Lukas 19:11-27: Perumpamaan Tentang Uang Mina

Klik:

Luke / Lukas 19:11-27


Luk 19:11 Untuk mereka yang mendengarkan Dia di situ, Yesus melanjutkan perkataan-Nya dengan suatu perumpamaan, sebab Ia sudah dekat Yerusalem dan mereka menyangka, bahwa Kerajaan Allah akan segera kelihatan.

Luk 19:12 Maka Ia berkata: "Ada seorang bangsawan berangkat ke sebuah negeri yang jauh untuk dinobatkan menjadi raja di situ dan setelah itu baru kembali.

Luk 19:13 Ia memanggil sepuluh orang hambanya dan memberikan sepuluh mina kepada mereka, katanya: Pakailah ini untuk berdagang sampai aku datang kembali.

Luk 19:14 Akan tetapi orang-orang sebangsanya membenci dia, lalu mengirimkan utusan menyusul dia untuk mengatakan: Kami tidak mau orang ini menjadi raja atas kami.

Luk 19:15 Dan terjadilah, ketika ia kembali, setelah ia dinobatkan menjadi raja, ia menyuruh memanggil hamba-hambanya, yang telah diberinya uang itu, untuk mengetahui berapa hasil dagang mereka masing-masing.

Luk 19:16 Orang yang pertama datang dan berkata: Tuan, mina tuan yang satu itu telah menghasilkan sepuluh mina.

Luk 19:17 Katanya kepada orang itu: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba yang baik; engkau telah setia dalam perkara kecil, karena itu terimalah kekuasaan atas sepuluh kota.

Luk 19:18 Datanglah yang kedua dan berkata: Tuan, mina tuan telah menghasilkan lima mina.

Luk 19:19 Katanya kepada orang itu: Dan engkau, kuasailah lima kota.

Luk 19:20 Dan hamba yang ketiga datang dan berkata: Tuan, inilah mina tuan, aku telah menyimpannya dalam sapu tangan.

Luk 19:21 Sebab aku takut akan tuan, karena tuan adalah manusia yang keras; tuan mengambil apa yang tidak pernah tuan taruh dan tuan menuai apa yang tidak tuan tabur.

Luk 19:22 Katanya kepada orang itu: Hai hamba yang jahat, aku akan menghakimi engkau menurut perkataanmu sendiri. Engkau sudah tahu bahwa aku adalah orang yang keras, yang mengambil apa yang tidak pernah aku taruh dan menuai apa yang tidak aku tabur.

Luk 19:23 Jika demikian, mengapa uangku itu tidak kauberikan kepada orang yang menjalankan uang? Maka sekembaliku aku dapat mengambilnya serta dengan bunganya.

Luk 19:24 Lalu katanya kepada orang-orang yang berdiri di situ: Ambillah mina yang satu itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh mina itu.

Luk 19:25 Kata mereka kepadanya: Tuan, ia sudah mempunyai sepuluh mina.

Luk 19:26 Jawabnya: Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ada padanya.

Luk 19:27 Akan tetapi semua seteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari dan bunuhlah mereka di depan mataku."


Tafsiran Wycliffe


Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56).

Di sini, Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus.

Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut.

Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

11. Yesus melanjutkan perkataan-Nya dengan suatu perumpamaan. Dia menambahkan suatu perumpamaan kepada apa yang telah dikatakan-Nya sebelum ini.

Mereka menyangka, bahwa Kerajaan Allah akan segera kelihatan. Sekalipun Yesus berkali-kali memberitakan tentang salib, para murid masih mengharapkan kemenangan-Nya dengan memulihkan kerajaan Daud dalam waktu yang dekat.

Perumpamaan ini dimaksudkan untuk memberikan kepada mereka suatu perspektif yang benar tentang rencana-Nya.

12. Ada seorang bangsawan. Perumpamaan ini mungkin bersumber pada peristiwa terkenal tentang putra Herodes, yakni Arkhelaus, yang pergi ke Roma untuk memperoleh gelar kerajaan yang telah diwariskan kepadanya oleh sang ayah, Herodes Agung.

Saudaranya, Antipas, dengan dukungan banyak pemimpin Yahudi, memprotes klaim itu, dan menolak kepemimpinannya.

Karena peristiwa itu terjadi sekitar saat Kristus lahir, tiga puluh tahun kemudian, peristiwa ini menjadi ceritera yang terkenal (bdg. Yosefus, Antiquities XVii.9.3;11.1).

13. Sepuluh mina. Perumpamaan ini berbeda dengan perumpamaan tentang talenta yang tercatat dalam Matius 25:14-30, sekalipun terdapat banyak kesamaan di antara keduanya.

Di dalam perumpamaan ini, para hamba diperlakukan secara sama, dan hanya sepuluh hamba di antara jumlah yang mungkin lebih besar itu yang diuji.

Satu mina harganya sekitar $ 16.50.

Pakailah (Yunani: pragmateusasthe) artinya terlibat dalam berdagang.

Para hamba diminta untuk menginvestasikan dana mereka dan memberikan laporan ketika tuannya kembali.

14. Tetapi orang-orang sebangsanya membenci dia. Lihat tafsiran atas ayat 12.

15. Ketika ia kembali, setelah ia dinobatkan menjadi raja. Gaya paralelisme dari perumpamaan ini memberikan kesan, bahwa kembalinya tuan itu membawa hak untuk memiliki dan mengembangkan kerajaan.

17. Terimalah kekuasaan atas sepuluh kota. Pemberian hadiah berupa tanggung jawab atas wilayah tertentu, berarti tuan tersebut sedang membagi kedudukan dalam pemerintahan, dan memperkuat dugaan, bahwa perumpamaan ini didasarkan pada naiknya Arkhelaus.

18. Datanglah yang kedua. Orang yang memperoleh lebih sedikit tidak dimarahi karena menghasilkan lebih sedikit.

Dia tetap dipuji dan diberi tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuannya.

22. Hai hamba yang jahat. Hamba ini menganggap dirinya sendiri jujur, karena mengembalikan uang itu tanpa kekurangan; tuannya menyebut dia jahat, sebab mengembalikan uang itu tanpa keuntungan apa-apa.

24. Berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh mina itu. Dari sudut pandang para hamba, pemberian satu mina tambahan kepada yang memiliki paling banyak, tampaknya tidak adil.

Dari sudut pandang sang tuan, dia sudah kehilangan bunga atas uang itu, dan dia ingin menginvestasikannya dengan kemungkinan mendapat hasil yang terbesar.

27. Akan tetapi semua seteruku ini. Ada perbedaan antara teguran terhadap seorang hamba dengan hukuman terhadap musuh.

Tampaknya di sini dibedakan antara penghakiman atas orang percaya untuk menentukan upahnya, dan penghakiman atas dunia penentang untuk menentukan hukuman.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel