Matius 26:1-5: Pemberitahuan Keempat Tentang Penderitaan Yesus -- Rencana Untuk Membunuh Yesus

Klik:

Matthew / Matius 26:1-5


Mat 26:1 Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya:

Mat 26:2 "Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."

Mat 26:3 Pada waktu itu berkumpullah imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi di istana Imam Besar yang bernama Kayafas,

Mat 26:4 dan mereka merundingkan suatu rencana untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat dan untuk membunuh Dia.

Mat 26:5 Tetapi mereka berkata: "Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat."


Tafsiran Wycliffe


Kesengsaraan Yesus Kristus (26:1-27:66).

Bagian yang tak ternilai pentingnya bagi setiap orang Kristen ini, penuh dengan masalah kemanusiaan yang disajikan secara dramatik.

Sekalipun demikian, rincian yang disajikan oleh para penulis Injil, sejak semula telah menyebabkan banyak persoalan, terutama masalah yang bersifat kronologis.

Tetapi, cara faktual yang dipergunakan setiap Injil (hasil tulisan dari orang-orang yang terlibat langsung secara emosional) dalam membicarakan rangkaian peristiwa yang amat emosional ini, menjadikan karya-karya yang luhur ini makin luar biasa.

1-5. Pemberitaan terakhir tentang kematian-Nya.

2. Dua hari lagi. Sebab Paskah dirayakan pada malam tanggal 14 bulan Nisan (matahari terbenam sesungguhnya merupakan permulaan tanggal 15 Nisan), pemberitaan ini disampaikan pada malam tanggal 12 bulan Nisan.

Paskah. Perayaan besar pertama dalam tarikh Israel, memperingati pembebasan mereka dari Mesir dan "penyelamatan" (arti dari akar kata Ibrani dialihkan ke dalam bahasa Yunani sebagai pascha) anak-anak sulung mereka ketika Allah memukul orang Mesir (bdg. Kel. 12).

Malam Paskah ini langsung dilanjutkan dengan tujuh hari perayaan Roti Tidak Beragi (Nisan, tanggal 15-21), dan seluruh perayaan ini sering kali dinamakan "Paskah".

Anak Manusia akan diserahkan (dikhianati). Bandingkan pemberitaan-pemberitaan dalam 16:21; 17:22; 20:18.

Di sini untuk pertama kalinya Kristus memberitakan, bahwa kematian-Nya akan terjadi pada masa Paskah.

3-5. Tetapi pemberitaan ini bertentangan dengan rencana anggota komplotan musuh-Nya.

Karena takut kepada orang banyak yang berkumpul di Yerusalem, yang banyak di antaranya merupakan pendukung Yesus dari Galilea, maka mereka setuju untuk tidak melakukan apa-apa pada waktu perayaan.

Mereka mungkin saja berharap dapat menunda tindakan mereka untuk satu minggu. Tetapi, Yesus sudah menetapkan saat kematian-Nya lebih dahulu, yang bertentangan dengan rencana mereka dan membatalkan rencana itu, supaya Dia dapat mati sebagai kurban Paskah yang sejati.

Kayafas telah bertugas sebagai imam besar sejak sekitar tahun 18 M. Sebelumnya dia telah menuntut kematian Yesus (Yoh. 11:49-50).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel