, terjadilah gempa bumi, sebab seorang malaikat sedang menggulingkan batu besar penutup kubur itu.

Peristiwa ini bukan saat kebangkitan, tetapi lebih dimaksudkan untuk menunjukkan kubur yang kosong kepada para saksi.

Kebangkitan Kristus tidak dapat dibatasi oleh berbagai halangan alamiah (bdg. Yoh. 20:19, 26), dan pastilah terjadi pada saat matahari terbenam pada hari Sabtu (lihat tafsiran atas 27:62).

5-8. Kelihatannya Maria Magdalena langsung pergi untuk memberi tahu Petrus dan Yohanes (Yoh. 20:1-2), sehingga tidak mendengar pengumuman, Ia telah bangkit, yang disampaikan oleh malaikat itu kepada wanita yang lain.

Ia mendahului kamu ke Galilea. Petunjuk untuk penampakan diri kepada umum di Galilea sebagaimana sudah dinubuatkan sebelumnya (26:32) tidak menutup kemungkinan penampakan kepada perseorangan, atau kelompok kecil di Yerusalem sebelum itu.

Penampakan Yesus (28:9-10).

Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka. Anak kalimat pertama dari ayat 9, yang dicantumkan dalam beberapa versi terjemahan bahasa Inggris ("Dan pada saat di dalam perjalanan untuk memberitahukan para murid") harus dihilangkan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tekstual.

Penampakan Yesus ini terjadi sesudah para wanita menyampaikan pesan sang malaikat kepada para wanita (Luk. 24:9-11).

Sementara itu, Maria Magdalena yang telah menceritakan kepada Petrus dan Yohanes tentang kubur yang kosong, kini mengikuti mereka ke kubur itu, dan dengan tetap di luar, dia menjadi orang pertama yang melihat Kristus yang sudah bangkit (Mrk. 16:9; Yoh. 20:1-18).

Pada penampakan yang kedua ini, Yesus memberikan kepada perempuan itu pesan yang pada dasarnya sama dengan yang sudah diberikan oleh malaikat (ay. 7).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel