Kisah Para Rasul 20:13-16: Dari Troas ke Miletus

Klik:

Act / Kisah Para Rasul 20:13-16


Act 20:13 Kami berangkat lebih dahulu ke kapal dan berlayar ke Asos, dengan maksud untuk menjemput Paulus di situ sesuai dengan pesannya, sebab ia sendiri mau berjalan kaki melalui darat.

Act 20:14 Ketika ia bertemu dengan kami di Asos, kami membawanya ke kapal, lalu melanjutkan pelayaran kami ke Metilene.

Act 20:15 Dari situ kami terus berlayar dan pada keesokan harinya kami berhadapan dengan pulau Khios. Pada hari berikutnya kami menuju Samos dan sehari kemudian tibalah kami di Miletus.

Act 20:16 Paulus telah memutuskan untuk tidak singgah di Efesus, supaya jangan habis waktunya di Asia. Sebab ia buru-buru, agar jika mungkin, ia telah berada di Yerusalem pada hari raya Pentakosta.


Tafsiran Wycliffe


Perluasan Gereja di Asia Kecil dan Eropa (13:1-21:17).

Pasal 13 membawa kita ke bagian separuh kedua dari Kitab Kisah Para Rasul.

Di bagian separuh pertama, Yerusalem merupakan pusat cerita, dan tema utamanya ialah perluasan Gereja dari Yerusalem ke seluruh Palestina.

Sekarang, Yerusalem terdesak ke belakang, dan Antiokhia menjadi pusat cerita, karena Antiokhia menyokong perluasan Gereja di Asia dan Eropa.

Perluasan ini dilaksanakan dengan tiga perjalanan misi oleh Paulus, masing-masing dimulai dan diakhiri di Antiokhia.

Misi Ketiga: Asia Kecil dan Eropa (18:23-21:17).

Paulus kembali ke Asia untuk melakukan apa yang kita namakan perjalanan pemberitaan Injil yang ketiga, dengan melewati terlebih dahulu wilayah Frigia-Galatia, yang telah dikunjungi sebelumnya pada saat perjalanan pemberitaan Injil yang kedua (16:6).

13-15. Lukas dan teman-temannya kini naik kapal dari Troas dan berlayar mengelilingi sebuah tanjung menuju ke Asos, sedangkan Paulus ke sana melalui darat.

Di Asos, rasul Paulus naik kapal dan berlayar bersama rombongan itu ke Metilene, kota utama dari pulau Lesbos.

Dari Metilene, mereka melanjutkan pelayaran mereka di antara daratan utama dengan pulau-pulau Khios dan Samos sampai tiba di Miletus.

16-17. Karena Paulus ingin tiba di Yerusalem pada hari raya Pentakosta, dia naik kapal dari Troas yang berhenti di Miletus, tetapi tidak pergi ke Efesus.

Paulus tidak ingin berkunjung ke Efesus saat itu, sebab dia tidak mempunyai waktu untuk terlibat dalam berbagai persoalan dan kehidupan jemaat yang ada di sana.

Namun, karena kapal yang dinaikinya berlabuh di Miletus untuk beberapa hari, ada waktu untuk mengirimkan utusan ke Efesus, dan meminta para pemimpin Gereja di tempat itu datang ke Miletus untuk sebuah kunjungan singkat kepadanya.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel