Markus 11:12-14: Yesus Mengutuk Pohon Ara

Klik:

Mark / Markus 11:12-14


Mar 11:12 Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania, Yesus merasa lapar.

Mar 11:13 Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara.

Mar 11:14 Maka kata-Nya kepada pohon itu: "Jangan lagi seorangpun makan buahmu selama-lamanya!" Dan murid-murid-Nyapun mendengarnya.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Terakhir Kristus di Yerusalem (11:1-13:37).

Di dalam bagian ini, Markus telah mencatat rangkaian tindakan dan ajaran terakhir Sang Juruselamat sebelum penderitaan-Nya.

Semua peristiwa ini terjadi di dalam dan di sekitar Yerusalem.

Di sini terjadi peristiwa "Masuk ke Yerusalem dengan Dielu-elukan" dan pembersihan Bait Suci (11:1-26), serangkaian pertentangan dengan para pemimpin Yahudi (11:27-12:44), dan percakapan apokaliptik yang panjang di Bukit Zaitun (13:1-37).

Memasuki Yerusalem dan Bait Suci (11:1-26).

Sejak saat ini, Kristus meninggalkan semua sikap hati-hati yang telah membuat diri-Nya menyingkir dari berbagai wilayah yang rawan dan yang berkemungkinan timbul krisis. Sekarang, Dia menentang para pemimpin Yahudi.

Ketika masuk ke Yerusalem, Ia secara terang-terangan memancing ketidaksenangan dan permusuhan.

"Masuk Yerusalem dengan dielu-elukan" ini jangan dilihat sebagai kedatangan seorang raja dalam kemuliaan, tetapi sebagai gambaran seorang Juruselamat yang sebentar lagi akan menderita.

12. Keesokan harinya. Maksudnya, Senin. Setelah menginap semalam di Betania, Tuhan kembali menuju Yerusalem.

13. Wajar, jika pohon ara di sekitar Yerusalem mengeluarkan daun-daun yang hijau pada akhir bulan Maret atau awal bulan April, saat perayaan Paskah.

Pohon ini tampaknya penuh daun, sehingga seharusnya ada buah ara matang, sekalipun saat matangnya buah ara adalah bulan Juni.

Bahwa daun-daun itu yang membuat Yesus mengira ada buahnya kelihatan dari kata Yunani yang diterjemahkan sebagai kalau-kalau.

Inilah kata penghubung ara, yang artinya karena itu.

Dari jauh, Yesus melihat pohon ara yang sudah berdaun dan Dia mendekatinya untuk melihat "kalau-kalau karena itu Dia bisa menemukan buah".

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel